Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan Media Audio - Visual Video Terhadap Kemampuan Higher Order Thinking Skills Pada Pembelajaran IPS dan Self-Efficacy Siswa Kelas IV SD Wilayah II Kecamatan Simbang Kabupaten Maros
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3018Keywords:
treffinger learning model, HOTS, IPSAbstract
Kurikulum pembelajaran di Indonesia beberapa tahun terakhir ini, khususnya dalam kurikulum 2013 memperkenalkan model pembelajaran tematik, yaitu model pembelajaran yang menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses belajar secara aktif. tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan HOTS pada pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD melalui model pembelajaran treffinger berbantuan audio visual video. Model pembelajaran Treffinger berpengaruh terhadap kemampuan berpikir HOTS pada pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD melalui penerapan model pembelajaran treffinger berbantuan media audio visual video Hal ini berdasarkan table equal variences assumed diperoleh nilai Sig. 0,005< 0,05, dan juga terlihat dari rata-rata keterampilan berpikir kritis model pembelajaran Treffinger adalah 60,00.
Downloads
References
Abd. Mukhdid. (2016). Self-Efficacy. Jurnal
tadris, Vol.1.
Anas Sudijono. (2010). Pengantar Statistik
Pendidikan, (R. G. Persada (ed.)).
Aprilia, E. (2017). Pengaruh Model
Pembelajaran Treffinger Berbantuan
Kartu Soal Terhadap Self Efficiacy Dan
Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika. Universitas Islam Negeri
Raden Intan Lampung.
http://repository.radenintan.ac.id/id/
eprint/2918%0Ahttp://repository.rade
nintan.ac.id/2918/1/Skripsi_Lengkap_1
Arbayah. (2013). Model Pembelajaran
Humanistik. 13. No. 2.
Arikunto, S. (2013). (2013). Prosedur
Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik
(Rineka Cipta (ed.)).
Cholid Narbuko, Abu Achmadi. (2013).
Metode Penelitian Pendidikan (B.
Aksara (ed.)).
Eko Febrridiyanto. (2012). Pengaruh Efikasi
Diri (Self Efficacy) Dan Prestasi
Belajar Kewirausahaan Terhadap
Motivasi Bertechnopreneurship Siswa
Jurusan Teknik Instalasi Tenaga
Listrik Smk 1 Sedayu. Jurnal Fakultas
Teknik UNY.
Falahudin, I., & Widyaiswara. (2014).
Pemanfaatan Media dalam
Pembelajaran. Jurnal Kedokteran
Diponegoro, 6(2), 402–416.
Hasanah, N., Suryana, Y., & Nugraha, A.
(2018). PEDADIDAKTKA: JURNAL
ILMIAH PENDIDIKAN GURU
SEKOLAH DASAR Pengaruh Metode
Eksperimen terhadap Pemahaman
Siswa tentang Gaya dapat Mengubah
Gerak suatu Benda. All rights reserved,
(1), 127–139.
http://ejournal.upi.edu/index.php/pe
dadidaktika/index
Iskandar. (2016). Implementasi Teori
Hirarki Kebutuhan Abraham Maslow
Terhadap Peningkatan Kinerja
Pustakawan. 4 no. 1.
Ismail, F. (2014). Evaluasi Pendidikan (T. G.
Press (ed.)).
Kunandar. (2014). Langkah Mudah
Penelitian Tindakan Kelas Sebagai
Pengembangan Profesi Guru.
Nirwana Gita Pratiwi. (2015). Pengaruh Self
Efficacy Terhadap Hasil Belajar Siswa
Kelas V Sekolah Dasar Daerah Binaan
IV Kecamatan Cilacap Selatan
Kabupaten Cilacap. Serang: UNS.
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y.
(2019). Penggunaan Media
Pembelajaran Video terhadap Hasil
Belajar Siswa SD. Indonesian Journal
of Primary Education, 3(2), 64–72.
https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.2210
Nurfadhillah, S., Cahyani, A. P., Haya, A. F.,Ananda, P. S., Widyastuti, T., &
Tangerang, U. M. (2021). Penerapan
Media Audio Visual Berbasis Video
Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV Di
SDN Cengklong 3. Jurnal Pendidikan
dan Dakwah, 3(2), 396–418.
Otang Kurniaman. (2017). Penerapan
Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan
Keterampilan, Sikap, Dan
Pengetahuan. Jurnal Primary Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan Dan Ilmu
Pendidikan Universitas Riau.
Rifa’I, A. & Anni, C. T. (2015). Psikologi
Pendidikan (U. Press (ed.)).
Sari, Y. I., & Putra, D. F. (2015). Pengaruh
Model Pembelajaran Treffinger
terhadap Kemampuan Berpikir Kritis
dan Kreatif Mahasiswa Universitas
Kanjuruhan Malang. Jurnal
Pendidikan Geografi, 20(2), 30–38.
https://doi.org/10.17977/um017v20i220
p030
Schunk, D. H. (2012). Teori-Teori
Pembelajaran Perspektif Pendidikan
(Pustaka belajar (ed.); Translated).
Suprihatin. (2017). Pendekatan Humanistik
Dalam Pengembangan Kurikulum
Pendidikan Agama Islam. 3 No.1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.