Pengembangan Modul Berbasis Literasi Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.2819Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis literasi sains yang valid, efektif dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R & D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV dengan jumlah peserta didik sebanyak 31 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen perangkat pembelajaran, dan Lembar Kerja Peserta Didik serta instrumen pengumpulan data yaitu angket validasi, angket respon guru dan peserta didik. Berdasarkan analisis kevalidan berdasarkan data pengisian instrumen oleh uji ahli dan praktisi baik dari segi desain dan materi menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis literasi sains dinilai sangat valid. Kepraktisan respons siswa terhadap modul meliputi beberapa aspek yaitu petunjuk penggunaan modul diperoleh dengan kategori sangat praktis dan berdasarkan keefktifannya diperoleh dengan kategori sangat efektif dengan kategori efektif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas IV
Downloads
References
Ali, Mudlofir. Pendidik Profesional. Jakarta:
: Raja Grafindo Persada, 2012.
Andi Prastowo. Panduan Kreatif Membuat
Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta:
Diva Press, 2012.
Bundu, Patta. Penilaian Keterampilan
Proses dan Sikap Ilmiah dalam
Pembelajaran Sains. Jakarta:
Depdiknas Dijen- Dikti Direktorat
Ketenagaan, 2016.
Diana, Purwati Zisca, Denik Wirawati, dan
Sholeha Rosalia. “Blended Learning
dalam Pembentukan Kemandirian
Belajar.” Alinea: Jurnal Bahasa,
Sastra, dan Pengajaran 9, no. 1
(2020): 16.
https://doi.org/10.35194/alinea.v9i1.
Dwiningsih, Kusumawati, NFn Sukarmin,
NFn Muchlis, dan Pipit Tri Rahma.
“Pengembangan Media
Pembelajaran Kimia Menggunakan
Media Laboratorium Virtual
Berdasarkan Paradigma
Pembelajaran Di Era Global.”
Kwangsan: Jurnal Teknologi
Pendidikan 6, no. 2 (2018): 156–76.
https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n
p156--176.
Firman, Firman; Walhidayah; Heri
Hermawan; Hilda Hafid;
Walhidayah. “VAKT Method in
EFLTeaching Process : Does it
improve the S tudents ’ Reading
Comprehension ? VAKT Method in
EFLTeaching Process : Does it
Improve the Students ’ Reading
Comprehension ? Introduction.”
Ethical Lingua 8, no. 2 (2021): 449–
https://doi.org/10.30605/25409190.3
Haerudin. “Pengaruh Pendekatan Scientific
Terhadap Kemampuan Penalaran
Dan Komunikasi Matematik Dan
Kemandirian Belajar” 1 (2014).
http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id
/files/2014/01/Prosiding-15-
Januari2014.pdf.
Harta, Idris, Sulawesi Tenggara, dan
Pabelan Kartasura. “Pengembangan
Modul Pembelajaran untuk
Meningkatkan Pemahaman Konsep
dan Minat SMP.” Pengembangan
Modul Pembelajaran untuk
Meningkatkan Pemahaman Konsep
dan Minat SMP 9, no. 2 (2014): 161–
https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.907
Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,
Samatowa, Usman. Pembelajaran IPA di
Sekolah dasar. Jakarta: Indeks, 2011.
Sugiyono. Metode Peneltian Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta, 2015.
Taufiq, M, N R Dewi, dan A Widiyatmoko.
“Pengembangan media
pembelajaran ipa terpadu
berkarakter peduli lingkungan tema
‘konservasi’ berpendekatan scienceedutainment.” Jurnal Pendidikan
IPA Indonesia 3, no. 2 (2014): 140–45.
Warsita, Bambang. Teknologi Pembelajaran
Dan Aplikasinya. Jakarta: PT Rineka
Cipta, 2014.
Widyatiningtyas, R. “Pembentukan
Pengetahuan Sains, Teknologi dan
Masyarakat dalam Pandangan
Pendidikan IPA.” EDUCARE: Jurnal
Pendidikan dan Budaya, 2008
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.