Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Seni Musik di SMP Negeri 2 Satap Kabila Bone: Sebuah Analisis Terhadap Tantangan, Upaya, dan Dampaknya
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v9i1.4564Keywords:
3T, kurikulum merdeka, merdeka belajar kampus merdeka (MBKM)Abstract
Penelitian ini merupakan studi kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mengungkap implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran seni musik di SMP Negeri 2 Satap Kabila Bone. Fokus penelitian adalah mengidentifikasi hambatan, keunikan, dan dampak penerapan kurikulum tersebut. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dengan guru seni budaya dan pengelola kurikulum, serta analisis dokumen terkait pembelajaran seni musik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka Belajar diterapkan mulai dari kelas VII, sementara kelas VIII dan IX masih menggunakan Kurikulum 2013. Metode pembelajaran berbasis proyek umum digunakan, namun guru seni budaya menghadapi keterbatasan pemahaman seni musik. Keterbatasan sumber daya, kurangnya tenaga pendidik terlatih, dan keterbatasan akses teknologi menjadi kendala utama dalam pembelajaran seni musik. Meskipun Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan ekspresi kepada siswa, implementasinya masih menghadapi kesulitan dalam mengenali metode terbaik sesuai dengan kebutuhan individual siswa. Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang dinamika, tantangan, dan upaya yang terlibat dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka di konteks pembelajaran seni musik di SMP Negeri 2 Satap Kabila Bone. Kendala yang diidentifikasi dapat menjadi dasar evaluasi dan perbaikan untuk meningkatkan mutu pembelajaran seni musik serta menciptakan pengalaman belajar yang lebih baik.
Downloads
References
Agustin, M., & Pratama, Y. A., (2021). Keterampilan Berfikir dalam Konteks Pembelajaran Abad Ke-21: Kajian Teoritis dan Praktis Menuju Merdeka Belajar. PT Refika Aditama. Hal : 1-138. ISBN: 978-623-6232-11-8.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik. Jakarta: Reineka Cipta.
Priantini, D.A.M.M.O., Suarni, N.K., & Adnyana, I.K.S. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(2), Hal : 234- 244 ISSN: 2407-912X (Cetak), 2548-3110 (Online). Diakses dari http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/JPM
Sukirman, D. (2018). Landasan Pengembangan Kurikulum. Diakses dari https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=shUOeIwAAAAJ&citation_for_view=shUOeIwAAAAJ:qjMakFHDy7sC
Tri Hasta, V., Setiawan, D., & Fajrie, N. (2023). Kreativitas Seni Mozaik Menggunakan BahanLimbah Plastik untuk Siswa Kelas IV SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2631. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9993
Yusika, I., & Turdjai, T. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Diadik:Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 17–25. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i1.18365
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.