Implementasi Teori Kognitif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v9i1.4461Keywords:
pembelajaran Bahasa Indonesia, sekolah dasar, teori kognitifAbstract
Bahasa Indonesia yang dikenal sebagai salah satu pembelajaran tersulit perlu dilaksanakana secara tepat sehingga menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi teori kognitif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka di kelas SD tingkat rendah dan tinggi. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilaksanakan di SDN 05 Kotalama. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam terhadap guru kelas dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori kognitif cukup sering diterapkan oleh guru karena sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka. Teori kognitif mendukung siswa untuk berproses secara natural tanpa adanya tekanan-tekanan tertentu yang berlebihan. Proses belajar yang natural itu terjadi karena guru mempertimbangkan tingkat kognisi siwa dan menguatamakan proses dibandingkan hasil. Teori kognitif juga mendukung siswa untuk belajar dari lingkungan dan pengalamannya sehingga pembelajaran berlangsung lebih menyenangkan. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya perbedaan implementasi teori kognitif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas rendah dan tinggi.
Downloads
References
Abidin, Y., Aljamaliah, S. N. M., Rakhmayanti, F., & Anggraeni, D. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Educandy di Kelas V SD. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 1230–1242. https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/1789/1109
Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568–582. https://journal.upp.ac.id/index.php/absis/article/download/1440/924
Ampuni, S. (2015). Proses Kognitif dalam Pemahaman Bacaan. Buletin Psikologi, VI(2), 16–26. https://journal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/7395
Faizah, S. N. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2). http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thula
Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5.
Hariadi, J. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Samudra Bahasa, 1(1), 1–9. https://ejurnalunsam.id/index.php/JSB
Hascan, M. A., & Suyadi. (2021). Penerapan Teori Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran PAI Tingkat SMP di SIT Bina Insan Batang Kuis. Edumaspul Jurnal Pendidikan, 5(2), 138–146. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/1548
Ilhami, A. (2022). Implikasi Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Anak Usia Sekolah dasar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 07(Desember), 605–619. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/6564/2557
Khoiruzzadi, M., & Prasetya, T. (2021). Perkembangan Kognitif dan Implikasinya dalam Dunia Pendidikan (Ditinjau dari Pemikiran Jean Piaget dan Vygotsky). Jurnal Madaniyah, 11(Januari), 1–14. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/152
Kholida, S. I., & Suprianto. (2015). Penerapan Model Kooperatif dengan Metode Peta Konsep pada Pokok Bahasan Gerak Melingkar untuk Menuntaskan Hasil Belajar Siswa di MA Sabilul Muttaqien. Wacana Didaktika Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan Dan Sains, 3(6). https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/download/36/28/
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya Pada Anak Usia SD. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan & Keislamana, 13(1), 116–152.
Sundari, S., Herviana, Marini, & Oktavianti, L. (2021). Metode Pembelajaran yang Efektif melalui Media WhatsApp Group dalam Pembelajaran Kognitif. Jurnal STKIP Muhammadiyah Bogor. https://journal.stkipm-bogor.ac.id/index.php/jendelaanak/article/view/66/36
Verawaty, E., & Zulqarnain. (2021). Buku Panduan Guru Bahasa Indonesia Bergerak Bersama (E. S. Sari, S. A. Adhaningrum, & N. Setiyawaty (eds.)). Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek.
Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran (H. A. Zanki (ed.)). CV. Adanu Abimata.
Wibowo, D. H. (2015). Penerapan Pengelompokan Siswa Berdasarkan Prestasi di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Undip, 14(2), 148–159. https://doi.org/10.14710/jpu.14.2.148-159
Wijaya, A. P. (2016). Gaya Kognitif Field Dependet dan Tingkat Pemahaman Konsep Matematis antara Pembelajaran Langsung dan STAD. Jurnal Derivat, 3(Desember), 1–16. https://media.neliti.com/media/publications/76589-ID-gaya-kognitif-field-dependent-dan-tingka.pdf
Wisman, Y. (2020). Teori Belajar Kognitif dan Implementasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(1), 209–215. https://doi.org/https://doi.org/10.37304/jikt.v11i1.88 Teori
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.