PENGARUH PENGGUNAAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD NEGERI I CIOMAS

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD NEGERI I CIOMAS

Authors

  • Muhammad Noor STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Elih Ratna Asih, ERA STKIP Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.28

Keywords:

Active Learning, Card Sort , Keamampuan Membaca Permulaan

Abstract

Pengaruh Penggunaan Model Card Sort terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri I Ciomas. Penelitian ini dilatar belakangi oleh karena rendahnya kemampuan membaca siswa kelas I SD Negeri I Ciomas, dari jumlah siswa 23, ada 16 siswa yang belum lancar membaca. Oleh sebab itu, kemampuan membaca siswa harus ditingkatkan salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran card sort. Model pembelajaran ini menekankan pada keaktifan siswa, guru hanya bertindak sebagai fasilitator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model active learning tipe card sort terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 1 Ciomas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas I SD Negeri 1 Darma yang berjumlah 23 siswa teknik sampel menggunakan total sampling. Pengumpulan data dengan cara pemberian tes awal dan tes akhir sebagai data primer, serta lembar administratif lainnya digunakan sebagai data sekunder. Hasil pretest menunjukkan nilai rata-rata 57,07, sedangkan hasil postest memperoleh nilai rata-rata sebesar 73,19. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa menjadi mengalami peningkatan ditunjang dengan uji t diperoleh thitung = 6,43 dan ttabel 2,02. Karena 6,43 > 2,02 maka H0 ditolak H1 diterima, artinya terdapat peningkatan kemampuan siswa pada aspek membaca dengan menggunakan model active learning tipe card sort.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-04-17 — Updated on 2020-07-06

Versions

How to Cite

Noor, M., & Asih, E. R. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD NEGERI I CIOMAS: PENGARUH PENGGUNAAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD NEGERI I CIOMAS. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 167–175. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.28 (Original work published April 17, 2017)