PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Authors

  • Arrofa Acesta Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.766

Keywords:

Metode Mind Mapping, Berpikir Kreatif, Metode, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya  kemampuan berpikir kreatif siswa yang hanya  sekitar 40 % siswa yang dapat mecapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  peningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa  dengan menggunakan  Pendekatan metode Mind Mapping. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SDN 2 Mekarwangi Kabupaten  Kuningan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre eksperimen  Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan  pendekatan mind mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa  berdasarkan hasil penelitian didapat hasil yang meningkat yaitu pada pada pretest diperoleh rata-rata 45,42 dan pada posttest diperoleh rata-rata 83,79  selain itu metode mind mapping berpengaruh pada kemampuan berpikir kreatif siswa terlihat bahwa siswa lebih dapat mengembangkan ide-ide dan gagasan untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan mind mapping, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-04-30 — Updated on 2020-07-06

Versions

How to Cite

Acesta, A. (2020). PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b), 581–586. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.766 (Original work published April 30, 2020)