Karakteristik E-Modul berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar
Keywords:
E-Modul, PBL, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik e-modul berbasis PBL yang digunakan dalam pembelajaran, terutama pembelajaran pada tingkat sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Narative Literatur Review (NLR) dengan tahapan penentuan tema, pencarian literatur, pemilihan literatur, analisis dan interpertasi, sampai pada penarikan simpulan. Literatur yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 25 artikel yang sudah diterbitkan pada jurnal mulai dari tahun 2016 sampai 2023. Artikel yang dikaji merupakan hasil proses seleksi yang didasarkan pada kesesuain tema dan tahun publikasi. Analisis data pada penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan penyajian hasil secara naratif sesuai tema yang dikaji. Hasil penelitian mengenai karakteristik e-modul berbasis PBL pada pembelajaran di SD diperoleh sebagai berikut:1) karakteristik umum e-modul berbantung pada aplikasi atau software yang digunakan dalam pengembangannya, sehingga unsur media yang digunakan berbeda-beda. 2) karakteristik e-modul berbasis PBL secara spesifik memiliki tampilan desain yang disesuaikan dengan sintak PBL yang diakomodasi dengan berbagai tampilan seperti video, animasi, LKPD, dan penugasan. 3) karakteristik e-modul berbasis PBL untuk peserta didik SD memuat tampilan desain dan sintak PBL yang lebih sederhana, lebih nyata, dan lebih mudah dioperasikan
Downloads
References
Agustina, D. K. N., Damayanthi, E. P. L., Sunarya, G. M. I., & Putrama, M. I. (2015). Pengembangan E-Modul Berbasis Metode Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X Multimedia di SMK Negeri 3 Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 4(5). https://doi.org/10.23887/karmapati.v4i5.6584
Anggreni, N. N. D., & Agustika, G. N. S. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Problem Based Learning Materi Pecahan Kelas IV di SD No. 2 Sembung. Journal on Teacher Education, 2(3), 35–43.
Aryawan, R., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran Ips Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal EDUTECH Universitas Pedidikan Ganesha, 6(2), 180–191.
Endaryati, S. A., Atmojo, I. R. W., Slamet, S. Y., & Suryandari, K. C. (2021). Analisis E-Modul Flipbook Berbasis Problem Based Learning untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 300. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.56190
Fauhah, H., & Rosy, B. (2020). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334
Ford, E. (2020). Tell Me Your Story: Narrative Inquiry in LIS Research. College & Research Libraries, 81(2), 235. doi:https://doi.org/10.5860/crl.81.2.235
IMANINGTYAS, C. D., KARYANTO, P., NURMIYATI, N., & ASRIANI, L. (2016). Penerapan E-Module Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Mengurangi Miskonsepsi pada Materi Ekologi Siswa Kelas X MIA 6 SMAN 1 Karanganom Tahun Pelajaran 2014/2015. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 4. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v9i1.2004
Jannah, M., Sunaryo, & Catur Wibowo, F. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based learning (PBL) Materi Momentum, Impuls dan Tumbukan. Jurnal Lontar Physics Today, 1(2), 87–96. https://doi.org/10.26877/lpt.v1i2.11160
Kartini, D., Nurul Nurohmah, A., & Wulandari, D. (2022). Relevansi Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Keterampilan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9092–9099.
Khoirurosyadah, R., & Rachmadyanti, P. (2022). Pengembangan E- Modul “RAMBUSI” Berorientasi Budaya Lokal Pembelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 914–924.
Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 91. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p1--13
Latip, A. (2021). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i1.176
Nurhidayati, A., Putro, S. C., & Widiyaningtyas, T. (2018). Penerapan Model Pbl Berbantuan E-Modul Berbasis Flipbook Dibandingkan Berbantuan Bahan Ajar Cetak Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Siswa Smk. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 41(2), 130–138. https://doi.org/10.17977/um031v41i22018p130
Rahmawati, R., Santoso, H., & Asih, T. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Disertai Nilai Karakter Pada Materi Ekosistem Kelas X Sma. Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2022, 126–137. https://prosiding.ummetro.ac.id/index.php/snpb/article/download/48/29
Rosario, T. O., Aji, S. D., & Kumala, F. N. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPA SD “Siklus Kehidupan Hewan” Dalam Bentuk Video Animasi Di Sekolah Dasar. Seminar Nasioanal PGSD UNIKAMA, 5(November), 389–396. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/666%0Ahttps://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/download/666/550
Tampubolon, I. W. (2022). E-Module Development Based on Problem Based Learning (PBL) on Material Class X High School Chemistry Association. Jurnal Mekintek : Jurnal Mekanikal, Energi, Industri, Dan Teknologi, 13(1), 69–74. https://doi.org/10.35335/mekintek.v13i1.123
Vina Serevina, Sunaryo, Raihanati, I Made Astra, I. J. S. (2018). Development of E-Module Based on Problem Based Learning (PBL) on Heat and Temperature to Improve Student’s Science Process Skill. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology –, 17(3), 26–36.
Winanda, K., & Rahmatina, R. (2022). Pengembangan E-Modul Tematik Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional Pada Tema 7 Di Kelas IV SD. Journal of Basic Education Studies, 5(1). https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/5143
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.