Kedwibahasaan Kelompok Dewasa (Studi Deskriptif terhadap Masyarakat Blok Karang Asem, Desa Sindang Mekar, Perwakilan Kecamatan Duku Puntang, Kabupaten Cirebon)

Authors

  • Nunuyu Nurjanah Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Rostika Srihilmawati Universitas Pendidikan Indonesia,Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.4093

Keywords:

kedwibahasaan, Masyarakat, Interferensi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai (1) tingkat kedwibahasaan masyarakat blok Karang Asem, Desa Sindang Mekar, Perwakilan Kecamatan Duku Puntang, Kabupaten Cirebon; (2) fungsi-fungsi penutur dalam pememakaian bahasa; (3) pergantian dalam penggunaan bahasa; dan (4) keadaan interferensi masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan yang digunakannya yaitu teknik studi lapangan (wawancara dan observasi) dan studi pustaka. Hasil penelitian ini di antaranya: (1) tingkat kedwibahasaan masarakat dalam penggunaan bahasa sangat besar; (2) fungsi dalam pemakaian bahasa daerah (Sunda dan Jawa) lebih banyak menunjukan bilingualisme majemuk; (3) pergantian bahasa yang dipengaruhi oleh topik dan orang yang terlibat dalam penggunaan B1, B2, dan B3 sangat beragam dan saling mempengaruhi; dan (4)  adanya interferensi dari percampuran B1, B2, dan B3 yang digunakan terus-menerus secara bergantian dalam komunikasi masarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cuartero, M., dkk. (2023). Mind the Net! Unpacking the Contributions of Social Network Science for Heritage and Bilingualism Research. ELSEVIER: Research Methods in Applied Linguistics, 2(2023), 1-10.

Dikilitas, K., dkk. (2023). Bilingual Education Teachers and Learners in a Preschool Context: Intructional and Interactional Translanguaging Spaces. ELSEVIER: Learning and Instruction, 86(2023), 1-9.

Ghasya, D. A. V. (2018). Fenomena Kedwibahasaan Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Cirebon: Antara Harapan dan Kenyataan. Jurnal Visipena, 9(1), 1128-1136.

Guerra, M. R., dkk. (2023). Interaction in Bilingual Early Speech Acquisition: Acceleration in the Bilingual Acquisition of English Liquids for English-Spanish Bilinguals. ELSEVIER: Sciencedirect, 281(2023), 1-21.

Kim, D. dan Runco, M. A. (2022). Role of Cognitive Flexibility in Bilingualism and Creativity. ELSEVIER: Journal of Creativity, 32(2022), 1-7.

Kridalaksana, Harimurti. 1984. Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia.

Putri, S. A. K., dkk. (2020). Kedwibahasaan pada Novel Love Sparks in Korea karya Asma Nadia dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 8(2), 360-380.

Quartarone, C., dkk. (2022). Exploring the Ventral White Matter Language Network in Bimodal and Unimodal Bilingual. ELSEVIER: Brain and Language, 235(2022), 1-14.

Rusyana, Rus. 1984. Bahasa dan Sastra: dalam Gamitan Pendidikan. Bandung: CV. Dipenogoro.

Sukirman. (2021). Beberapa Aspek dalam Kedwibahasaan (Suatu Tinjauan Sosiolinguistik). Jurnal Konsepsi, 9(4), 191-197.

Zenab, A. S. (2016). Kedwibahasaan Anak Sekolah Dasar dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Riksa Bahasa, 2(1), 1-9.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Nurjanah, N., & Srihilmawati, R. (2023). Kedwibahasaan Kelompok Dewasa (Studi Deskriptif terhadap Masyarakat Blok Karang Asem, Desa Sindang Mekar, Perwakilan Kecamatan Duku Puntang, Kabupaten Cirebon). Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 106–114. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.4093