Penerapan Media Permainan Word Square Dalam Pembelajaran Materi Lagu Daerah Kelas V SDN 1 Talang

Authors

  • Novita Nur Afifah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Muhroji Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3107

Keywords:

Learning Word Square, Music Arts

Abstract

Student learning outcomes can be divided into three types, namely cognitive learning outcomes related to the material obtained by students, affective learning outcomes related to students' attitudes in carrying out and after the learning process, and student psychomotor learning outcomes related to student skills. The purpose of this study is to determine the application of word square learning media at SDN 1 Talang. The subjects of the study were the principal, teachers and students of SDN 1 Talang. Techniques in data collection namely interviews, observation, and documentation. The results obtained from this study are that SDN 1 Talang has used word square game media in learning, especially folk song material for fifth grade students.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, M. A. (2008). Gambaran Stres dan

Stratefi Coping pada Orang Tua

dengan Anak Tunaganda. Skripsi,

FPSI, UI.

Amalia Dita Rizki, Wahyu Rdiansyah.

(2017). Pembangunan Aplikasi Media

Pembelajaran Lagu Daerah

Berbasis Teknologi Multimedia.

Jurnal ICT: Information

Communication & Technology.

Vol.16, No.2 tahun 2017.

Arikunto, S. Prosedur Penelitian: Suatu

Pendekatan Praktik, VII. Jakarta:

Rineka Cipta.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas

data melalui triangulasi pada

penelitian kualitatif. Jurnal Teknologi

Pendidikan, 10(1), 46-62.

Basar, Zulfa Rahmani, Arifin Maksum, and

Andi Arif Saladin. 2021. “Analisis

Pembelajaran Kooperatif Tipe Word

Square Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran

IPS Di Sekolah Dasar.” Wahana

Sekolah Dasar 29 (2): 71–79.

Burhan, Nurul, Muhammad Misbahul

Munir, and Aan Widiyono. 2022.

“Pengaruh Model Word Square

Terhadap Aktivitas Belajar IPA Siswa

Kelas IV Di Sekolah Dasar.” Journal on

Teacher Education 3 (3): 374–80.

Dwiputri, Irfa Aulia. “EFEKTIVITAS

PENERAPAN MEDIA WORD

SQUARE BERBASIS KOOPERATIF

TIPE STAD PADA MATA

PELAJARAN SENI TARI KELAS VIII

SMPN 3 POLEWALI.” UNIVERSITAS

NEGERI MAKASSAR, 2018.

Farida, Zahrotul, Dkk. (2022). Systematic

Literature Review: Peningkatan Hasil

Belajar Siswa Melalui Penggunaan

Model Team Games Tournament.

Seminar Nasional Lppm Ummat

Universitas Muhammadiyah

Mataram Mataram, 13 Juli 2022

Volume 1 Juli 2022

GOWA, KEC BONTOLEMPANGAN KAB.

“PENINGKATAN HASIL BELAJAR

IPS MELALUI PENERAPAN MODEL

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE

WORD SQUARE PADA MURID

KELAS V SD INPRES

BORONGBULO,” n.d.

Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021).

Penelitian Kualitatif: Studi

Fenomenologi, Case Study, Grounded

Theory, Etnografi, Biografi.

Banyumas: CV. Pena Persada.

Herwandannu, B. (2018). Penerapan

Model Pembelajaran Word Square

Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Ips Siswa Kelas 3 Sdn 2 Slempit

Kedamean Gresik. Jpgsd,06 (12), 2201–

Ikhsani, Putri Amalia, Nurhasanah

Nurhasanah, and Heri Hadi Saputra.

n.d. “PENGARUH MODEL WORD

SQUARE TERHADAP HASIL

BELAJAR MUATAN IPS SISWA

KELAS IV SEKOLAH DASAR.”

Primary: Jurnal Pendidikan Guru

Sekolah Dasar 10 (1): 202–12.

