FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK PADA PEMBELAJARAN
case study
DOI:
https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v8i2.4860Keywords:
kemandirian anak, pola asuh, anak usia diniAbstract
Penelitian ini bertujaun guna menggali apasaja faktor penyebab kurangnya kemandirian belajar anak di RA Darul Fikri Bandung. Kemandirian belajar merupakan sebuah kemampuan yang anak miliki untuk mengelola dan mengarahkan proses belajar anak tanpa bergantung pada oranglain. Dalam pembahasan Pendidikan anak usia dini, kemandirian anak begitu penting dalam perkembangan kognitif, emosional, dan social anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara dan observasi kepada guru RA Darul Fikri Bandung. Wawancara semi terstruktur merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dari guru mengenai pandangan dan praktik mereka dalam mengembangkan kemandirian anak pada pembelajaran di Sekolah. Hasil penelitian memaparkan bahwa kurangnya kemandirian anak pada pembelajaran di RA Darul Fikri disebabkan adanya beberapa faktor, salahsatunya metode pengajaran yang digunakan kurang mendukung dalam kemandirian anak, intervensi orangtua yang berlebihan terhadap anak dan kurangnya kesempatan bagi anak untuk mengambil inisiatif dalam pembelajaran berlangsung. Rekomendasi yang peneliti tawarkan untuk meningkatkan kemandirian anak pada saat pembelajaran berlangsung yaitu pelatihan bagi guru dan orangtua, serta menyesuaikan metode pembelajaran dengan kondisi siswa sehingga memberikan banyak ruang bagi anak untuk terus berlatih kemandirian. Temuan ini diharapkan dapat memberikan masukan yang berharga bagi orang tua dengan anak usia dini dalam meningkatkan kemandirian anak pada saat proses pembelajaran di Sekolah
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright Notice
Early Childhood Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party. Early Childhood allows the author(s) to hold the copyright and to retain publishing rights without restrictions.