Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran IPA Terpadu Materi Ekosistem Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kadipaten Tasikmalaya

Authors

  • Erlin Putriyani Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i2.3984

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Berpikir Kritis, Literasi Sains

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: Mengetahui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran IPA Terpadu Materi Ekosistem Kelas VII Siswa SMP Negeri 1 Kadipaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi eksperimen dengan desain non-equivalent pre-test and post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Kadipaten Tasikmalaya. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 25 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji Wilcoxon). Peningkatan kemampuan literasi sains kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kemampuan literasi sains kelas kontrol dengan kategori peningkatan sedang. Peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kemampuan berpikir kritis pada kelas kontrol dengan kategori peningkatan sedang. Respon guru dan siswa terhadap penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada materi pencemaran lingkungan menunjukkan respon yang positif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2014). Dwain Sistem, Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Adiatama.

Achmad, R. (2004). Kimia Lingkungan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ardianto, D. (2014). Implementasi Pembelajoran 1PA Terpadu Tema Flaida dengan Model Guided Discovery & Problem Based Learning untuk meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP.Tesis SPS UPI: Tidak diterbitkan.

Arenas, R.I. (2009) Learning to Teach: Ninth Edition. New York: Mc.Graw Hill.

Arikunto, S. (201 Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

Campbell, et al. (2010).Biologi: Edisi Kedelapan Jilid 3. Jakarta: Erlanaga.

Coiadarci.,et.al. (2011). Fundamentals of Statistical Reasoning in Education: Third Edition. USA: Wiley.

Costa.A.L. (1985).Developing Mind: A Resource Book for Teaching Thinking.Virginia: ASDC Alexandria.

J.W. (2014).Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (Terjemahan Edisi Ketiga).Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ennis.R.H. (1996). Critical Thinking. New jersey: Prentice Hall.

Fatimah. I.S. (2012). Pengaruh Praktikum Virtual pada Konsep Sistem Saraf terhadap Perkembangan Keniampuan Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas IV Tesis UPI: tidak diterbitkan.

Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlamaua.

Fogarty, R. (1991). The Mindfzd School: How do Integrate The Curricula. USA: IRI/Skylight Publishing.

Fraenkel, et. al. (2011).How to Design and Evaluate Research in Education 8th Edition.San Fransisco: Mc Graw Hill.

Furgon.(2013). Statistika Terapan untuk Penelitian.Bandung: Alfabeta.

Hake, R. (1999).Analyzing Change / Gain Score.Indiana: Indiana University.

Irwan, Z.D. (1996). Prinsip-prinsip Ekologi: Ekosistem, Lingkungan, dan Pelestariannya. Bumi Aksara: Jakarta.

Jasin, M. (2011).Ilmu Alainiah Dasar. Jakarta: Grafindo.

Jofili, Z. & Bezerra.R. (1997).A Case for Critical Constructivism and Critical Thinking in Science Education.Research in Science Education, 1997, 27 (2), Pp 309-322.

Johan, H. (2012). Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Problem Solving dibandingkan Pembelajaran dengan Praktikum Vertifikasi dalam meningkatkan Penguawan Konsep dan Beqpikir Kritis Mahasiswa pada Konsep Listrik Dinamis. Tesis UPI: Tidak diterbitkan.

Johnson, E.B. (2011). CTL.Contextual Teoching- and Learning.Bandung:Kaifa Learning.

Karim, S. et al. (20139).Belqiar IPAMembukaCakrawala Alam Sekitar untuk Kelas VII Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Kemendikbud (2013).Ilmu Pengetahuan Alam: SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2014). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII Jakarta: Kemendikbud.

Komalasari, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Apiikasi. Bandung. Refika Adiatama.

Kurniawan. D. (2011). Pembelajaran Terpadu: Teori, Praktik, dan PenilaianBandung: Pustaka Cendikia Utama.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosda.

Majid, A. (2014). Implementasi Kurikuhan 2013.Kajian Teoritis dan Praktis.Bandung: Interes.

Martini. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum Melalui Inkuiri Terbimbing dan Verijikasi pada Konsep Fotosintesis Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP.Tesis UPI: Tidak diterbitkan.

Matlock, S. & Hetzel.(1997). Basic Concepts in Item and Test Analysis.Paper presenter St The Annual Meeting of The Southwest Educational Research Association. Austin, January 1997.

Muhidin, E. (2014). Implementasi Problem Based Learning (PBL) Pada Tema Krisis Sumber Energi Listrik Untuk Meningkatkan Keterainpilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IX.Tesis UPI: Tidak diterbitkan.

Muslim.(2014). Pengembangan Program Perkuliahan Fisika Sekolah Berorientasi Kemampuan Berargumentasi Calon Guru Fisika.Disertasi UPI: Tidak diterbitkan.

Newman, M. J. (2005). Problem Based Learning: An Introduction and Overview of

the Kell FFeature ofthe Approach. Journal of Veterinary.23:3, 12-20.

Norris, S.P. & Philips, L.M. (2002). How Literacy in Its Fundatnental Sense Is Central do Sciety Literacy. Canada: University of Alberta.

Poedjiadi, A. (2001). Sains Biologi Masyarakat Pendekatan Pembelajaran era Kontekstual Bermuatan Nilai.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Redjeki, S. (2014).Model-model Pembelajaran yang Mendukung Kurikulum 2013.Makalah.Universitas Kuningan.

Riduwan.(2012). Skala Pengukuran Variabel-variabel Peneiitian.Bandung: Alfabeta.

Rustaman, N.Y. (2011). Pendidikan dap Penelitian Sains dalam Mengembangka.n Keterampilan Tingkat Tinggi untuk Pembangunan Karakter. Presiding SeminarNosional Biololgi (Vol. 9, NoA). Solo: Universitas Sebelas Mata.

Sani, R.A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Alksara.

Sanjaya, W. (2014).Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Bandung: Kencana Prenadamedia Group.

Saud, U.S. (2013). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sinaga, M.S. (2011). Pembelajaran Berbasis Masaiah Pada Topik Pencemaran Udara untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Siswa SMA.Tesis UPI.Tidak diterbitkan.

Siregar, S. (2013).Metode Penelitian KuantitatifDilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual& SPSS.Jakarta: Kencana.

Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods).Bandung: Alfabeta.

Sunu.(2001). Melindungi Lingkungan dengan Menerapkan ISO 14001.Jakarta: Grasindo.

Surapranata, S. (2004).Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes., Implementasi Kurikulum 2004.Jakarta: Rosda.

Tjasyono, B. (2004). Klimatologi. Bandung: Penerbit ITB.

Trianto.(2014). Model Penibelaiaran Terpadu.Bandung: Bumi Aksara.

Tim Abdi Guru. (2013). IPA Terpadu untuk SMP/MTs Kelas VII Jakarta: Erlangga.

Tim Pengembang Materi Kemendikbud. (2013). Pembelajaran Kontekstual dan Terpadu: Materi Peiatihan Implementasi Kurikulum 2013 bagi Kepala Sekolah dan Pengawas SMP. Jakarta: Kemendikbud.

Toharudin, U. Hendrawati. S., & Rustaman, A., (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Tosun C. and Taskesenligii.Y. (2011). The Effect of f Problem Based Learning on Student Motivation Towards Chemistry Classes and on Learning Strategies. Journal of Turkish Science Education.9:1. 126-131.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Putriyani, E. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran IPA Terpadu Materi Ekosistem Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kadipaten Tasikmalaya. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 267–280. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i2.3984