Analisis Buku Teks Matematika Kelas IV Materi Pecahan Berbasis Praksiologi di Sekolah Dasar

Authors

  • Agus Maulana Muhamad PGSD UPI TASIKMALAYA
  • Syarip Hidayat

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v9i1.4451

Keywords:

praxiology, mathematic texbook, fractional, elementary school

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mengkaji penggunaan metode praksiologi dalam analisis buku teks matematika kelas IV SD pada materi pecahan. Penelitian ini menggunakan studi literatur dengan jenis narrative literatur review dengan tahapan penentuan tema, pencarian artikel, proses seleksi artikel, analisis artikel, dan penarikan simpulan. Tema yang dikaji difokuskan pada metode praksiologi dan analisis buku teks matematika sekolah dasar pada materi pecahan, Berdasarkan narrative literatur review yang dilakukan memperoleh gambaran sebagai berikut: 1) materi pecahan pada tingkat sekolah dasar termasuk materi dasar yang perlu dikuasai oleh siswa agar mampu memahami materi lainnya. Namun demikian, materi pecahan ini masih termasuk materi dengan kategori sulit sehingga siswa mengalami kesulitan. 2) metode praksiologi dapat digunakan untuk memahami konten matematika materi pecahan dan pedagogi yang dapat digunakan untuk menjelasakan materi pecahan tersebut. Penjelasan yang digunakan dapat menggunakan 4 komponen praksiologi yang teridiri atas pemberian tugas, teknik, teknologi dan teori. 3) metode praksiologi ini dapat digunakan sebagai metode dalam analisis buku teks matematika untuk memahami alur pembelajaran dalam materi pecahan ini, sehingga dapat mempermudah guru dalam mengajarkan materi pecahan, serta memudahkan siswa dalam mempelajari materi pecahan. 4) hasil beberapa kajian litertur megnenai hasil analisis buku teks matematika di SD untuk materi pecahan ditemukan secara umum sudah terdapat kesesuaian konten dengan empat komponen praksiologi. Namun demikian terdapat beberapa rekomendasai dan saran untuk meningkatkan kualitas buku teks sehingga dapat memudahkan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar pada materi pecahan ini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, N. F., & Andong, A. (2022). Kesulitan Siswa dalam Memahami Konsep Pecahan. Journal of Elementary Educational Research, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.30984/jeer.v2i1.48

Anugrah, M. F., & Suherman, T. (2022). Analisis Modul Ajar Operasi Hitung Bilangan Bulat pada SMP Kelas VII berdasarkan Praksiologi. Journal on Education, 05(01), 647–652.

Atiaturrahmaniah, Kudsiah, M., & Ulfa, E. M. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika materi pecahan siswa Kelas IV SDN Sukaraja. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 268–278.

Azzahra, N., Herman, T., & Dasari, D. (2022). Analysis of Inverse Proportion in Mathematics Textbook Based on Praxeological Theory. Jurnal Analisa, 8(2), 152–167. https://doi.org/10.15575/ja.v8i2.22679

Bishop, J. P., Lisa, L. L., Randolph, A. P., Lan, W., Bonnie, P. S., & Melinda, L. L. (2014). Obstacles and affordances for integer reasoning: An analysis of children’s thinking and the history of mathematics. Journal for Research in Mathematics Education, 45(1), 19–61. https://doi.org/10.5951/jresematheduc.45.1.0019

Chevallard, Y., Bosch, M., & Kim, S. (2015). What is a theory according to the Anthropological Theory of the Didactic? CERME 9: Thematic Working Group 17, Theoretical Perspectives and Approaches in Mathematics Educaction Research, January, 35–45. http://www.cerme9.org/

Ekawati, R., Lin, F. L., & Yang, K. L. (2015). Developing an Instrument for Measuring Teachers’ Mathematics Content Knowledge on Ratio and Proportion: a Case of Indonesian Primary Teachers. International Journal of Science and Mathematics Education, 13(1), 1–24. https://doi.org/10.1007/s10763-014-9532-2

Fendrik, M., & Putra, Z. H. (2016). Penerapan pendekatan model method untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa PGSD FKIP Universitas Riau dalam pemecahan masalah pecahan. Journal Sport Area, 1(2), 43–52.

Primasari, I. F. N. D., Zulela, Z., & Fahrurrozi, F. (2021). Model Mathematics Realistic Education (Rme) Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1888–1899. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1115

Putra, Z. H., Witri, G., & Sari, I. K. (2020). Pengetahuan Didaktika Calon Guru Sekolah Dasar tentang Pecahan Ditinjau dari Teori Antropologi Didaktik. Jurnal Elemen, 6(2), 244–261. https://doi.org/10.29408/jel.v6i2.2056

Putri, O. O., & Roesdiana, L. (2023). Analisis kesalahan siswa pada materi aljabar ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(2), 829–840. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.16905

Rahayu, T. G., Herman, T., & Prawiyogi, A. G. (2022). Teori dan Teknologi Materi Pecahan pada Buku Teks Matematika Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(2), 321–332. https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.45158

Ramda, A. H. (2017). Analisis kesesuaian materi buku teks Kemendikbud matematika kelas VII dengan Kurikulum 2013. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 12. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14057

Rizqi, M. M., Wijayanti, D., & Basir, M. A. (2021). Analisis Buku Teks Matematika Materi Himpunan Menggunakan Model Prakseologi. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 57. https://doi.org/10.31941/delta.v9i1.1226

Siagian, Q. A., Aswin, A., & Herman, T. (2023). Praxeological Analysis of Mathematics Textbooks for Class XI High School Students on Arithmetic and Geometric Sequences. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching,

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Maulana Muhamad, A., & Hidayat, S. (2024). Analisis Buku Teks Matematika Kelas IV Materi Pecahan Berbasis Praksiologi di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 453–460. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v9i1.4451