Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Konteks Budaya Pada Materi Mekanika
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i2.3514Keywords:
Tes Berbasis Budaya, Pemecahan Masalah, Model 4D,, LawsheAbstract
Kearifan lokal merupakan pengetahuan dan pengalaman kolektif masyarakat dalam interaksi dengan lingkungan mereka. Salah satu tujuan pelestarian dan pengakuan kearifan lokal adalah mempromosikan keragaman budaya dan menjaga pengetahuan tersebut melalui pembelajaran. Pembelajaran yang mengintegrasikan budaya dan kearifan lokal dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kesadaran budaya siswa. Kenyataannya instrumen tes kemampuan pemecahan masalah berkonteks budaya belum banyak ditemukan padahal instrumen ini diperlukan untuk melatih dan mengukur kemampuan pemecahan masalah sekaligus melatih literasi budaya siswa. Berdasarkan itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan instrumen tes pemecahan masalah konteks budaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development / R&D) dengan model 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Instrumen yang dikembangkan sesuai indikator pemecahan masalah dan berkonteks budaya. Pengujian kelayakan instrumen menggunakan uji validitas isi menurut Lawshe, uji reliabilitas dan tingkat kesukaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebanyak 6 butir soal kemampuan pemecahan masalah telah dikembangkan dalam konteks budaya Melayu, Batak Toba dan Minangkabau. Instrumen tes telah memenuhi kelayakan instrumen yang baik meliputi validitas isi, reliabilitas dan tingkat kesukaran sehingga dapat digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa dalam konteks budaya sekaligus dapat menjadi media mengenalkan budaya pada siswa.
Downloads
References
Ade Sintia Wulandari, Ketut Suma, & Ida Bagus Putu Mardana. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Bebas terhadap Peningkatan Literasi Sains Sekolah Menengah Pertama. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(1), 78–88. Https://Doi.Org/10.37630/Jpm.V13i1.822
Alkarima, O., Sumarwati, S., & Suryanto, E. (2022). Muatan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Smp Kelas Viii. Geram, 10(1), 55–67. Https://Doi.Org/10.25299/Geram.2022.Vol10(1).9021
Arifin, S., Zulkardi, Z., Ratu Ilma Indra, P., & Hartono, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp Ditinjau Dari Kemampuan Memahami, Merencana, Dan Menyelesaikan Masalah. Jurnal Gantang, 6(1), 29–38. Https://Doi.Org/10.31629/Jg.V6i1.3050
Arisman, R. (2023). Writing Anxiety Experienced By Junior High School Students. Inspiring: English Education Journal, 6(1), 68–78. Https://Doi.Org/10.35905/Inspiring.V6i1.5068
Asiye, B., & Bilge, C. (2016). An Investigation Of Problem-Solving Skills Of Pre-Service Science Teachers. Educational Research And Reviews, 11(23), 2108–2115. Https://Doi.Org/10.5897/Err2016.3054
Azmi, N., & Festiyed, F. (2023). Meta Analysis: The Influence Of Instrument Assessment On Project-Based Learning Models To Improve 4c Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, 9(4), 2184–2190. Https://Doi.Org/10.29303/Jppipa.V9i4.2606
Chou, P. I., Su, M. H., & Wang, Y. T. (2018). Transforming teacher preparation for culturally responsive teaching in Taiwan. Teaching and Teacher Education, 75, 116-127.
Faif Pasani, C., & Basil, M. (2014). Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Dengan Model Kooperatif Tipe Tai Di Kelas Viii Smpn. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2). Https://Doi.Org/10.20527/Edumat.V2i2.616
Hannania, E., Siswono, T. Y. E., & Rahaju, E. B. (2022). Keterampilan Pemecahan Masalah Kolaboratif Siswa Smp Yang Berbeda Adversity Quotient Pada Materi Segiempat. Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 471. Https://Doi.Org/10.22460/Jpmi.V5i2.10353
Kim, N. J., Belland, B. R., & Walker, A. E. (2018). Effectiveness Of Computer-Based Scaffolding In The Context Of Problem-Based Learning For Stem Education: Bayesian Meta-Analysis. Educational Psychology Review, 30(2), 397–429. Https://Doi.Org/10.1007/S10648-017-9419-1
Kurnia Prahani, B., Jatmiko, B., Hariadi, B., Dewiyani Sunarto, M. J., Sagirani, T., & Amelia, T. (2021). Development Blended Web Mobile Learning Model On Covid-19 Pandemic. Tem Journal, 1879–1883. Https://Doi.Org/10.18421/Tem104-51
Lestari, P . K., Purwanto, A., Sakti, I. (2029). Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Konsep Usaha Dan Energi. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3). 161-168.
