Kepemimpinan Dan Kewirausahaan Dosen Di Era Industri 4.0 Dalam Mewujudkan Inovasi Dan Kreativitas Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta (Studi Kasus: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Pertiwi Indonesia)
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.4094Keywords:
Kepemimpinan, kewirausahaan, Era Industri 4.0, Inovasi Kreativitas MahasiswaAbstract
Stikes Bhakti Pertiwi Indonesia sebagai salah satu perguruan tinggi kesehatan berupaya untuk menjadi pioner dalam mengembangkan SDM kesehatan yang Unggul. Stikes BPI sebagai satuan pendidikan sekaligus sebagai organisasi pendidikan harus bergerak maju dalam rangka membangun kualitas pendidikan secara nasional maupun dalam tingkat internasional di era 4.0. Era digital saat ini membutuhkan kapasitas kepemimpinan dan kewirausahaan yang mampu mengantisipasi perubahan yang terjadi. Kekuatan kepemimpinan dan kewirausahaan akan berhasil menghadapi tantangan jaman dengan mendorong dosen, staf ataupun mahasiswa untuk mampu mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki melalui motivasi, inspirasi, kerjasama, seluruh sumber daya manusia dalam mencapai tujuan. Stikes Bhakti Pertiwi Indonesia menjadikan faktor kepemimpinan dan kewirausahaan menjadi pusat keunggulan bagi lulusan yang akan berprofesi sebagai tenaga kesehatan yang handal dan berdaya saing internasional. Kondisi sesuai dengan bonus demografi bangsa Indonesia sekarang ini, dimana keunggulan daya saing SDM akan menjadi kunci bagi kemajuan dan daya saing bangsa. Kepemimpinan menjadi salah satu faktor penting dalam keberhasilan gerak organisasi, kepemimpinan yang efektif akan mampu membawa organisasi pada tujuannya secara kolektif, olehnya itu kepemimpinan harus mampu mengantisipasi dan mengikuti perubahan–perubahan yang terjadi dalam organisasi internal maupun lingkungan organisasi eksternal dalam rangka membangun keunggulan melalui sistem, budaya, struktur maupun mekanisme kerja baru yang lebih efektif, efisien dan produktif.
Downloads
References
Abdullah Sani, Ridwan, dkk. (2015). Penjaminan Mutu Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Adiprana S, Andika. 2014. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dosen Mata Kuliah Kewirausahaan terhadap Kinerja Mahasiswa pada Prodi Manajemen S1 Fakultas Bisnis dan Manajemen (FBM)perguruan tinggi Widyatama (Utama). Skripsi. Bandung:perguruan tinggi Widyatama.
Azisah, Siti. (2014). Guru dan Pengembangan Kurikulum Berkarakter Implementasi pada Tingkat Satuan pendidikan. Jakarta: Alauddin University Press.
Aziz Hussin, Anealka. (2018). Education 4.0 Made Simple: Ideas For Teaching.” International Journal of Education and Literacy Studies.
Dau, Yoseph Lodowik Deki. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Kompetensi Dosen, Perilaku Belajar, Motivasi Belajar terhadap Kualitas Soft Skill Mahasiswa Sekolah Tinggi Keuskupan Agung Kupang. Jurnal Selidik (Jurnal Seputar Penelitian pendidikan Keagamaan), 1(1), 1-18.
E. Mulyasa. (2009). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurjannah, Fitri, Syamsir, Syamsir, & Ramadhan, Fadilah. (2022). Pengaruh Gaya Dosen Memimpin Sebuah Pembelajaran terhadap Prestasi dan Motivasi Belajarperguruan tinggi Singaperbangsa Karawang. Jurnal Kepemimpinan dan Kepengurusan Sekolah, 7(3), 40-407.
Hati, Shinta Wahyu. 2013. Pengaruh Kepemimpinan dan Kinerja Dosen Terhadap Mutu Pelayanan Di Politeknik Negeri Batam. Iqtishoduna: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 9(2), 176-184.
Idris, Ridwan. (2014). Manajemen pendidikan dalam Aplikasinya di Sekolah Makassar: Alauddin University Pres.
Karnati, Neti. (2016). Implementasi Manajemen dosen dan Tenaga Kependidikan Berbasis Sekolah dalam Peningkatan Mutu Sekolah Dasar di Kota Bekasi.perguruan tinggi Negeri Jakarta: Jurnal Parameter, 29(2).
Kasmawati. (2012). Pengembanngan Kinerja Tenaga Kependidikan. Makassar: Alauddin University Press.
Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 28-43.
Mohamad, Mustari. (2015). Manajemen pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers. Mudassir. (2016). Pengembangan Sumber Daya pendidikan di Perguruan tinggi.
Mukhlisoh. (2018). Manajemen dosen dan Tenaga Kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga Siwuluh. Kementrian Agama Kabupaten Brebes: Jurnal Kependidikan, 6(2), 233-248.
Muslim, M., & Sururin, M. D. (2018). Kepemimpinan Kharismatik yang Visioner. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 19(2), 148-159.
Nasution, Sri Ilham. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa Prodi Manajemen pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(2), 38-54.
Ramlan, Pratiwi & Nikmat, Rifni. (2019). Pendekatan Manajemen Strategik dalam Meningkatkan Minat Wirausaha Mahasiswa melalui Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan (PMK-K). Jurnal Moderat, 5(3), 240-250.
Sakni, Taufik. (2021). Analisis Peranan Kepemimpinan Dalam Motivasi Belajar Mahasiswa STIT-YPI Lahat. Al-Hikmah: Jurnal pendidikan (STIT-Lahat), 9(9), 12-18.
Shen, J., Wu, H., Reeves, P., Zheng, Y., Ryan, L., & Anderson, D. (2020). The association between teacher leadership and student achievement: A meta-analysis. Educational Research Review, 31(August), 100357. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100357
Trinova Zulvia, et. Al. 2020. Kepemimpinan Dosen Pendidikan Islam Pada Era Revolusi Industri 4.0. Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Weismann, Ivan Th. J. (2013). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dosen terhadap Motivasi Belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.