Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Partisipatif Teknik Nominal Group Di SD Negeri No. 122358 Pematangsiantar

Authors

  • Osco Parmonangan Sijabat UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN
  • Lisbet Novianti Sihombing Dosen Universitas Hkbp Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i1.964

Keywords:

Model, Teknik Nominal Group, Aktivitas, Hasil Belajar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS  siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri No. 122358 Pematangsiantar dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dengan soal essay tes dan lembar observasi aktivitas siswa untuk melihat aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Dari data hasil observasi terhadap aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 15,15% atau 5 orang untuk kriteria baik, 39,39% atau 13 orang untuk kriteria cukup dan 45,45% atau 15 orang untuk kriteria kurang. Sedangkan pada siklus II diperoleh 18,18% atau 6 orang untuk kriteria sangat baik, 69,69% atau 23 orang untuk kriteria baik, dan 12,12% atau 4 orang untuk kriteria cukup. Selanjutnya dari data nilai hasil belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas dalam belajar adalah 57,57% atau 19 orang dengan rata-rata 67,87, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas dalam belajar adalah 87,87% atau 29 orang dengan rata-rata 81,21. Terjadi peningkatan 13,34 poin. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran partisipatif teknik Nominal Group dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V di SD Negeri No. 122358 Pematangsiantar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib,Zainal. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya

Arikunto,dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. (2003). Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Darulani, Carli. (2006). Penerapan Metode Pembelajaran Partisipatif pada Mata Diklat Mengukur dan Menggunakan Alat Ukur (MMAU) di SMA Negeri 12 Bandung, UPI, Bandung. (http://digilib.upi.edu/pasca/available.etd.) Diakses 26 mei 2009

Diedrich.1979. Strategies For Teacher Information Processing Models In The Classroom. Dalam Sanjaya, wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana

Ibnu. (2008). Aktivitas Belajar PAI dan Ketaatan. (http://makalah- ibnu.blogspot.com). Diakses 28 mei 2009

Jelantik, I Ketut. Pengertian Hasil Belajar. (http:// pgri 1 am 1 apura.co.cc/?p:37). Diakses 11 mei 2009

Knowles dalam Mulyasa, (2006), Kurikulum dan Pembelajaran Partisipatif. (http://purnamerlin.blogspot.com). Diakses 25 mei 2009

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Mulyana, Iman. (2008), Business Management. (http://id.shvoong.com). Diakses 26 Mei 2009.

Mulyasa. (2006). Kurikulum dan Pembelajaran Partisipatif.(http://purnamerlin.bl ogspot.com.kurikulum-dan-pembelajaran-partisipatif.html) Diakses 15 Mei 2009

Rohani, A. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Sahertian, Cristiana, Demaja, W. Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar. (http://researchengines.com/christiana 6- 04.html). Diakses 11 mei 2009.

Sardiman, A, M. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sriyono. (2008). Pengertian Aktivitas Belajar. (http://Media.diknas.go.id/ media/dokumen/4848.pdf). Diakses 6 Agustus 2009

Sudjana, S. (2001). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung : Falah Production.

Sudrajat, Akhmad. (2008). Model Pembelajaran.(http://akhmadsudrajat.wordpres. com/2008/01/12/model-pembelajaran-2/. Diakses 26 Mei 2009.

Sumardiyanto. (2008). Pengaruh Teknik Pembelajaran Partisipatif Terhadap Kemampuan Motorik Dasar dan Penguasaan Keterampilan Gerak, UPI, Bandung. (http://digilib.upi.edu/pasca/available/etd). Diakses 26 mei 2009

Suprijanto, H. (2008). Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: Bumi Aksara.

Susilo, Joko. (2008). Makalah Ilmu Pendidikan Tentang Model. (http://anakciremai.blogspot.com). Diakses 26 mei 2009

Yuliani, Lina. (2007). Imlementasi Metode Pembelajaran Kelompok dalam Kegiatan Pembelajaran Partisipatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 5 Sumedang, UPI ,Bandung. (http://digilib.upi.edu/pasca/available/etd). Diakses 26 mei 2009.

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Sijabat, O. P., & Sihombing, L. N. . (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Partisipatif Teknik Nominal Group Di SD Negeri No. 122358 Pematangsiantar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 1002–1018. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i1.964