MODEL PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN NON FORMAL TEAM GAMES TOURNAMENT DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN MONOPOLI
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.92Keywords:
Hasil Belajar, Praktek, Model PembelajaranAbstract
Dalam kegiatan pembelajaran, letak jam mengajar yang berada di jam terakhir menjadikan mata pelajaran ini kurang diminati, karena saat jam terakhir, peserta didik identik dengan rasa bosan, mengantuk dan tidak konsentrasi karena sudah mendekati waktu pulang. Berdasarkan uraian permasalahan tersebut, melalui penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai inovator pembelajaran.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data dan analisis melalui kajian reflektif, partisipatif dan observatif. Pengembangan program didasarkan pada data dan informasi dari peserta didik, guru dan setting kelas secara alamiah melalui dua siklus penelitian tindakan kelas.Untuk meningkatkan hasil belajar praktek, dilakukan model pembelajaran Team Games Tournament dengan dua siklus. Pada siklus pertama peserta didik sebagian belum terbiasa dengan model pembelajaran TGT, sehingga dilakukan tindakan dengan memberi penjelasan kepada peserta didik tentang prinsip pembelajaran kooperatif yang membutuhkan kerjasama tim dan kekompakan dalam satu kelompok. Dalam siklus keduapeserta didik mulai memahami prinsip dasar pembelajaran TGT, Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas peserta didik yang semula pada siklus pertama hanya 88,81% menjadi 94,03%. Begitu juga dengan hasil belajar prakteknya menunjukkan peningkatan yang signifikan, dari siklus pertama yang hanya sebesar 77,47 menjadi 83,37 pada siklus kedua. Dan guru mampu memainkan peran sebagai inovator pembelajaran.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data dan analisis melalui kajian reflektif, partisipatif dan observatif. Pengembangan program didasarkan pada data dan informasi dari peserta didik, guru dan setting kelas secara alamiah melalui dua siklus penelitian tindakan kelas.Untuk meningkatkan hasil belajar praktek, dilakukan model pembelajaran Team Games Tournament dengan dua siklus. Pada siklus pertama peserta didik sebagian belum terbiasa dengan model pembelajaran TGT, sehingga dilakukan tindakan dengan memberi penjelasan kepada peserta didik tentang prinsip pembelajaran kooperatif yang membutuhkan kerjasama tim dan kekompakan dalam satu kelompok. Dalam siklus keduapeserta didik mulai memahami prinsip dasar pembelajaran TGT, Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas peserta didik yang semula pada siklus pertama hanya 88,81% menjadi 94,03%. Begitu juga dengan hasil belajar prakteknya menunjukkan peningkatan yang signifikan, dari siklus pertama yang hanya sebesar 77,47 menjadi 83,37 pada siklus kedua.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2020-07-06 (2)
- 2019-04-09 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.