Analisis Kemandirian Belajar Mahasiswa Sistem Informasi Pada Mata Kuliah Statistika Inferensial

Authors

  • Nur Hidayanti Universitas Banten Jaya
  • Tifani Intan Solihati Program Studi Teknik Informatika, Universitas Banten Jaya
  • Raden Kania Program Studi Komputerisasi Akuntansi, Universitas Banten Jaya

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i1.952

Keywords:

Inferensial; Kemandirian; Motivasi; Pendidikan; Statistik.

Abstract

Pembelajaran statistik inferensial sangat penting untuk mahasiswa program studi Sistem Informasi pada Fakultas Ilmu Komputer di Universitas Banten Jaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kepercayaan diri mahasiswa dalam belajar statistik inferensial, dan juga seberapa besar motivasi yang dimiliki mahasiswa tersebut. Karena mata kuliah statistik inferensial merupakan mata kuliah yang di anggap sulit dan tidak bisa di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari Sampel pada penelitian ini adalah 86 peserta kelas statistik pada program studi Sistem Infomasi di Universitas Banten Jaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, juga menggunakan instrument yang digunakan untuk mengukur strategi motivasi belajar adalah instrument baku MSLQ (Motivated Strategies for Learning Questionaire). Faktor-faktor dari motivasi dan pembelajaran regulasi diri adalah: Self Efficacy, Intrinsic Factor, Test Anxiety, Cognitive Strategy Use, Self-Regulation. Pada mean atau rerata dari hasil output SPSS versi 23 adalah menunjukkan bahwa Self-Efficacy, Intrinsic Factor, Cognitive Strategy Use, dan Self-Regulation dengan hasil yang baik, serta pada Test Anxiety menghasilkan nilai yang cukup baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bonds, C. W., Bonds, L. G., & Peach, W. (1992). Metacognition: Developing Independence in Learning. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 66(1), 56–59. https://doi.org/10.1080/00098655.1992.9955930

Ch. Ismaniati, Sungkono, dan D. W. (2015). MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN DAYA TARIK DALAM PERKULIAHAN. JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN, 8(2), 19–27. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/viewFile/8269/6904

Hilpert, J. C., Stempien, J., Van Der Hoeven Kraft, K. J., & Husman, J. (2013). Evidence for the latent factor structure of the mslq: A new conceptualization of an established questionnaire. SAGE Open, 3(4). https://doi.org/10.1177/2158244013510305

Karadeniz, ?., Büyüköztürk, ?., Akgün, Ö. E., Çakmak, E. K., & Demirel, F. (2008). The Turkish adaptation study of motivated strategies for learning questionnaire (MSLQ) for 12-18 year old children:Results of confirmatory factor analysis 1. Turkish Online Journal of Educational Technology, 7(4), 108–117.

Kurniati, A. (2015). Mengenalkan Matematika Terintegrasi Islam Kepada Anak Sejak Dini. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 1–8.

Louise M. Saija. (2018). ANALISIS TERHADAP KEMANDIRIAN MAHASISWA DALAM BELAJAR STATISTIKA. Pedagogik, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.35974/jpd.v2i2

Moeller, P. E.-O. S.-J. P. V. B.-M. B.-R. M.-L. kvasz-R. (2016). The Philosophy of Mathematics Education. https://doi.org/10.1007/978-3-319-40569-9

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 441. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.156

Paul R. Pintrich and Elisabeth V. De Groot. (1990). Motivational and Self-Regulated Learning Components of Classroom Academic Performance. Journal of Educational Psychology, 82(1), 33–40.

Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Unsika, 2(1), 13–23.

Sumarmo, U. (2004). Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa, dan Bagaimana dikembangkan pada Peserta Didik Oleh: Utari Sumarmo, FPMIPA UPI. Academia.Edu, 8, 1–9. https://doi.org/10.1111/j.1095-8312.2011.01677.x

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Hidayanti, N., Solihati, T. I. ., & Kania, R. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Mahasiswa Sistem Informasi Pada Mata Kuliah Statistika Inferensial. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 992–1001. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i1.952