Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Konten Change and Relationship Ditinjau dari Kesadaran Metakognitif

Authors

  • Miftah Fariz Universitas Siliwangi, Tasikmalaya
  • Depi Setialesmana Universitas Siliwangi, Tasikmalaya
  • Elis Nurhayati Universitas Siliwangi, Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i2.4670

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika dalam menyelesaikan soal PISA pada konten change and relationship ditinjau dari kesadaran metakognitif. Penelitian kualitatif dengan metode deskriptif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes kemampuan literasi matematika pada soal PISA konten change and relationship, penyebaran angket kesadaran metakognitif, dan wawancara. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 20 Tasikmalaya berjumlah 28 orang kemudian dipilih 4 subjek berdasarkan perbedaan kemampuan literasi matematika dan kesadaran metakognitifnya serta kejelasan informasi berupa ide atau gagasan yang diperoleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan literasi matematika dalam menyelesaikan soal PISA pada konten change and relationship pada subjek dengan tingkat kesadaran metakognitif tacit use memenuhi indikator merumuskan. Subjek tingkat aware use memenuhi indikator merumuskan dan menerapkan konsep serta fakta matematika. Subjek tingkat strategic use memenuhi indikator merumuskan dan menerapkan konsep, fakta, serta prosedur matematika. Subjek tingkat reflective use memenuhi indikator merumuskan, menerapkan konsep, fakta, serta prosedur matematika, dan indikator menafsirkan. Ditinjau dari kesadaran metakognitifnya, pada tiap tingkat kesadaran metakognitif memiliki karakteristik yang berbeda dengan tingkat lainnya. Tingkat tacit use adalah jenis pemikiran yang berkaitan dengan pengambilan keputusan tanpa kesadaran, aware use jenis pemikiran dengan kesadaran, strategic use jenis pemikiran yang bersifat strategis, dan reflective use jenis pemikiran yang bersifat reflektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina Mahromah, Laily, and Janet Trineke Manoy. “Identifikasi Tingkat Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Perbedaan Skor Matematika.” Mathedunesa 2, no. 1 (2013): 8. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v2n1.p%25p.

Ahmad, Fadillah, and Ni’mah. “Analisis Literasi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika PISA Konten Change and relationship.” JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika) 3, no. 2 (2019): 127–31. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jtam.v3i2.1035.

Arum, Rahmi Puspita. “Deskripsi Kemampuan Metakognisi Siswa SMA Negeri 1 Sokaraja Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa.” Journal of Mathematics Education 3, no. 1 (2017): 23–33. https://doi.org/10.30595/alphamath.v3i1.1930.

Hanum, Atiqoh, Abdul Mujib, and Firmansyah Firmansyah. “Literasi Matematis Siswa Menggunakan Etnomatematika Gordang Sambilan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 5 (2020): 173–84. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.6777.

Khasanah, Nurlaila. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Quitters Ditinjau Dari Kemampuan Metakognitif.” PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika 16, no. 1 (2021): 44–58. https://doi.org/10.21831/pg.v16i1.34509.

Mahyudi, Mahyudi, and Indra Kurniawan. “Analisis Kemampuan Literasi Mahasiswa Ditinjau Dari Level Berpkir Metakognitif Pada Mata Kuliah Statistika Lanjut.” MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika 6, no. 3 (2021): 73–88. https://doi.org/10.32938/jipm.6.3.2021.73-88.

Nilasari, Nanda Triandanu, and Dewi Anggreini. “Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau Dari Adversity Quotient.” Jurnal Elemen 5, no. 2 (2019): 206. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1342

OECD. PISA 2022 Results: The State of Learning and Equity in Education. Vol. I. Organization for Economic Co-Operation and Development (OECD), 2023.

Sukiyanto. “Munculnya Kesadaran Metakognisi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 9, no. 1 (2020): 126. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2654.

Wahyu Utomo, Muhammad Faruq, Heni Pujiastuti, and Anwar Mutaqin. “Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa.” Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 11, no. 2 (2020): 185–93. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i2.25569.

Wahyuningsih, Purwanti, and St Budi Waluya. “Kemampuan Literasi Matematika Berdasarkan Metakognisi Siswa Pada Pembelajaran CMP Berbantuan Onenote Class Notebook.” Unnes Journal of Mathematics Education Research 6, no. 1 (2017): 1–29. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer.

Young, Adena. “U Explorations of Metacognition Among Academically Talented Middle and High School Mathematics Students.” UC Berkeley Electronic Theses and Dissertations, 2010, 16. https://escholarship.org/uc/item/9pq4n1h4.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Fariz, M., Setialesmana, D., & Nurhayati , E. (2024). Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Konten Change and Relationship Ditinjau dari Kesadaran Metakognitif. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 205–216. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i2.4670