KEMAMPUAN BERBICARA ANAK DI TK PERTIWI DESA RAJABASA LAMA KECAMATAN LABUHAN RATU KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

Penulis

  • Mega Mulyani Universitas Lampung
  • Ulwan Syafrudin
  • Rizky Drupadi

DOI:

https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v5i2.1060

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berbicara anak dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru serta ketidakmampuan anak dalam menceritakan kembali isi cerita yang telah didengarnya secara sederhana. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada anak kelompok A di TK Pertiwi Desa Rajabasa Lama. Subjek penelitian ini sebanyak 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (lembar observasi), wawancara (kisi-kisi wawancara untuk guru), dan dokumentasi (catatan catatan selama proses kegiatan berlangsung, gambar atau foto, dan RKH). Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Kemampuan berbicara anak mencapai 48,14% dan terjadi penurunan skor yang didapat mencapai 6,67%. Guru memberikan motivasi dan reward berupa “Tanda Bintang” kepada anak yang memiliki peningkatan dalam belajar.

 

Kata kunci: kemampuan berbicara, anak usia dini,

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-11-30