PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PERKEMBANGAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK

Penulis

  • Nurasra Majuwita Universitas Negeri Padang
  • Elise Muryanti Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v6i1.2107

Kata Kunci:

Bermain, Anak usia dini, Bahasa inggris

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan ular tangga terhadap stimulasi perkembangan kosakata bahasa Inggris anak usia dinidi Taman kanak-kanak Negeri Pembina 01 Ranah Ampek Hulu, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan. Pada penelitian ini diambil 20 anak sebagai objek penelitian, dimana 10 anak berasal dari kelompok kontrol dan 10 anak lainnya dari kelompok Eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode penilitian quasi eksperimen. Dimana terdapat pretest dan posttest Terhadap kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Pengujian Instrumen penelitian menggunakan uji validasi dengan profesional judgement dan untuk mengetahui hasilnya dengan bantuan SPSS 25.0 menggunakan alpha teknik crombach. Uji hipotesis menggunakan teknik statistik T-test dari SPSS 25.0 yang menunjukan tingkat signifikansi 0,005 < 0,05. Maka dapat dikatakan permainan ular tangga berpengaruh terhadap stimulasi perkembangan kosa kata bahasa Inggris pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina 01 Ranah Ampek Hulu.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-05-31