Implementasi Teori Kognitif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Authors

  • Elvira Damayanti Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Valliant Mulky Azzuri Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Rulam Ahmadi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Ifit Novitasari Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Islam Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v9i1.4461

Keywords:

pembelajaran Bahasa Indonesia, sekolah dasar, teori kognitif

Abstract

Bahasa Indonesia yang dikenal sebagai salah satu pembelajaran tersulit perlu dilaksanakana secara tepat sehingga menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi teori kognitif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka di kelas SD tingkat rendah dan tinggi. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilaksanakan di SDN 05 Kotalama. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam terhadap guru kelas dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori kognitif cukup sering diterapkan oleh guru karena sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka. Teori kognitif mendukung siswa untuk berproses secara natural tanpa adanya tekanan-tekanan tertentu yang berlebihan. Proses belajar yang natural itu terjadi karena guru mempertimbangkan tingkat kognisi siwa dan menguatamakan proses dibandingkan hasil. Teori kognitif juga mendukung siswa untuk belajar dari lingkungan dan pengalamannya sehingga pembelajaran berlangsung lebih menyenangkan. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya perbedaan implementasi teori kognitif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas rendah dan tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y., Aljamaliah, S. N. M., Rakhmayanti, F., & Anggraeni, D. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Educandy di Kelas V SD. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 1230–1242. https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/1789/1109

Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568–582. https://journal.upp.ac.id/index.php/absis/article/download/1440/924

Ampuni, S. (2015). Proses Kognitif dalam Pemahaman Bacaan. Buletin Psikologi, VI(2), 16–26. https://journal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/7395

Faizah, S. N. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2). http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thula

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5.

Hariadi, J. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Samudra Bahasa, 1(1), 1–9. https://ejurnalunsam.id/index.php/JSB

Hascan, M. A., & Suyadi. (2021). Penerapan Teori Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran PAI Tingkat SMP di SIT Bina Insan Batang Kuis. Edumaspul Jurnal Pendidikan, 5(2), 138–146. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/1548

Ilhami, A. (2022). Implikasi Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Anak Usia Sekolah dasar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 07(Desember), 605–619. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/6564/2557

Khoiruzzadi, M., & Prasetya, T. (2021). Perkembangan Kognitif dan Implikasinya dalam Dunia Pendidikan (Ditinjau dari Pemikiran Jean Piaget dan Vygotsky). Jurnal Madaniyah, 11(Januari), 1–14. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/152

Kholida, S. I., & Suprianto. (2015). Penerapan Model Kooperatif dengan Metode Peta Konsep pada Pokok Bahasan Gerak Melingkar untuk Menuntaskan Hasil Belajar Siswa di MA Sabilul Muttaqien. Wacana Didaktika Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan Dan Sains, 3(6). https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/download/36/28/

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya Pada Anak Usia SD. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan & Keislamana, 13(1), 116–152.

Sundari, S., Herviana, Marini, & Oktavianti, L. (2021). Metode Pembelajaran yang Efektif melalui Media WhatsApp Group dalam Pembelajaran Kognitif. Jurnal STKIP Muhammadiyah Bogor. https://journal.stkipm-bogor.ac.id/index.php/jendelaanak/article/view/66/36

Verawaty, E., & Zulqarnain. (2021). Buku Panduan Guru Bahasa Indonesia Bergerak Bersama (E. S. Sari, S. A. Adhaningrum, & N. Setiyawaty (eds.)). Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek.

Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran (H. A. Zanki (ed.)). CV. Adanu Abimata.

Wibowo, D. H. (2015). Penerapan Pengelompokan Siswa Berdasarkan Prestasi di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Undip, 14(2), 148–159. https://doi.org/10.14710/jpu.14.2.148-159

Wijaya, A. P. (2016). Gaya Kognitif Field Dependet dan Tingkat Pemahaman Konsep Matematis antara Pembelajaran Langsung dan STAD. Jurnal Derivat, 3(Desember), 1–16. https://media.neliti.com/media/publications/76589-ID-gaya-kognitif-field-dependent-dan-tingka.pdf

Wisman, Y. (2020). Teori Belajar Kognitif dan Implementasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(1), 209–215. https://doi.org/https://doi.org/10.37304/jikt.v11i1.88 Teori

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Damayanti, E., Azzuri, V. M., Ahmadi, R., & Novitasari, I. (2024). Implementasi Teori Kognitif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 444–452. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v9i1.4461