Karakteristik E-Modul berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

Authors

  • Martin Arisandi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Heri Yusuf Muslihin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Elan Universitas Pendidikan Indonesia, Kampus Tasikmalaya, Indonesia

Keywords:

E-Modul, PBL, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik e-modul berbasis PBL yang digunakan dalam pembelajaran, terutama pembelajaran pada tingkat sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Narative Literatur Review (NLR) dengan tahapan penentuan tema, pencarian literatur, pemilihan literatur, analisis dan interpertasi, sampai pada penarikan simpulan. Literatur yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 25 artikel yang sudah diterbitkan pada jurnal mulai dari tahun 2016 sampai 2023. Artikel yang dikaji merupakan hasil proses seleksi yang didasarkan pada kesesuain tema dan tahun publikasi. Analisis data pada penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan penyajian hasil secara naratif sesuai tema yang dikaji. Hasil penelitian mengenai karakteristik e-modul berbasis PBL pada pembelajaran di SD diperoleh sebagai berikut:1) karakteristik umum e-modul berbantung pada aplikasi atau software yang digunakan dalam pengembangannya, sehingga unsur media yang digunakan berbeda-beda. 2) karakteristik e-modul berbasis PBL secara spesifik memiliki tampilan desain yang disesuaikan dengan sintak PBL yang diakomodasi dengan berbagai tampilan seperti video, animasi, LKPD, dan penugasan. 3) karakteristik e-modul berbasis PBL untuk peserta didik SD memuat tampilan desain dan sintak PBL yang lebih sederhana, lebih nyata, dan lebih mudah dioperasikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, D. K. N., Damayanthi, E. P. L., Sunarya, G. M. I., & Putrama, M. I. (2015). Pengembangan E-Modul Berbasis Metode Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X Multimedia di SMK Negeri 3 Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 4(5). https://doi.org/10.23887/karmapati.v4i5.6584

Anggreni, N. N. D., & Agustika, G. N. S. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Problem Based Learning Materi Pecahan Kelas IV di SD No. 2 Sembung. Journal on Teacher Education, 2(3), 35–43.

Aryawan, R., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran Ips Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal EDUTECH Universitas Pedidikan Ganesha, 6(2), 180–191.

Endaryati, S. A., Atmojo, I. R. W., Slamet, S. Y., & Suryandari, K. C. (2021). Analisis E-Modul Flipbook Berbasis Problem Based Learning untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 300. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.56190

Fauhah, H., & Rosy, B. (2020). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334

Ford, E. (2020). Tell Me Your Story: Narrative Inquiry in LIS Research. College & Research Libraries, 81(2), 235. doi:https://doi.org/10.5860/crl.81.2.235

IMANINGTYAS, C. D., KARYANTO, P., NURMIYATI, N., & ASRIANI, L. (2016). Penerapan E-Module Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Mengurangi Miskonsepsi pada Materi Ekologi Siswa Kelas X MIA 6 SMAN 1 Karanganom Tahun Pelajaran 2014/2015. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 4. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v9i1.2004

Jannah, M., Sunaryo, & Catur Wibowo, F. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based learning (PBL) Materi Momentum, Impuls dan Tumbukan. Jurnal Lontar Physics Today, 1(2), 87–96. https://doi.org/10.26877/lpt.v1i2.11160

Kartini, D., Nurul Nurohmah, A., & Wulandari, D. (2022). Relevansi Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Keterampilan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9092–9099.

Khoirurosyadah, R., & Rachmadyanti, P. (2022). Pengembangan E- Modul “RAMBUSI” Berorientasi Budaya Lokal Pembelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 914–924.

Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 91. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p1--13

Latip, A. (2021). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i1.176

Nurhidayati, A., Putro, S. C., & Widiyaningtyas, T. (2018). Penerapan Model Pbl Berbantuan E-Modul Berbasis Flipbook Dibandingkan Berbantuan Bahan Ajar Cetak Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Siswa Smk. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 41(2), 130–138. https://doi.org/10.17977/um031v41i22018p130

Rahmawati, R., Santoso, H., & Asih, T. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Disertai Nilai Karakter Pada Materi Ekosistem Kelas X Sma. Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2022, 126–137. https://prosiding.ummetro.ac.id/index.php/snpb/article/download/48/29

Rosario, T. O., Aji, S. D., & Kumala, F. N. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPA SD “Siklus Kehidupan Hewan” Dalam Bentuk Video Animasi Di Sekolah Dasar. Seminar Nasioanal PGSD UNIKAMA, 5(November), 389–396. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/666%0Ahttps://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/download/666/550

Tampubolon, I. W. (2022). E-Module Development Based on Problem Based Learning (PBL) on Material Class X High School Chemistry Association. Jurnal Mekintek : Jurnal Mekanikal, Energi, Industri, Dan Teknologi, 13(1), 69–74. https://doi.org/10.35335/mekintek.v13i1.123

Vina Serevina, Sunaryo, Raihanati, I Made Astra, I. J. S. (2018). Development of E-Module Based on Problem Based Learning (PBL) on Heat and Temperature to Improve Student’s Science Process Skill. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology –, 17(3), 26–36.

Winanda, K., & Rahmatina, R. (2022). Pengembangan E-Modul Tematik Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional Pada Tema 7 Di Kelas IV SD. Journal of Basic Education Studies, 5(1). https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/5143

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Arisandi, M., Muslihin, H. Y., & Elan, E. (2024). Karakteristik E-Modul berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 312–321. Retrieved from https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/3568