Manajemen Kepemimpin Transformasional dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah: Studi Kritis Pola Kepemimpinan dalam Transisi Kebijakan Kurikulum

Authors

  • Yadi Suryadi Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Diding Nurdin Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i2.4703

Keywords:

Kepemimpinan, Transformasional, Kurikulum, Kurikulum Merdeka

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kepemimpinan transformasional dan pola manajemen kepala sekolah selama masa transisi kebijakan kurikulum, khususnya ketika mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Studi ini melibatkan tinjauan kritis terhadap berbagai sumber seperti jurnal, buku, artikel, dan dokumen lain yang relevan, dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan. Proses penelaahan data dilakukan melalui beberapa tahapan sistematis. Pertama, bahan kajian dikelompokkan berdasarkan rumusan masalah yang telah ditentukan. Kedua, bahan kajian dianalisis. Kesimpulan dibuat berdasarkan hasil kajian dan interpretasi data. Kesimpulan didasarkan pada hasil penelitian dan interpretasi data. Kesimpulan didasarkan pada hasil penelitian dan interpretasi data. Disimpulkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah memainkan peran strategis dalam transisi kebijakan kurikulum di Sekolah Dasar. Faktor-faktor keberhasilan implementasi kurikulum merdeka melalui kepemimpinan transformasional ditentukan oleh tiga faktor utama. Pertama, motivasi kerja guru memainkan peran penting dalam mengoptimalkan implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Kedua, peran kepala sekolah dalam menciptakan strategi dan inovasi juga penting dalam mengoptimalkan implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Terakhir, kepemimpinan transformasional dapat menjadi faktor yang kondusif bagi keberhasilan implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y., Wahid, R., Nurjanah, N., & ... (2022). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Kegiatan Pelatihan Digital Menulis Karya Ilmiah. … Multiliterasi …, 1(2), 32–38. https://ejournal.multiliterasi.com/index.php/mmp/article/view/25

Adriantoni, A., Komariah, A., Nurdin, D., & Herawan, E. (2023). The Effect of Transformational Leadership and Madrasah Climate on Elementary School Teacher Performance. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 4(2), 238–247.

Al-Husseini, S., El Beltagi, I., & Moizer, J. (2021). Transformational leadership and innovation: the mediating role of knowledge sharing amongst higher education faculty. International Journal of Leadership in Education, 24(5), 670–693.

Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295–5301.

Anggoro, S., & Nurdin, D. (2023). Implementation of Leadership Strategy to Realize the Transformation Digital towards Smart Military University. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 56(3).

Aziz, M. A. (2023). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Menengah Pertama Kecamatan Cikole Kota Sukabumi. Cantaka: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen, 1(1), 13–23.

Booth, A., Sutton, A., Clowes, M., & Martyn-St James, M. (2021). Systematic approaches to a successful literature review.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Damiati, M., Junaedi, N., & Asbari, M. (2024). Prinsip Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Journal of Information Systems and Management (JISMA, 3(2), 11–16.

Efendi, F., Sunaryo, H., & Harijanto, D. (2023). Efektivitas Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah melalui Komitmen Kerja terhadap Kinerja Guru Merdeka Belajar. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 11(2), 19–32.

Efendi, P. M., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 548–561.

Eliophotou Menon, M., & Lefteri, A. (2021). The link between transformational leadership and teacher self-efficacy. Education, 142(1), 42–52.

Hasim, A. N., Yakin, N., & Subki, S. (2023). Kepemimpinan Trasnformasional Kepala Sekolah Penggerak dalam Mendorong Implementasi Aktualisasi Diri Peserta Didik (Studi Multi Situs di SMAN 1 Masbagik dan SMAN 1 Selong. PALAPA, 11(1), 335–346.

Herlambang, Y. T. (2018). Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiprekpektif. Bumi Aksara: Jakarta.

Herlambang, Y T, Wahid, R. (2021). Sebuah Tinjauan Multiperspektif Dasar Esensial Pendidikan Indonesia. Yayasan Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan Multiliterasi.

