Analisis Buku Teks Matematika Kelas IV Materi Pecahan Berbasis Praksiologi di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v9i1.4451Keywords:
praxiology, mathematic texbook, fractional, elementary schoolAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mengkaji penggunaan metode praksiologi dalam analisis buku teks matematika kelas IV SD pada materi pecahan. Penelitian ini menggunakan studi literatur dengan jenis narrative literatur review dengan tahapan penentuan tema, pencarian artikel, proses seleksi artikel, analisis artikel, dan penarikan simpulan. Tema yang dikaji difokuskan pada metode praksiologi dan analisis buku teks matematika sekolah dasar pada materi pecahan, Berdasarkan narrative literatur review yang dilakukan memperoleh gambaran sebagai berikut: 1) materi pecahan pada tingkat sekolah dasar termasuk materi dasar yang perlu dikuasai oleh siswa agar mampu memahami materi lainnya. Namun demikian, materi pecahan ini masih termasuk materi dengan kategori sulit sehingga siswa mengalami kesulitan. 2) metode praksiologi dapat digunakan untuk memahami konten matematika materi pecahan dan pedagogi yang dapat digunakan untuk menjelasakan materi pecahan tersebut. Penjelasan yang digunakan dapat menggunakan 4 komponen praksiologi yang teridiri atas pemberian tugas, teknik, teknologi dan teori. 3) metode praksiologi ini dapat digunakan sebagai metode dalam analisis buku teks matematika untuk memahami alur pembelajaran dalam materi pecahan ini, sehingga dapat mempermudah guru dalam mengajarkan materi pecahan, serta memudahkan siswa dalam mempelajari materi pecahan. 4) hasil beberapa kajian litertur megnenai hasil analisis buku teks matematika di SD untuk materi pecahan ditemukan secara umum sudah terdapat kesesuaian konten dengan empat komponen praksiologi. Namun demikian terdapat beberapa rekomendasai dan saran untuk meningkatkan kualitas buku teks sehingga dapat memudahkan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar pada materi pecahan ini
Downloads
References
Amir, N. F., & Andong, A. (2022). Kesulitan Siswa dalam Memahami Konsep Pecahan. Journal of Elementary Educational Research, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.30984/jeer.v2i1.48
Anugrah, M. F., & Suherman, T. (2022). Analisis Modul Ajar Operasi Hitung Bilangan Bulat pada SMP Kelas VII berdasarkan Praksiologi. Journal on Education, 05(01), 647–652.
Atiaturrahmaniah, Kudsiah, M., & Ulfa, E. M. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika materi pecahan siswa Kelas IV SDN Sukaraja. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 268–278.
Azzahra, N., Herman, T., & Dasari, D. (2022). Analysis of Inverse Proportion in Mathematics Textbook Based on Praxeological Theory. Jurnal Analisa, 8(2), 152–167. https://doi.org/10.15575/ja.v8i2.22679
Bishop, J. P., Lisa, L. L., Randolph, A. P., Lan, W., Bonnie, P. S., & Melinda, L. L. (2014). Obstacles and affordances for integer reasoning: An analysis of children’s thinking and the history of mathematics. Journal for Research in Mathematics Education, 45(1), 19–61. https://doi.org/10.5951/jresematheduc.45.1.0019
Chevallard, Y., Bosch, M., & Kim, S. (2015). What is a theory according to the Anthropological Theory of the Didactic? CERME 9: Thematic Working Group 17, Theoretical Perspectives and Approaches in Mathematics Educaction Research, January, 35–45. http://www.cerme9.org/
Ekawati, R., Lin, F. L., & Yang, K. L. (2015). Developing an Instrument for Measuring Teachers’ Mathematics Content Knowledge on Ratio and Proportion: a Case of Indonesian Primary Teachers. International Journal of Science and Mathematics Education, 13(1), 1–24. https://doi.org/10.1007/s10763-014-9532-2
Fendrik, M., & Putra, Z. H. (2016). Penerapan pendekatan model method untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa PGSD FKIP Universitas Riau dalam pemecahan masalah pecahan. Journal Sport Area, 1(2), 43–52.
Primasari, I. F. N. D., Zulela, Z., & Fahrurrozi, F. (2021). Model Mathematics Realistic Education (Rme) Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1888–1899. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1115
Putra, Z. H., Witri, G., & Sari, I. K. (2020). Pengetahuan Didaktika Calon Guru Sekolah Dasar tentang Pecahan Ditinjau dari Teori Antropologi Didaktik. Jurnal Elemen, 6(2), 244–261. https://doi.org/10.29408/jel.v6i2.2056
Putri, O. O., & Roesdiana, L. (2023). Analisis kesalahan siswa pada materi aljabar ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(2), 829–840. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.16905
Rahayu, T. G., Herman, T., & Prawiyogi, A. G. (2022). Teori dan Teknologi Materi Pecahan pada Buku Teks Matematika Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(2), 321–332. https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.45158
Ramda, A. H. (2017). Analisis kesesuaian materi buku teks Kemendikbud matematika kelas VII dengan Kurikulum 2013. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 12. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14057
Rizqi, M. M., Wijayanti, D., & Basir, M. A. (2021). Analisis Buku Teks Matematika Materi Himpunan Menggunakan Model Prakseologi. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 57. https://doi.org/10.31941/delta.v9i1.1226
Siagian, Q. A., Aswin, A., & Herman, T. (2023). Praxeological Analysis of Mathematics Textbooks for Class XI High School Students on Arithmetic and Geometric Sequences. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching,
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.