Konsep Pendidikan Multikultural Di Indonesia Dalam Pandangan Islam Dan Barat
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v9i1.4923Keywords:
Pendidikan, mulikultural, Islam, BaratAbstract
Pendidikan multikultural di Indonesia adalah upaya untuk memasukkan keragaman budaya ke dalam sistem pendidikan dengan tujuan membangun masyarakat yang inklusif, toleran, dan adil. Dari sudut pandang Islam, pendidikan multikultural bertujuan untuk mendidik siswa untuk memahami dan menghargai perbedaan budaya dengan berpegang pada prinsip-prinsip Islam universal seperti toleransi, keadilan, dan persamaan. Siswa diajarkan untuk menghargai dan menghargai keberagaman dan belajar hidup bersama dalam masyarakat yang plural. Sementara itu, perspektif Barat tentang pendidikan multikultural lebih menekankan pada penghargaan terhadap hak asasi manusia, demokrasi, dan keadilan sosial. Pendekatan ini bertujuan untuk melawan stereotip dan diskriminasi, serta mendorong kesetaraan melalui kurikulum yang mencerminkan keragaman budaya siswa. Kebijakan dan program di Barat seringkali membantu pendidikan multikultural diintegrasikan dengan minoritas. Pandangan Islam dan Barat tentang pendidikan multikultural harus diintegrasikan dalam konteks Indonesia karena masyarakatnya yang majemuk. Pendidikan multikultural di Indonesia diharapkan dapat menggabungkan nilai-nilai lokal dengan prinsip-prinsip global, menghasilkan generasi yang cerdas secara akademis dan peka terhadap keragaman budaya. Studi ini menemukan bahwa kolaborasi antara perspektif Islam dan Barat dalam pendidikan multikultural dapat memperkuat kohesi sosial dan mempromosikan perdamaian di Indonesia
Downloads
References
Ansori, Y. Z., Budiman, I. A., & Nahdi, D. S. (2019). ISLAM DAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. Jurnal Cakrawala Pendas. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1370
Bahri, S. (2020). Multicultural Education In Islamic Education Philosophy Perspective. Istawa : Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.24269/ijpi.v5i2.2891
Camelia, A., & Suryandari, N. (2021). Pendidikan Multikultural: Sebuah Perspektif Global. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1649
Handayani, F., Ruswandi, U., Erihadiana, M., & Basari, M. H. (2020). Pendidikan Multikultural Dalam Perspektif Ilmu Pendidikan Islam (Ipi). MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah. https://doi.org/10.33511/misykat.v5n2.67-80
Junaedi, D. (2023). Konsep dasar dan latar belakang Pendidikan Multikultural Affiliation: 1,2, IKIP Siliwangi. 1(1). https://injire.org
Khoeriyah, Y., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2022). Pendidikan Multikultural: Konsepsi, Urgensi dan Relevansinya dalam Manajemen Pendidikan Islam di Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.708
Mahyuddin. (2022). Penerapan Pendidikan Multikultural di Indonesia. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam. https://doi.org/10.55623/au.v3i2.151
Mardika, F. (2022). Pendidikan Multikultural Perspektif Islam. At-Tarbiyah Al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.31958/atjpi.v3i1.4033
Muzaki, I. A., & Tafsir, A. (2018). Pendidikan Multikultural dalam Perspektif Islamic Worldview. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i1.154
Ningsih, I. W., Mayasari, A., & Ruswandi, U. (2022). Konsep Pendidikan Multikultural di Indonesia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3391
Nurhuda, A. (2014). Sejarah pendidikan Multikultural. ACADEMIA: Accelerating The Word’s Research.
Permana, D. (2021). Implementasi Pendidikan Islam dan Pendidikan Multikultural Pada Peserta Didik. Jurnal Tawadhu.
Rohman, A., & Ningsih, Y. E. (2018). Pendidikan Multikultural : Penguatan Identitas Nasional Di Era Revolusi Industri 4.0. UNWAHA Jombang.
Santi, F. (2019). KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Turast : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian. https://doi.org/10.15548/turast.v4i1.308
Sobri, S. (2023). ISLAM DAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. AT-TAISIR: Journal of Indonesian Tafsir Studies. https://doi.org/10.51875/attaisir.v2i2.94
Suparman, H. (2019). Pendidikan Multikultural dalam Perspektif al-Qur’an. Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Keislaman. https://doi.org/10.36671/mumtaz.v1i2.12
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.