KECERDASAN LOGIKA-MATEMATIKA DI LIHAT DARI KECERDASAN MAJEMUK SISWA SMA DI BREBES SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.270Keywords:
Instrumen, Kecerdasan Majemuk, Karir, SMAAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh diperlukannya informasi tentang kondisi kecerdasan logika-matematika siswa SMA, untuk mengungkap kecerdasan yang dimiliki siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kecerdasan logika –matematikasiswa SMA diwilayah Brebes. Metode yang digunakan adalah metode Kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada siswa SMA, objek penelitian adalah siswa SMA seBrebes. Untuk sampel yang diambil adalah Brebes selatan dari 3 (tiga) kecamatan yaitu Bumiayu, Sirampog dan Paguyangan dari ketiga kecamatan tersebut di ambil 5 (Lima) sekolahan SMA diwilayah Kabupaten Brebes Selatan.
Hasil penelitian siswa yang memiliki kecerdasan linguistik sebanyak 17 siswa sebesar 13,49 %, kecerdasan Logika 9 Siswa sebesar 7,14 %, kecerdasan musikal sebanyak 6 siswa sebesar 4,76 %, kecerdasan visual sebanyak 22 siswa sebesar 17,46 %, Kecerdasan Tubuh sebanyak 24 Siswa sebesar 19,05 %, Kecerdasan Interpersonal sebanyak 26 Siswa sebesar 20,63%, kecerdasan Intrapersonal sebanyak 18 siswa sebesar 14,29 %, kecerdasan Natural sebanyak 4 siswa sebesar 3,17 % hal tersebut menunjukan bahwa siswa yang memiliki kecerdasan Logika Matematika yaitu sebanyak 9 siswa dan sebesar 7,14% dari 126 siswa.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2020-07-06 (2)
- 2018-10-30 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.