Implementasi Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Peran Manajerial Kepala Sekolah di SDN 212 Kota Palembang
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.3258Keywords:
Implementasi, Mutu Pendidikan, Manajerial, Kepala Sekolah, SDN 212 Kota PalembangAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi peningkatan mutu pendidikan melalui peran manajerial kepala sekolah di SDN 212 Kota Palembang. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, staf kependidikan, peserta didik dan komite sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah triangulasi. Hasil dalam penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan peningkatan mutu pendidikan di SDN 212 Kota Palembang dilakukan oleh kepala sekolah dengan mengoptimalisasi fungsi manajerial yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian. Perencanaan dilakukan dengan menyusun program kerja sekolah dengan menitikberatkan pada laporan evaluasi diri sekolah (eds). Sedangkan pengorganisasisan dilakukan dengan mendistribusikan tugas dan tanggung jawab kepada seluruh warga sekolah berdasarkan kompetensi mereka masing-masing. Kemudian pelaksanaan dilakukan oleh kepala sekolah dengan berperan aktif dalam mengkoordinir seluruh komponen sekolah untuk berpartisipasi sekaligus berkolaborasi dalam melaksanakan program kerja. Sementara pengendalian dilakukan melalui supervisi akademik dan evaluasi pada setiap program yang telah dijalankan.
Downloads
References
Anjani, N. F., & Dafit, F. (2021). Peran Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 481–488. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40828
Aziz Amrullah. (2015). Peningkatan Mutu Pendidikan. Studi Islam, 10(2), 1–14.
Fatimah, N. (2021). PERANAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH, ETOS KERJA GURU DAN FASILITAS DALAM MENGEMBANGKAN KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DARING. Jurnal Syntax Transformation, 2(11), 1610–1618.
Fitrah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31–42. https://doi.org/10.51878/educator.v2i2.1307
Hendarman. (2014). Problems on the Implementation of School Self-Evaluation. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(1), 74–85. http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/134/124
Heriatin, A., & Setiani, Y. (2021). Peran Majanerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SDN 1 Gegesik Kidul. Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0, 9–16.
Hermanto, M. (2019). Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan Islam. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 4(2), 228–248. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.809
Hile, L. (2012). IMPLEMENTASI PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 KECAMATAN MARPOYAN DAMAI KOTA PEKANBARU. In Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Iskandar, J. (2017). Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah. Jurnal Idaarah, 1(1), 89–95. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i1.105
Jamrizal. (2022). PENGARUH PERENCANAAN, PENGORGANISASIAN DAN PENGAWASAN TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PENDIDIKAN). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 479–488. https://www.dinastirev.org/JMPIS/article/view/1096
Jamroni, Saefudin, R. E., & Faiz, A. (2021). Peran Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah. Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0, 36–42. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90
Jannah, F. (2013). Pendidikan Seumur Hidup dan Implikasinya. Dinamika Ilmu, 13(1), 1–16. https://doi.org/10.21093/di.v13i1.19
Julianto, A. (2019). Kolaborasi Pendidikan Nonformal, Informal, dan Formal dalam Pendidikan Pemuda di Daerah Istimewa Yogyakarta. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 14–22. https://doi.org/10.21831/diklus.v3i1.24644
Juliantoro, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Al-Hikmah, 5(2), 24–38. https://doi.org/10.51878/educator.v2i2.1307
Lestari, D., & Murniati, N. A. N. (2021). PERAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU SDN MUKIRAN 04 KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN SEMARANG. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 10(1), 28–45.
Manora, H. (2019). PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Edification, 1(1), 119–125.
Marjan. (2019). PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMPN 3 SUNGGUMINASA. In UIN Alauddin Makassar.
Muhamad Sholeh. (2016). Kefektifan Peran Keapala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 41–54. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/4630
Mursalim. (2019). Membangun Interkoneksi antara Pendidikan Formal, Non-Formal, dan Informal. Researchgate, August 2008, 1–10.
Nurkholis. (2021). Role of the Principal in Education Supervision Peran Kepala Sekolah dalam Supervisi Pendidikan. 26(2), 306–321.
Rohimat, M. (2019). Implementasi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Prestasi Sekolah Pada SMA Negeri. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 62–70.
Rohman, N. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Perspektif Manajemen Mutu Terpadu Studi Kasus Di Sdut Bumi Kartini Jepara. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 14(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v14i2.625
Rosita, R., Djailani, A., & Khairudin. (2016). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA SD NEGERI UNGGUL MONTASIK. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 4(1), 127–136. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02
Salim, N. A. (2017). Peningkatan Efektivitas Pengelolaan Sekolah Melalui Penguatan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.17977/um025v2i12017p008
Sari, D. N. A., Bafadal, I., & Wiyono, B. B. (2018). Pelaksanaan Supervisi Manajerial dalam Rangka Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 213–221. http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/3497
Siregar, N. P. (2019). PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALITAS GURU DI YAYASAN PERGURUAN UTAMA MEDAN. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Suhayati, I. (2013). Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Budaya Sekolah Dan Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 17(1), 86–95.
Sukmadinata. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
Suti, M. (2011). Strategi Peningkatan Mutu di Era Otonomi Pnedidikan. Jurnal MEDTEK, 3(2), 1–6.
Sutikno, Y., Hosan, & Irawati. (2016). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Yadi. Jurnal Maitreyawira, 3(April), 1–7. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Tanjung, R., Hanafiah, Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296. https://doi.org/10.56436/jer.v1i1.16
Trimono. (2019). Hubungan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 16(1), 207–229.
Triwiyanto, T. (2013). Standar Nasional Pendidikan Sebagai Mutu Layanan Manajemen Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 161–171.
Ulya, W. (2019). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN Wildatun. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 8(2), 1–7. https://doi.org/10.37092/ej.v1i1.88
Yunus, M. (2016). Profesionalisme Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 19(1), 112–128. https://doi.org/10.24252/lp.2016v19n1a10
Zahro, A. M., Sobri, A. Y., & Nurabadi, A. (2018). Kepemimpinan Perubahan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 358–363. https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p358
Zannah, M., & Fitriyanti, E. (2021). Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidik (Keunggulan Dan Prestasi Sekolah) SD Negeri 1 Panembahan. Jurnal Pendidikan Sekolah, 3, 54.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.