Pengembangan Media Infografis Pada Pembelajaran di Sekolah Dasar: Systematic Literatur Review
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i2.3632Keywords:
Media infografis, pembelajaran, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis secara literatur mengenai media infografis dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Systematic Literatur Review dengan tahapan penetuan tema, pencarian literatur, penyeleksian literatur, analisis dan interpretasi, penyusunan draf, dan diseminasi hasil. Pada penelitian yang dilakukan menggunakan 25 artikel hasil dari seleksi 52 artikel yang diperoleh dari berbagai sumber dengan tahun terbit dari 2016-2022. Fokus kajian pada 3 hal, yaitu pengembangan media infografis, bentuk media infografis dalam pembelajaran di SD, dan implikasi penggunaan media infografis dalam pembelajaran di SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengembangan media infografis pada pembelajaran di SD menggunakan desain ADDIE, 4-D, 3-D, dan Borg and Gall. 2) Bentuk media infografis dalam pembelajaran di SD, yaitu infografis bergerak, infografis interaktif, infografis video, dan infografis berbasis android. 3) Penggunaan media infografis memberikan dampak dalam pembelajaran di SD, yaitu meningkatkan hasil dan prestasi belajar, meningkatkan motivasi dan minat belajar, serta meningkatkan minat membaca peserta didik.
Downloads
References
Afriani, N. R., Maksum, A., & Yuliati, S. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Berbasis Android Pada Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 935–942. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2797
Alshehri, M. A., & Ebaid, M. (2016). the Effectiveness of Using Interactive Infographic At Teaching Mathematics in Elementary School. British Journal of Education, 4(3), 1–8. www.eajournals.org
Ari Padrian, Syafril, N. H. (2020). Pengembangan Infografis Motion Graphic Tema Lingkungan Sahabat Kita Untuk Kelas V SD. Jurnal E-Tech, 08(01), 1–6. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00
Cahyo, B. D., Anggreani, D., Juanti, D. R., Dibah, J. P., Rizky, N., Ulandia, S. B., & Sapitri, S. (2023). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR KREATIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD Use of Creative Image Learning Media to Increase Elementary Students ’ Interest in Learning. 4(2), 78–83.
Damayanti, A., Suradika, A., & Ulfaniatari. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Infografis pada Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Kelas III SDN Pondok Pinang 08 Pagi Jakarta. Umj, 7, 1–11.
Hanif, M., Khosihan, A., Setiawan, B., Haryani, P., & Firdaus, A. P. (2023). Developing Infographic Teaching Materials for Introduction of Sapta Pesona-Based Character Value for Elementary School Students in the Bayah Dome Geopark Area, Lebak Regency. TEKNODIKA, 21(01).
Hasan, S., Mas’ud, A., Haerullah, A., & Sundari, S. (2022). Pre-Design of Infographic Based on The Structure And Mechanism of Virus Infection at Elementary School Levels in Ternate City. Journal of Biology Learning, 4(1), 39. https://doi.org/10.32585/jbl.v4i1.2204
Hersita, A. F., Kusdiana, A., Respati, R., & Respati, R. (2020). Pengembangan Media Infografis sebagai Media Penunjang Pembelajaran IPS di SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 192–198. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.30132
Hikmah, A. S., & Hayudinna, H. G. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Infografis Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(2), 181–195. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i2.5548
Isti Khomaria, K. L. L. (2017). Penggunaan Media Infografis Untuk Meningkatkan Minat Belajar Ips Pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 5(4).
Kadiasti, R., Komputer, F. I., Dian, U., Semarang, N., Komputer, F. I., & Nuswantoro, U. D. (2021). Perancangan Video Infografis Peningkatan Motivasi. Senada, 4, 130–137.
Karim, M., & Saptono, S. (2020). Penerapan Flipped Learning Pada Pembelajaran Daring Efek Pandemi Covid-19 dalam Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Man Salatiga Pada Materi Sel. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas), 2016, 141–145.
Kurniawati, Y., Suyanti, Widyaningrum, H., K. (2022). Pengaruh Media Infografis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Tematik Di Sdn 04 Madiun Lor. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 185–191.
Meialldy, I. G. K. (2021). The Use of Infographic to Enhance EFL Students’ Reading Interest. Journal of Educational Study, 1(1), 60–66. https://doi.org/10.36663/joes.v1i1.154
Muyasaroh, S. (2019). Pengelolaan Kelas dalam Melaksanakan Pembelajaran Aktif. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.21154/ibriez.v4i1.58
Nugraheni, L. (2019). Media Sebagai Faktor Determinan Keberhasilan Pembelajaran Folklor Di Sekolah Dasar Kabupaten Pati. Konferensi Nasional Bahasa Dan Sastra (Konnas Basastra) V, 161–165.
Ozdamli, F., & Ozdal, H. (2018). Developing an instructional design for the design of infographics and the evaluation of infographic usage in teaching based on teacher and student opinions. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(4), 1197–1219. https://doi.org/10.29333/ejmste/81868
Rizkiatul Afifah Tarbiyah dan Keguruan, K., Sunan Ampel Surabaya, U., & Hafid, A. (2022). Efektivitas media pembelajaran berbasis infografis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 7(1), 11–20. http://dx.doi.org/10.17977/um022v7i12022p11
Rizkiyanti, N., Muktiarni, M., & Mupitah, J. (2021). The Role of Infographic Learning Media in Increasing Literature Interest of SMP Students During Pandemic. Jurnal Abmas, 21(1), 51–57. https://doi.org/10.17509/abmas.v21i1.38718
Soleh, A., Pramono, & Suratno. (2009). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Siswa Keals 2 TMO SMK Texmaco Semarang pada Mata Diklat Service Engine dan Komponen-Komponennya. Ptm, 9(2), 58–64.
Syarifuddin, B., Zarro, M., & Lestari, D. (2022). Proceedings of the 2nd International Conference on Social Knowledge Sciences and Education (ICSKSE 2022). In Proceedings of the 2nd International Conference on Social Knowledge Sciences and Education (ICSKSE 2022). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-63-3
Tsai, S. T., Huang, H. Y., & Chang, T. W. (2020). Developing a motion infographic-based learning system for effective learning. Education Sciences, 10(9), 1–11. https://doi.org/10.3390/educsci10090247
Tsai, S. T., Huang, H. Y., & Chang, T. W. (2022). The Effect of Motion Infographics on the Learning of Third and Fourth Grade Resource Classes and Regular Classes in Elementary School. Journal of Library and Information Studies, 20(1), 31–48. https://doi.org/10.6182/jlis.202206_20(1).031
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.