Lewis, A., & Smith, D. (1993). Defining Higher Order Thinking, Theory Into Practice, 32 (3) : 131-137.
Martz, D. M., Petroff, A. B., Curtin, L., & Bazzini, D. G. (2009). Gender Differences In Fat Talk Among American Adults: Results From The Psychology Of Size Survey. Sex Roles, 61(1–2), 34–41. Https://Doi.Org/10.1007/S11199-009-9587-7
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakag) Di Smpn Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Di Smp. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175.
Mobo, F. (2021). The Role Of Emerging Trends In Education. International Journal Of Multidisciplinary: Applied Business And Education Research, 2(10), 909–913. Https://Doi.Org/10.11594/Ijmaber.02.10.07
Nisa, A. U. K., Sulardiono, B., & Suprapto, D. (2019). Strategi Pengembangan Ekowisata Di Kawasan Konservasi Mangrove Pantai Kertomulyo, Trangkil, Pati Ecotourism Development Strategy For Mangrove Conservation Area Of Kertomulyo Beach, Trangkil, Pati. Management Of Aquatic Resources Journal (Maquares), 8(3), Article 3. Https://Doi.Org/10.14710/Marj.V8i3.24252
Oecd. (2019). Pisa 2018 Assessment And Analytical Framework. Oecd. Https://Doi.Org/10.1787/B25efab8-En
Payadnya, Suwija & Wibawa. (2023). Learning Mathematics Using An Ethnomathematics Approach: A Systematic Literature Review. Journal Of Higher Education Theory And Practice, 23(7). Https://Doi.Org/10.33423/Jhetp.V23i7.6012
Pasani, C. F., Danaryanti, A., Amelia, R. (2020). Penilaian Pembelajaran Matematika. Malang : Pt. Cita Intrans Selaras.
Prahani, B. K., Susiawati, E., Deta, U. A., Lestari, N. A., Yantidewi, M., Jauhariyah, M. N. R., & Siswanto, J. (2021). Profile Of Students’ Physics Problemsolving Skills And The Implementation Of Inquiry (Free, Guided, And Structured) Learning In Senior High School. Journal Of Physics: Conference Series, 1747(1), 012012.
Purwandari, P ., & Y Usro, A. (2018). Pembelajaran Fisika Menggunakan Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Eksperimen Dan Proyek Ditinjau Dari Kreativitas Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Momentum: Physics Education Journal, 2(1), 39–46.
Rahma, M. A., & Tanjung, Y. PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES FISIKA BERBASIS PENGETAHUAN FAKTUAL PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI SMA. JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN, 8(1), 1-7.
Rahmawati, Y., Baeti, H. R., Ridwan, A., Suhartono, S., & Rafiuddin, R. (2019, December). A culturally responsive teaching approach and ethnochemistry integration of Tegal culture for developing chemistry students’ critical thinking skills in acid-based learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1402, No. 5, p. 055050). IOP Publishing.
Rahmawati, Y., Mardiah, A., Taylor, E., Taylor, P. C., & Ridwan, A. (2023). Chemistry Learning through Culturally Responsive Transformative Teaching (CRTT): Educating Indonesian High School Students for Cultural Sustainability. Sustainability, 15(8), 6925.
Reffiane, F., & Saptono, S. (2021). Developing an Instrument to Assess Students' Problem-Solving Ability on Hybrid Learning Model Using Ethno-STEM Approach through Quest Program. Pegem Journal of Education and Instruction, 11(4), 1-8.
Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, & Muhamad Rizal Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar Di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. Https://Doi.Org/10.31849/Lectura.V12i1.5813
Risdianto, E., Dinissjah, M. L., & Nirwana, M. K. (2020). The Effect Of Ethno Science- Based Direct Instruction Learning Model In Physics Learning On Students’ Critical Thinking Skill. Universal Journal Of Educational Research. 8(2), 611-615.
