Implementasi model talking stick untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan self regulated learning siswa
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i1.2678Keywords:
Model talking stick, Kemampuan berbicara, self regulated learningAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peningkatan kemampun berbicara dan Self regulated learning (SRL) siswa dalam menerapkan model talking stick. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan rancangan nonequivalentcontrol group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 4 Rajabasa Lama tahun ajaran 2021/2022 . Teknik sampling yang digunakan yaitu Total Sampling yang berjumlah 30 siswa kelas Va dan 30 siswa kelas Vb . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggnakan teknik tes yang berupa soal uraian, serta teknik non tes menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan anlisis kuantitatif, uji gain score dan uji-t. Hasil perhitungan independent sample t_test menunjukkan bahwa t hitung 9,168 untuk kemampuan berbicara dan t tabel 2,052 yang berarti bahwa t hitung > t tabel Perubahan hasil juga terjadi pada kemampuan Self regulated learning(SRL) dengan hasil perhitungan independent sample t_test menunjukkan bahwa t hitung 3,283 yang berarti bahwa t hitung > t tabel dan nilai rata-rata n gain kemampuan berbicara kelas experimen sebesar 0,3642 termasuk dalam kategori sedang, sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 0,0227 termasuk dalam kategori rendah. Selanjutnya pada nilai rata-rata kemampuan Self regulated learning(SRL) siswa kelas experimen sebesar 0,1756 termasuk dalam kategori tinggi sedangkan N Gain kelas kontrol sebesar 0,987. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berbicara siswa dan kemampuan Self regulated learning(SRL) siswa pada kelas experimen yang menggunakan model talkig stick lebih tinggi daripada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional.
Downloads
References
Arjanggi, R., & Setiowati, E. A. (2013). Meningkatkan belajar berdasar regulasi diri melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Makara Seri Sosial Humaniora, 17(1), 55-63.
Astuti, R. K. (2019). Pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap keterampilan berbicara siswa kelas v sd negeri sridadi 02 tahun pelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Peradaban
Azmi, S. (2016). Self regulated learning salah satu modal kesuksesan belajar dan mengajar. In Jurnal Seminar Asean, Psychology dan Humanty.
Dinas, P., & Trenggalek, K. K. (2016). KONTRIBUSI SELF REGULATED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN.
Fithriyani, M. (2014). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap keterampilan berbicara siswa kelas v pada materi mengomentari persoalan faktual: Kuasi Eksperimen di Sekolah Dasar Negeri Serang 3 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Kusaeri, K., & Mulhamah, U. N. (2016). Kemampuan regulasi diri siswa dan dampaknya terhadap prestasi belajar matematika. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 1(1), 31-42
Nurjanah, A. A., Dahlan, S., & Utaminingsih, D. (2017). Hubungan Regulasi Diri Dengan Perencanaan Karir Siswa. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 5(5).
Octavia, shilphya (2020) Model-model pembelajaran. sleman yogyakarrta
Oktorida, R. M. (2022). Pengaruh pembelajaran pada masa new normal terhadap self regulated learning siswa Kelas V SD Negeri 1 Pagelaran Kabupaten Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Schunk, D. H & Zimmerman B. J. 1998. Self – regulated learning Peformance: Issues and educational applications. Hilsade, NJ. Lawrence Er Erlbaum Associates, Inc
Schunk, D. H., & Zimmerman, B. J. (1994). Self-regulation of learning and performance: Issues and educational applications. Lawrence Erlbaum Associates, Inc
Shoimin, Aris. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media 2014
Sudiana, I. W. (2012). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Bermain Peran terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Ditinjau dari Bakat Verbal Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bangli. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 2(2).
Sugiyono 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suprijono, Agus. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009
Yunani, L. T. Tingkat Self Regulated Learning Peserta Didik Pada Pembelajaran IPS di Prhatumnuk Suankularb School Thailand dan SMP Negeri 1 Jember.
Zimmerman, B. J. (2004). A social cognitive view of self-regulated academic learning. Journal of Educational Psychology, 4, (2), 22-63
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.