IDENTIFIKASI ANAK UNDERACHIEVEMENT

(Underachiever dan Gifted Underachiever)

Penulis

  • Rikha Surtika Dewi
  • Mery Trisnawati Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i2.122

Kata Kunci:

Kesulitan Belajar, underachievement, Underachiever, Gited Underachiever, Learning Difficulties; Underachievement; Underachiever; Gifted Underachiever

Abstrak

ABSTRAK
Dalam dunia pendidikan anak underachievement merupakan suatu fenomena kesenjangan yang signifikan antara prestasi dengan potensi intelgensi anak yang puncaknya diukur berdasarkan tes inteligensi terstandarisasi. Kesenjangan yang terjadi merupakan suatu kegagalan dalam proses adaptasi baik dalam proses belajar maupun dengan lingkungan belajarnya. Anak yang dikategorikan underachievement disebut sebagai underachiever atau gifted underachiever, meskipun nampak sama namun terdapat perbedaan diantara keduanya. Anak underachiever atau gifted underachiever memiliki karakteristik yang berbeda-beda, salah satunya adalah karena potensi keberbakatannya. Dalam dunia pendidikan underachievement merupakan salah satu kesulitan belajar yang dialami anak, oleh karena itu perlu adanya pemahaman tentang karakteristik, dan fatkor-faktor yang mempengaruhi sehingga seorang anak bisa diidentifikasi sebagai underachiever atau gifted underachiever. Kajian ini dilakukan dengan pendekatan kajian pustaka yaitu penelaahan secara mendalam berbagai rujukan yang relevan untuk mengingkatkan pemahaman mengenai topik underachiever.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2017-11-29