Katadata.Co.Id. Ini Negara Dengan

Penduduk Terbanyak Di Dunia,

Indonesia Urutan Berapa?. Diakses

Online Pada Https://DataboksSeries.Katadata.Co.Id/Datapublish/2

/09/21/Ini-Negara-DenganPenduduk-Terbanyak-Di-DuniaIndonesia-Urutan-Berapa.

Listanti, Winda, Muhammad Sahudra, Dini

Ramadhani, and Sukirno Sukirno.

“Pengaruh Model Pembelajaran

Koperatif Word Square Terhadap

Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8

‘Daerah Tempat Tinggalku’ Di SD

Negeri 7 Langsa.” Journal of Basic

Education Studies 2, no. 1 (September

Novita Nur Afifah1

. | 1684

p- ISSN 2528-2921 e- ISSN 2548-8589 |

Doi: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i1.3107

, 2019): 45–45.

Miles dan Huberman. (1992). Analisis Data

Kualitatif. Jakarta: Universitas

Indonesia Press.

Muhadjir, N. (1996). Metode Penelitian

Kualitatif. Yogyakarta: Ralersarasin.

Panji, Kurnia, Hendri Wince, and Angreni

Siska. “PENINGKATAN HASIL

BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA

KELAS IV PADA PEMBELAJARAN

IPA MENGGUNAKAN

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE

WORD SQUARE DI SDN 06

EMPANG TERAS LUMPO KAB.

PESISIR SELATAN.” Universitas Bung

Hatta, 2020.

Rinjani, Cintia, Dkk. Kajian Konseptual

Model Pembelajaran Word Square

Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Siswa. Jiepp : Jurnal Inovasi, Evaluasi

Dan Pengembangan Pembelajaran

Vol. 1 No. 2 (2021).

Siregar, Zakaria Dan Topan Bilardo

Marpaung. (2020). Pemanfaatan

Teknologi Informasi Dan Komunikasi

(Tik) Dalam Pembelajaran Di

Sekolah. Best: Journal Of Biology

Education, Science, Technology :

Vol.3 No.1 Hal. 61 – 69 Juni 2020.

Strauss, A., & Corbin, J. (2003). Penelitian

Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Subadi, T. (2006). Penelitian Kualitatif.

Surakarta: Muhammadiyah

University Press.

Sugiyono. (2020). Metode Penlitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sulasman Dan Gumilar, S. (2013). TeoriTeori Kebudayaan (Dari Teori Hingga

Aplikasi). Bandung: Cv Pustaka Setia.

Sunyoto, S. (2018). Tradisi Bersih Kali (Studi

Nilai Budaya Dan Potensinya Sebagai

Sumber Pembelajaran Ips Sd).

Gulawentah: Jurnal Studi Sosial Vol. 3,

No. 2, Desember 2018, Hal 79-89.

Utami, Ni Made Melani, Made Putra, and

DB Kt Ngr Semara Putra. 2020.

“Implementasi Nilai-Nilai Tri Kaya

Parisudha Dalam Pembelajaran

Dengan Model Pembelajaran Word

Square Berpengaruh Terhadap

Kompetensi Pengetahuan IPS.” Jurnal

Pendidikan Multikultural Indonesia 3

(2): 94–102.

Widaningsih, Endang. (2018).

Pembelajaran Seni Budaya Dan

Keterampilan Menumbuhkan

Kecerdasan Moral Secara Kompetitif.

Jurnal Pendidikan Dasar

Eduhumaniora Vol 4 No 22 Tahun

Wiguna, D., Rusdiana, A., & Rusmardiana,

A. (2021). Perancangan aplikasi

Pembelajaran Lagu Daerah Berbasis

Android. Jurnal Riset dan Aplikasi

Mahasiswa Informatika (JRAMI) Vol

No 04Tahun 2021

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Nur Afifah, N., & Muhroji, M. (2023). Penerapan Media Permainan Word Square Dalam Pembelajaran Materi Lagu Daerah Kelas V SDN 1 Talang. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1671–1684. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3107