Heryanti, Y. Y., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Makna Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Relevansinya Bagi Perkembangan Siswa di sekolah Dasar: Telaah Kritis Dalam Tinjauan Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1270–1280.

Hidayat, E., Pardosi, A., & Zulkarnaen, I. (2023). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 6(1), 9–18.

Huliatunisa, Y., Nurdin, D., & Permana, J. (2023). Revitalizing Academic Services: A Qualitative Investigation into Strategic Management Implementation. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(3), 3818–3828.

Indra, R., Komariah, A., Nurdin, D., & Fadhli, R. (2023). Development of Quality Management Model in Realizing Quality School Through Leadership and School-Based Evaluation. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4), 6361–6375.

Iswadi, I., Anom, E., & Muhyatun, M. (2023). Pola Komunikasi Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Implementasi Program Merdeka Belajar. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(04).

Jani, H. (2023). Model Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Membentuk Budaya Sekolah untuk Penerapan Kurikulum Merdeka. KALBISOCIO Jurnal Bisnis Dan Komunikasi, 10(1), 28–44.

Katman, K., & Akadira, T. (2023). Implementasi Kepemimpinan Transformatif Dan Perbaikan Mutu Pendidikan Pada Program Sekolah Penggerak Di Indonesia. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ, 4(1), 378–387.

Kwan, P. (2020). Is transformational leadership theory passé? Revisiting the integrative effect of instructional leadership and transformational leadership on student outcomes. Educational Administration Quarterly, 56(2), 321–349.

Mann, T. (2015). The Oxford guide to library research. Oxford University Press.

Muamar, M. R., Nurdin, D., Marwan, M., & Mangkuwinata, S. M. I. (2023). Change Management in Implementing Online Learning Systems at University in Aceh. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1763–1772.

Nasution, A. F., Ningsih, S., Silva, M. F., Suharti, L., & Harahap, J. P. (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(3), 201–211.

Rahman Wahid, Yusuf Tri Herlambang, Ani Hendrayani, & Sigit Vebrianto Susilo. (2022). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Perubahan Kepribadian Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1626–1633. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2397

Ramadani, F. R. F. (2022). Konsep Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Pandangan Filsafat ProgresivismE. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1239–1251.

Rosyidi, U., & PGRI, K. (2020). Merdeka Belajar: Aplikasinya Dalam Manajemen Pendidikan & Pembelajaran di Sekolah. In Modul Seminar Nasional “Merdeka Belajar: Dalam Mencapai Indonesia Maju (Vol. 2045).

Rusmiati, M. N., Ashifa, R., & Herlambang, Y. T. (2023). Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1490–1499.

Sa’adah, K., Ainol, A., & Izzah, I. (2023). Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Probolinggo. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 120–135.

Saepudin, D., Sa’ud, U. S., Nurdin, D., & Kurniatun, T. C. (2023). Integrated Quality Management Model of Learning Practices in Tourism Vocational Higher Education. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4), 5267–5284.

Savitri, A. S., Sholih, J. A. U., & Herlambang, Y. T. (2023). Analisis Peran Teknologi Berdasarkan Perspektif Merdeka Belajar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2818–2829.

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34–41.

Sriyanto, S., Kartono, K., & Sembiring, M. G. (2022). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dasar Menyongsong Merdeka Belajar di Era Industri 4.0. Jurnal Basicedu, 6(6), 10259–10266.

VikaSari, A. Y., Fauzi, A., Bahaf, A. M., Gunawan, A., & Priatna, S. (2023). Transformational Leadership of Madrasah Principals in the Implementation of the Independent Curriculum. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 156–167.

Wahid, R., Nurihsan, J., & Nuryani, P. (2023). Kajian Pedagogik Tentang Pendidikan Multikultural Pada Materi PPKn Untuk Meningkatkan Nasionalisme Siswa. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1519–1525. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.2993

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Suryadi, Y., & Nurdin, D. (2024). Manajemen Kepemimpin Transformasional dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah: Studi Kritis Pola Kepemimpinan dalam Transisi Kebijakan Kurikulum. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 182–192. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i2.4703