Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan Media Audio - Visual Video Terhadap Kemampuan Higher Order Thinking Skills Pada Pembelajaran IPS dan Self-Efficacy Siswa Kelas IV SD Wilayah II Kecamatan Simbang Kabupaten Maros

Authors

  • Rezkyana Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nursalam Universitas Muhammadiyah Makassar, Jl. Sultan Alauddin No. 259 Makassar
  • Sulfasyah Universitas Muhammadiyah Makassar, Jl. Sultan Alauddin No. 259 Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3018

Keywords:

treffinger learning model, HOTS, IPS

Abstract

Kurikulum pembelajaran di Indonesia beberapa tahun terakhir ini, khususnya dalam kurikulum 2013 memperkenalkan model pembelajaran tematik, yaitu model pembelajaran yang menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses belajar secara aktif. tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan HOTS pada pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD melalui model pembelajaran treffinger berbantuan audio visual video. Model pembelajaran Treffinger berpengaruh terhadap kemampuan berpikir HOTS pada pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD melalui penerapan model pembelajaran treffinger berbantuan media  audio visual video Hal ini berdasarkan table equal variences assumed diperoleh nilai Sig. 0,005< 0,05, dan juga terlihat dari rata-rata keterampilan berpikir kritis model pembelajaran Treffinger adalah 60,00.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd. Mukhdid. (2016). Self-Efficacy. Jurnal

tadris, Vol.1.

Anas Sudijono. (2010). Pengantar Statistik

Pendidikan, (R. G. Persada (ed.)).

Aprilia, E. (2017). Pengaruh Model

Pembelajaran Treffinger Berbantuan

Kartu Soal Terhadap Self Efficiacy Dan

Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematika. Universitas Islam Negeri

Raden Intan Lampung.

http://repository.radenintan.ac.id/id/

eprint/2918%0Ahttp://repository.rade

nintan.ac.id/2918/1/Skripsi_Lengkap_1

.pdf

Arbayah. (2013). Model Pembelajaran

Humanistik. 13. No. 2.

Arikunto, S. (2013). (2013). Prosedur

Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik

(Rineka Cipta (ed.)).

Cholid Narbuko, Abu Achmadi. (2013).

Metode Penelitian Pendidikan (B.

Aksara (ed.)).

Eko Febrridiyanto. (2012). Pengaruh Efikasi

Diri (Self Efficacy) Dan Prestasi

Belajar Kewirausahaan Terhadap

Motivasi Bertechnopreneurship Siswa

Jurusan Teknik Instalasi Tenaga

Listrik Smk 1 Sedayu. Jurnal Fakultas

Teknik UNY.

Falahudin, I., & Widyaiswara. (2014).

Pemanfaatan Media dalam

Pembelajaran. Jurnal Kedokteran

Diponegoro, 6(2), 402–416.

Hasanah, N., Suryana, Y., & Nugraha, A.

(2018). PEDADIDAKTKA: JURNAL

ILMIAH PENDIDIKAN GURU

SEKOLAH DASAR Pengaruh Metode

Eksperimen terhadap Pemahaman

Siswa tentang Gaya dapat Mengubah

Gerak suatu Benda. All rights reserved,

(1), 127–139.

http://ejournal.upi.edu/index.php/pe

dadidaktika/index

Iskandar. (2016). Implementasi Teori

Hirarki Kebutuhan Abraham Maslow

Terhadap Peningkatan Kinerja

Pustakawan. 4 no. 1.

Ismail, F. (2014). Evaluasi Pendidikan (T. G.

Press (ed.)).

Kunandar. (2014). Langkah Mudah

Penelitian Tindakan Kelas Sebagai

Pengembangan Profesi Guru.

Nirwana Gita Pratiwi. (2015). Pengaruh Self

Efficacy Terhadap Hasil Belajar Siswa

Kelas V Sekolah Dasar Daerah Binaan

IV Kecamatan Cilacap Selatan

Kabupaten Cilacap. Serang: UNS.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y.

(2019). Penggunaan Media

Pembelajaran Video terhadap Hasil

Belajar Siswa SD. Indonesian Journal

of Primary Education, 3(2), 64–72.

https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.2210

Nurfadhillah, S., Cahyani, A. P., Haya, A. F.,Ananda, P. S., Widyastuti, T., &

Tangerang, U. M. (2021). Penerapan

Media Audio Visual Berbasis Video

Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV Di

SDN Cengklong 3. Jurnal Pendidikan

dan Dakwah, 3(2), 396–418.

Otang Kurniaman. (2017). Penerapan

Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan

Keterampilan, Sikap, Dan

Pengetahuan. Jurnal Primary Program

Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan Dan Ilmu

Pendidikan Universitas Riau.

Rifa’I, A. & Anni, C. T. (2015). Psikologi

Pendidikan (U. Press (ed.)).

Sari, Y. I., & Putra, D. F. (2015). Pengaruh

Model Pembelajaran Treffinger

terhadap Kemampuan Berpikir Kritis

dan Kreatif Mahasiswa Universitas

Kanjuruhan Malang. Jurnal

Pendidikan Geografi, 20(2), 30–38.

https://doi.org/10.17977/um017v20i220

p030

Schunk, D. H. (2012). Teori-Teori

Pembelajaran Perspektif Pendidikan

(Pustaka belajar (ed.); Translated).

Suprihatin. (2017). Pendekatan Humanistik

Dalam Pengembangan Kurikulum

Pendidikan Agama Islam. 3 No.1

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Rezkyana, R., Nursalam, N., & Sulfasyah, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan Media Audio - Visual Video Terhadap Kemampuan Higher Order Thinking Skills Pada Pembelajaran IPS dan Self-Efficacy Siswa Kelas IV SD Wilayah II Kecamatan Simbang Kabupaten Maros. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1526–1541. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3018