Pengembangan Modul Berbasis Literasi Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV

Authors

  • Nurul Fahmi Unismuh Makassar
  • Nurlina Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sualfasyah Universitas Muhammadiyah Makassar, Jln. Sultan Alauddin No. 259 Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.2819

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis literasi sains yang valid, efektif dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R & D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV dengan jumlah peserta didik sebanyak 31 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen perangkat pembelajaran, dan Lembar Kerja Peserta Didik serta instrumen pengumpulan data yaitu angket validasi, angket respon guru dan peserta didik. Berdasarkan analisis kevalidan berdasarkan data pengisian instrumen oleh uji ahli dan praktisi baik dari segi desain dan materi menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis literasi sains dinilai sangat valid. Kepraktisan respons siswa terhadap modul meliputi beberapa aspek yaitu petunjuk penggunaan modul diperoleh dengan kategori sangat praktis dan berdasarkan keefktifannya diperoleh dengan kategori sangat efektif dengan kategori efektif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas IV

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Mudlofir. Pendidik Profesional. Jakarta:

: Raja Grafindo Persada, 2012.

Andi Prastowo. Panduan Kreatif Membuat

Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta:

Diva Press, 2012.

Bundu, Patta. Penilaian Keterampilan

Proses dan Sikap Ilmiah dalam

Pembelajaran Sains. Jakarta:

Depdiknas Dijen- Dikti Direktorat

Ketenagaan, 2016.

Diana, Purwati Zisca, Denik Wirawati, dan

Sholeha Rosalia. “Blended Learning

dalam Pembentukan Kemandirian

Belajar.” Alinea: Jurnal Bahasa,

Sastra, dan Pengajaran 9, no. 1

(2020): 16.

https://doi.org/10.35194/alinea.v9i1.

Dwiningsih, Kusumawati, NFn Sukarmin,

NFn Muchlis, dan Pipit Tri Rahma.

“Pengembangan Media

Pembelajaran Kimia Menggunakan

Media Laboratorium Virtual

Berdasarkan Paradigma

Pembelajaran Di Era Global.”

Kwangsan: Jurnal Teknologi

Pendidikan 6, no. 2 (2018): 156–76.

https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n

p156--176.

Firman, Firman; Walhidayah; Heri

Hermawan; Hilda Hafid;

Walhidayah. “VAKT Method in

EFLTeaching Process : Does it

improve the S tudents ’ Reading

Comprehension ? VAKT Method in

EFLTeaching Process : Does it

Improve the Students ’ Reading

Comprehension ? Introduction.”

Ethical Lingua 8, no. 2 (2021): 449–

https://doi.org/10.30605/25409190.3

Haerudin. “Pengaruh Pendekatan Scientific

Terhadap Kemampuan Penalaran

Dan Komunikasi Matematik Dan

Kemandirian Belajar” 1 (2014).

http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id

/files/2014/01/Prosiding-15-

Januari2014.pdf.

Harta, Idris, Sulawesi Tenggara, dan

Pabelan Kartasura. “Pengembangan

Modul Pembelajaran untuk

Meningkatkan Pemahaman Konsep

dan Minat SMP.” Pengembangan

Modul Pembelajaran untuk

Meningkatkan Pemahaman Konsep

dan Minat SMP 9, no. 2 (2014): 161–

https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.907

Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,

Samatowa, Usman. Pembelajaran IPA di

Sekolah dasar. Jakarta: Indeks, 2011.

Sugiyono. Metode Peneltian Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta, 2015.

Taufiq, M, N R Dewi, dan A Widiyatmoko.

“Pengembangan media

pembelajaran ipa terpadu

berkarakter peduli lingkungan tema

‘konservasi’ berpendekatan scienceedutainment.” Jurnal Pendidikan

IPA Indonesia 3, no. 2 (2014): 140–45.

Warsita, Bambang. Teknologi Pembelajaran

Dan Aplikasinya. Jakarta: PT Rineka

Cipta, 2014.

Widyatiningtyas, R. “Pembentukan

Pengetahuan Sains, Teknologi dan

Masyarakat dalam Pandangan

Pendidikan IPA.” EDUCARE: Jurnal

Pendidikan dan Budaya, 2008

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Fahmi, N., Nurlina, N., & Sualfasyah, S. (2023). Pengembangan Modul Berbasis Literasi Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1508–1518. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.2819