Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Seni Musik di SMP Negeri 2 Satap Kabila Bone: Sebuah Analisis Terhadap Tantangan, Upaya, dan Dampaknya

Authors

  • Siti Indriyani Hulumudi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yudi Sukmayadi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v9i1.4564

Keywords:

3T, kurikulum merdeka, merdeka belajar kampus merdeka (MBKM)

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mengungkap implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran seni musik di SMP Negeri 2 Satap Kabila Bone. Fokus penelitian adalah mengidentifikasi hambatan, keunikan, dan dampak penerapan kurikulum tersebut. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dengan guru seni budaya dan pengelola kurikulum, serta analisis dokumen terkait pembelajaran seni musik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka Belajar diterapkan mulai dari kelas VII, sementara kelas VIII dan IX masih menggunakan Kurikulum 2013. Metode pembelajaran berbasis proyek umum digunakan, namun guru seni budaya menghadapi keterbatasan pemahaman seni musik. Keterbatasan sumber daya, kurangnya tenaga pendidik terlatih, dan keterbatasan akses teknologi menjadi kendala utama dalam pembelajaran seni musik. Meskipun Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan ekspresi kepada siswa, implementasinya masih menghadapi kesulitan dalam mengenali metode terbaik sesuai dengan kebutuhan individual siswa. Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang dinamika, tantangan, dan upaya yang terlibat dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka di konteks pembelajaran seni musik di SMP Negeri 2 Satap Kabila Bone. Kendala yang diidentifikasi dapat menjadi dasar evaluasi dan perbaikan untuk meningkatkan mutu pembelajaran seni musik serta menciptakan pengalaman belajar yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, M., & Pratama, Y. A., (2021). Keterampilan Berfikir dalam Konteks Pembelajaran Abad Ke-21: Kajian Teoritis dan Praktis Menuju Merdeka Belajar. PT Refika Aditama. Hal : 1-138. ISBN: 978-623-6232-11-8.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik. Jakarta: Reineka Cipta.

Priantini, D.A.M.M.O., Suarni, N.K., & Adnyana, I.K.S. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(2), Hal : 234- 244 ISSN: 2407-912X (Cetak), 2548-3110 (Online). Diakses dari http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/JPM

Sukirman, D. (2018). Landasan Pengembangan Kurikulum. Diakses dari https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=shUOeIwAAAAJ&citation_for_view=shUOeIwAAAAJ:qjMakFHDy7sC

Tri Hasta, V., Setiawan, D., & Fajrie, N. (2023). Kreativitas Seni Mozaik Menggunakan BahanLimbah Plastik untuk Siswa Kelas IV SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2631. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9993

Yusika, I., & Turdjai, T. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Diadik:Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 17–25. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i1.18365

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Hulumudi, S. I., & Sukmayadi, Y. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Seni Musik di SMP Negeri 2 Satap Kabila Bone: Sebuah Analisis Terhadap Tantangan, Upaya, dan Dampaknya. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 550–557. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v9i1.4564