Pengaruh Metode Blended Learning Berbantuan Aplikasi Quiziz Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas IV SD Wilayah 1 Kecamatan Mallawa
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.3068Keywords:
Blended Learning, Quiziz, minat belajar, hasil belajarAbstract
Perubahan zaman ditandai dengan hadirnya perkembangan dan penggunaan alat-alat tekonologi yang sudah semakin canggih, semakin maju, dan semakin digital di dalam kehidupan manusia sehari-hari. Desain penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah desain Pretest-Posttest Control Group Design.Dalam desain ini, penelitian eksperimen, biasanya memiliki dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang diberikan perlakuan atau treatment sedangkan yang kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan apa-apa. Metode blended learning berbantuan aplikasi quiziz berpengaruh terhadap minat belajar pada pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD, Hal ini berdasarkan tableequal variences assumed diperoleh nilai Sig. 0,005< 0,05, danjugaterlihatdarirata-ratakemandirian belajar padastrategi outdoor learningadalah50,00.
Downloads
References
A Rahmawati, A. D. (2019). Determinan Harga Saham Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2019. SEIKO. Journal of Management & Business, Vo. 2 No.
Anas Sudijono. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan, (R. G. Persada (ed.)
Anderson; L. W. dan D. R. Kratwolh. (2015). Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan assesmen revisi taksonomi pendidikan bloom (Pustaka belajar (ed.)
Apriliyani, D., & Khotimah, K. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Aplikasi Quizizz Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring ( Online ) Pada Materi Konflik Di SMP Laboratorium YDWP UNESA. Dialektika Pendidikan IPS, 1(1), 54–68. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/42156
Berto Kristanto Purba. (2017). Pengaruh Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Loyalitas Karyawan. JOM FISIP Universitas Riau, 4.
Chaeruman, U. A., & Pd, M. (2020). Merancang model blended learning designing blended learning. Article
Cholid Narbuko, Abu Achmadi. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (B. Aksara (ed.)
Depdiknas. (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa (PT Gramedia Pustaka Utama (ed.)
Eka Ratnasarianti. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Quiziz Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Bawakaraeng 2 kota Makassar. Tesis
Gultom, M. L., Purba, D. P., Zepria, & Sinaga, R. (2019). Pengaruh Current Ratio (Rasio Lancar), Return on Equity Dan Total Asset Turn Over (Tato) Terhadap Harga Saham Pada Sector Consumer Goods Industry Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Global Manajemen,.
I Made Surat ddk, 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Blended learing terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP NAsional Denpasar
Izdihar, N. (2021). Hubungan Model Pembelajaran Blended Learning dengan Kualitas Pembelajaran Mata Pelajaran Al-Qur’an dan Hadits di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Siti Fatimah Pandaan, Pasuruan. 4(1), 1–23.
Khaliqul Husna. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Quiziz Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Pekan Baru. 6.
Kunandar. (2014). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru.
Littlejohn, Allison & Pegler, C. (2007). Preparing for Blended E-learning. 51.
Nurhadi. (2020). Teori kognitivisme serta aplikasinya dalam pembelajaran. 2, 77–95.
Rafika. (2021). Pengaruh Peggunaan Media Game Eduksi Quizizz Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Viii Smp Al-Rifa’Ie Gondanglegi (Nomor July).
Riyana, cepi. (2018). Learning Object Material.
Riyanto. (2012). Metodologi penelitian pendidikan.
Riyanto, Y. (2016). Metode Penelitian Pendidikan.
Rosmiati Almi. Pengaruh Metode Blended LEarning dan Minat Belajar terhadap HAsil Belajar IPA Fisika Peserta Didik kelas IX SMP Negeri Pangkajene Sidrap
Sukardi. (2014). Metodologi penelitian pendidikan kompetensi dan praktiknya (Bumi Aksara (ed.)).
Syahrin, S. A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas 8 Di Smpn 37 Jakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 1–196.
Trianto. (2017). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi kontruktivistik (Prestasi Pustaka Publish (ed.); Prestasi P).
Wibowo, N. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Aplikasi Edmodo Terhadap Hasil Belajar Dan Keterlibatan Siswa Pada Pokok Bahasan Mata Dan Kacamata Untuk Siswa Kelas Xi Mipa 2 Sma N 1 Ngemplak. Skripsi, 53(9), 1–107.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.