Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Murid Kelas V SD Gugus 1 Wilayah 1 Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.2430Keywords:
Lingkungan Sekolah, hasil belajar IPSAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hasil Belajar, aktivitas Belajar, dan pengaruh yang signifikan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar ( taman sekolah )terhadap hasil belajar IPS murid kelas 5 SD gugus 1 wilayah 1 Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru. Penelitian menggunakan desain Pretest-Postest. Populasi penelitian ini adalah SD Inpres Padang Lampe Kecamatan Pujananting dan sampel penelitian adalah kelas V berasal dari dua sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan pendekatan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS SD Inpres Padang Lampe kecamatan pujananting dengan penggunaan taman sekolah sebagai sumber Belajar efektif dengan peningkatan nilai rata-rata selama pelaksanaan pre dan posttest. Aktivitas Belajar siswa pada kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan aktivitas Belajar di kelas control. Sehingga dengan demikian maka penggunaan lingkungan belahar sebagai sumber Belajar dapat menjadi slaah satu pendekatan yang dapat digunakan sebagai variasi pembelajaran. Hasil uji F diperoleh nilai probabilitas (p-value) sebesar 0,001. Karena nilai probabilitas (p-value) lebih kecil dari 0,050 artinya model regresi dalam penelitian ini dapat dikatakan bahwa X (pemanfaatan lingkungan belajar) berpengaruh terhadap Y (hasil Belajar siswa).
Downloads
References
Ahmad Rivai, Nana Sudjana. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ahmad Susanto. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada.
Ali Gunawan, Muhammad. (2015). Statistik Penelitian Bidang pendidikan. Psikologi dan Sosial. Yogyakarta: Parama Publishing.
Barlia, Lily. 2016. Mengajar Dengan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar.Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dini Haryati. 2016. Efektivitas Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Makassar. Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 3 No. 2, December 2016, pp. 80-96. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Hamalik Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Harry Firman. 2015. Ciri-ciri efektivitas: Jakarta.
Haryati, Dini. 2017. Efektivitas Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil BelajarPeserta DidikPada Mata Pelajaran IPAKelas IV SD Inpres BTN IKIP I Makassar. Undergraduate (S1) thesis, Univeritas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Hermaya. 2016. Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosional (Alih. Bahasa: T. Hermaya). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Iskandar. 2012. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jambi: Gaung Persada (GP) Press.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. ragam pengembangan model pembelajaran untuk meningkatkan profesionalitas guru. Jakarta: Kata Pena.
Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Lestari dan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Miftakhul Jannah. 2015. Efektivitas Penggunaan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Materi Ipa Pokok Bahasan Ekosistem Pada Kelas VII SMPN 2 Pringapus Kabupaten Semarang Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan MIPA, Vol 3, No 2 (2013) Universitas Islam Negeri Walosongo. Semarang
Moha, Hatim. 2015. “Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango” Jurnal Penelitian Pendidikan, Gorontalo: Fak. Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Diakses dari http://enprints.uny,ac.id/SKRIPSI. PDF. 16 September 2015.
Mohamad Syarif Sumantri. 2015. Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Mulyasa, E. (2016). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ni Kade Bintarini, A.A.I.N. Marhaeni, I Wayan Lasmawan. 2013. Determinasi Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Gaya Belajar Dan Pemahaman Konsep IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Gugus Yudistira Kecamatan Negara. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar (Volume 3 Tahun 2013). Universitas Pendidikan Ganesha
Nurgiyantoro. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: BPFE
Riding dan Rayner, 2014. Cognitive Styles and Learning Strategies. London: David Fulton Publishers.
Rina Munawar Istiani dan Amin Retnoningsih. 2015. Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Menggunakan Metode Post To Post Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Journal of Biology Education Vol 4 No 1 (2015) /. Universitas Negeri Semarang Indonesia
Rusman, T. 2013. Model-Model Pembelajaran. Bandung: Mulis Mandiri Pers.
Saada, Khozinatus. 2014. “Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Yakti Kebonagung, Tegalrejo, Magelang”. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Diakses dari http://enprints.uny,ac.id/ SKRIPSI.PDF.
Sardiman, AM. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudirman, R. Raharjo dan Amung H, 2015. Media Pendidikan, Jakarta: Grafindo Persada.
Sudjana Wina. 2017. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif: Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif. Bandung: Alfabeta
Suprayekti. 2016. Interaksi Belajar Mengajar. Depdiknas. Jakarta.
Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.