PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO SCRIBE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AT-TAQWA PINANG
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.399Keywords:
Media Pembelajaran, videoscribe, minat belajar siswaAbstract
Media pembelajaran merupakan komponen yang sangat vital dalam proses pembelajaran, karena merupakan alat dan cara yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan informasi di dalam kelas. Saat ini banyak inovasi dalam dunia pendidikan, salah satunya menggunakan videoscribe yang merupakan aplikasi desain animasi berlatar putih seperti papan tulis. Berdasarkan hasil; observasi dan wawancara pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyyah At-Taqwa Pinang ditemukan bahwa motivasi belajar siswa masih rendah karena penggunaan media kurang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis videoscribe. Adapun instrumen pada penelitian ini berupa observasi dan wawancara serta teknik analisisnya berupa data verbal seperti catatan, komentar, saran, dan kritik dari siswa dan rekan sejawat. Adapun hasil dari penelitian ini adalah adalah membuat pengajaran menjadi lebih menarik, sehingga motivasi anak didik lebih meningkat dan mampu menghilangkan kejenuhan serta mampu melatih taraf berpikir anak didik dari konkret ke abstrak, dari berpikir sederhana ke berpikir komplek. Anak didik mampu menempatkan unsur-unsur visual secara serempak; menghubungkan keseluruhan pesan visual dengan pengalaman-pengalamannya; membuat kesimpulan tentang visualisasi yang dilihatnya; dan kemudian membuat konseptualisasi baru tentang apa yang telah mereka pelajari sebelumnya.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2020-07-06 (2)
- 2019-04-09 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.