Rizal, D. A., Zani, M. Z., & Thontowi, Z. S. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Perspektif Pendidikan Humanis Religius . Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 23–38.
Salmia, S., & Yusri, A. M. (2021). The Role Of Teachers In 21st Century Learning During The Covid-19 Pandemic. Indonesian Journal Of
Primary Education, 5(1), 82–92. Https://Doi.Org/10.17509/Ijpe.V5i1.31955
Snively, G., & Corsiglia, J. (2001). Discovering Indigenous Science: Implications For Science Education. Science Education, 85(1), 6–34. Https://Doi.Org/10.1002/1098-237x(200101)85:1<6::Aid-Sce3>3.0.Co;2-R
Suryawan, I., Santyasa, I., & Sudarma, I. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery-Inquiry Terhadap Reduksi Miskonsepsi Dan Prestasi Belajar Fisika. Suryawan, 2020, 10(1), 25–34.
Susilawati, A. S., Kushendar, D. H., & Nurfadhillah, A. (2021). Strategi Penyusunan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Di Kabupaten Bogor Dalam Penanganan Pandemik Covid-19. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(5), 1349–1359.
Sumartini. T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika Stkip Garut, 5 (2), 148-158.
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, 13-28.
Tanjung, Y. I., & Nasution, I. R. (2023). The Development Of Creative Thinking Test Instruments With Torrance Indicators On Direct Current Electricity Materials. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 18(2), 134–143. Https://Doi.Org/10.15294/Jpfi.V18i2.32117
Tanjung, Y. I., & Dwiana, Y. A. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Critical Thinking Skill Pada Materi Gerak Lurus. Inpafi (Inovasi Pembelajaran Fisika), 7(4).
Tanjung, Y. I., & Bakar, A. (2019). Development of Physical Test Instruments Based on the Conceptual Knowledge Dimension of the Revision Bloom Taxonomy. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 141-148.
Tanjung, Y. I., Siregar, A. M., Bakar, A., & Mihardi, S. (2020). The Validity Of Conceptual Knowledge Test On Mechanics Topic. Journal Of Physics: Conference Series, 1462(1), 012002. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1462/1/012002
Tanjung, Y. I., Wulandari, T., Festiyed, F., Yerimadesi, Y., & Ahda, Y. (2023). DEVELOPMENT ANALYSIS OF CREATIVE THINKING TEST INSTRUMENTS ON NATURAL SCIENCE MATERIALS. Jurnal Pendidikan Fisika, 12(1), 22-27.
Uliza, C., Dewiyanti, I., Hasri, I., Muchlisin, Z. A., & Aceh, B. (2017). Pertumbuhan Dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Peres (Osteochilus Vittatus) Pada Beberapa Konsentrasi Vitamin C L-Ascorbyl-2-Phosphate- Magnesium (L-Ap-Mg). 2.
Waller, E., & Kaye, M. H. (2012). Teaching Problem-Solving Skills To Nuclear Engineering Students. European Journal Of Engineering Education, 37(4), 331–342. Https://Doi.Org/10.1080/03043797.2012.691871
Wulaningtyas, R. C., & Sukanti, S. (2016). ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 5(7).
Winarto, W., Sarwi, S., Cahyono, E., & Sumarni, W. (2022). Developing A Problem-Solving Essay Test Instrument (Pseti)In The Instruction Of Basic Science Concepts In Ethnoscience Context. Journal Of Turkish Science Education, 1. Https://Doi.Org/10.36681/Tused.2022.108
Wulandari, E. S., Joko, T., & Suhartono, S. (2021). Hubungan Praktik Kebersihan Perorangan Karyawan Dan Kondisi Lingkungan Kerja Dengan Kejadian Terinfeksi Covid-19 Di Pt X Jakarta Barat. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(5), Article 5. Https://Doi.Org/10.14710/Jkm.V9i5.30873
Wulandari , Y. ., Mahmuda , A. A. ., Astuti , M. D. ., Ariyanto , W. T. ., & Darmadi, D. (2021). Orientasi Pengembangan Dan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 4(2), 317–321.
Yusuf, I. & Widyaningsih, S. W. (2018). Implementasi Pembelajaran Fisika Berbasis Laboratorium Virtual Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Persepsi Mahasiswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 18–28.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.