Keterampilan Guru Melalui Model Picture and Picture Berbantuan Media Roda Putar Kelas IV SDN Wonorejo 2 Demak

Authors

  • Ulis Septaningsih Universitas Muria Kudus
  • Irfai Fathurohman PGSD,Universitas Muria Kudus
  • Deka Setiawan PGSD Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.887

Keywords:

Keterampilan Guru, Picture and Picture, Roda Putar

Abstract

Penelitian berfokus pada pengaruh keterampilan guru harus dapat berperan menjadi guru kelas maupun guru mata pelajaran karena tuntutannya yang kurikulum yang berlaku.guru mengunakan MODUL/LKS ( lembar kerja siswa) dirancang dan dikembangkan sendiri oleh guru sesuai dengan materi yang akan disampaikan.Materi serta pelatihan soal-soal yang ada. keberhasilan guru dalam menciptakan tempat yang aman dan lingkungan belajar yang efektif untuk kualitas siswa.Guru dapat memanajemen kelas yang diinginkan kegiatan dikelas. Guru dalam mengelola kelas akan menghadapi beberapa faktor mempengaruhi keberhasilan siswa. penelitian yang diperoleh menjadi terhambat, terutama pembelajaran melalui wawancara dengan  guru kelas IV SD N Wonorejo 2  Demak sebagian siswa masih ada yang mengalami kesulitan belajar dalam memahami materi yang mengakibatkan waktu pembelajaran yang telah direncanakan menjadi terhambat, terutama pada guru juga menilai bahwa materinya kurang dipahami oleh siswa karena beberapa materi yang ada pada buku tidak menjelaskansecara rinci

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, Navil Alfaris Iskandar Syah Muhammad Basri

Asril, Z. (2010). Micro Teaching (Jakarta:Raja Grafindo Persada).

Kunarsih, Imas dan Berlin S. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesional Guru. Jakarta: Kata Pena

Osakwe, R. N. Classroom Management:A Tool for Achieving Quality Secondary Education in Nigeria. International Journal of Education, Vol. 6, No, 2, 2914, pp 58-68No5 November 2016, pp 469-476.

Pribadi dan Sjarif, E. 2010. Pendekatan konstruktivistik Dan Pengembangan Bahan Ajar Pada Sistem Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 11 (2), 117-128

Rina, N. I dan Sukanti. (2016). “Penerapan Pembelajaran TGT dengan roda putar untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa 2017. Pengaruh Metode Reward and punishment terhadap Motivasi Belajar Kelas XII IPS. Jurnal fkip. unila. ac. id/index. php

Reziania Vanda, Nuroh Zulikhatin Ermawati, Mariyanti Ika Lely 2020. “Kemampuan Cognitive Apprenticeship Sebagai Bagian Dari Keterampilan Dasar Mengajar Guru Sekolah Dasar, Volume 9, Februari 2020

Sa’ud, U. S. and Makmum, A. S. (2012). Perencanaan Pendidikan (Bandung:PT Remaja Rosdakarya)

Warsono, S. Pengelolaan Kelas dalam meningkatkan Belajar Siswa. Manajer Pendidikan, Vol. 10, 5, November 2016, pp 469-476.

Wawancara

Adriayani Novi (Guru), wawancara oleh Septianingsih Ulis SDN Wonorejo 2 Demak.

Downloads

Published

2020-10-31

How to Cite

Septaningsih, U., Fathurohman, I., & Setiawan, D. (2020). Keterampilan Guru Melalui Model Picture and Picture Berbantuan Media Roda Putar Kelas IV SDN Wonorejo 2 Demak. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 661–666. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.887