Konsep Pendidikan Multikultural Di Indonesia Dalam Pandangan Islam Dan Barat

Authors

  • Munasir STAI Miftahul Huda Pamanukan Subang
  • Wildan Mahmudin Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Agus Samsul Nahar UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • R Marpu Muhidin Pondok Pesantren Al Muhajirin Purwakarta
  • Uus Ruswandi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v9i1.4923

Keywords:

Pendidikan, mulikultural, Islam, Barat

Abstract

Pendidikan multikultural di Indonesia adalah upaya untuk memasukkan keragaman budaya ke dalam sistem pendidikan dengan tujuan membangun masyarakat yang inklusif, toleran, dan adil. Dari sudut pandang Islam, pendidikan multikultural bertujuan untuk mendidik siswa untuk memahami dan menghargai perbedaan budaya dengan berpegang pada prinsip-prinsip Islam universal seperti toleransi, keadilan, dan persamaan. Siswa diajarkan untuk menghargai dan menghargai keberagaman dan belajar hidup bersama dalam masyarakat yang plural. Sementara itu, perspektif Barat tentang pendidikan multikultural lebih menekankan pada penghargaan terhadap hak asasi manusia, demokrasi, dan keadilan sosial. Pendekatan ini bertujuan untuk melawan stereotip dan diskriminasi, serta mendorong kesetaraan melalui kurikulum yang mencerminkan keragaman budaya siswa. Kebijakan dan program di Barat seringkali membantu pendidikan multikultural diintegrasikan dengan minoritas. Pandangan Islam dan Barat tentang pendidikan multikultural harus diintegrasikan dalam konteks Indonesia karena masyarakatnya yang majemuk. Pendidikan multikultural di Indonesia diharapkan dapat menggabungkan nilai-nilai lokal dengan prinsip-prinsip global, menghasilkan generasi yang cerdas secara akademis dan peka terhadap keragaman budaya. Studi ini menemukan bahwa kolaborasi antara perspektif Islam dan Barat dalam pendidikan multikultural dapat memperkuat kohesi sosial dan mempromosikan perdamaian di Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansori, Y. Z., Budiman, I. A., & Nahdi, D. S. (2019). ISLAM DAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. Jurnal Cakrawala Pendas. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1370

Bahri, S. (2020). Multicultural Education In Islamic Education Philosophy Perspective. Istawa : Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.24269/ijpi.v5i2.2891

Camelia, A., & Suryandari, N. (2021). Pendidikan Multikultural: Sebuah Perspektif Global. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1649

Handayani, F., Ruswandi, U., Erihadiana, M., & Basari, M. H. (2020). Pendidikan Multikultural Dalam Perspektif Ilmu Pendidikan Islam (Ipi). MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah. https://doi.org/10.33511/misykat.v5n2.67-80

Junaedi, D. (2023). Konsep dasar dan latar belakang Pendidikan Multikultural Affiliation: 1,2, IKIP Siliwangi. 1(1). https://injire.org

Khoeriyah, Y., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2022). Pendidikan Multikultural: Konsepsi, Urgensi dan Relevansinya dalam Manajemen Pendidikan Islam di Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.708

Mahyuddin. (2022). Penerapan Pendidikan Multikultural di Indonesia. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam. https://doi.org/10.55623/au.v3i2.151

Mardika, F. (2022). Pendidikan Multikultural Perspektif Islam. At-Tarbiyah Al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.31958/atjpi.v3i1.4033

Muzaki, I. A., & Tafsir, A. (2018). Pendidikan Multikultural dalam Perspektif Islamic Worldview. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i1.154

Ningsih, I. W., Mayasari, A., & Ruswandi, U. (2022). Konsep Pendidikan Multikultural di Indonesia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3391

Nurhuda, A. (2014). Sejarah pendidikan Multikultural. ACADEMIA: Accelerating The Word’s Research.

Permana, D. (2021). Implementasi Pendidikan Islam dan Pendidikan Multikultural Pada Peserta Didik. Jurnal Tawadhu.

Rohman, A., & Ningsih, Y. E. (2018). Pendidikan Multikultural : Penguatan Identitas Nasional Di Era Revolusi Industri 4.0. UNWAHA Jombang.

Santi, F. (2019). KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Turast : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian. https://doi.org/10.15548/turast.v4i1.308

Sobri, S. (2023). ISLAM DAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. AT-TAISIR: Journal of Indonesian Tafsir Studies. https://doi.org/10.51875/attaisir.v2i2.94

Suparman, H. (2019). Pendidikan Multikultural dalam Perspektif al-Qur’an. Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Keislaman. https://doi.org/10.36671/mumtaz.v1i2.12

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Munasir, M., Mahmudin, W., Nahar, A. S., Muhidin, R. M., & Ruswandi, U. (2024). Konsep Pendidikan Multikultural Di Indonesia Dalam Pandangan Islam Dan Barat. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 519–528. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v9i1.4923