Implikasi Connectivisme Sebagai Alternatif Teori Belajar Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Sofie Putri Ardillani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Alfi Aristiyani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Endang Fauziati Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Connectivisme, Teori Belajar, Pembelajaran Daring

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis implikasi dari pembelajaran daring dengan menggunakan teori belajar conectivisme. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitin ini menggunakan metode kepustakaan (Library reserach). Hasil penelitian dapat di ketahui bahwa pembelajaran daring yang sering dilakukan pada saat pandemi covid-19 seperti sekarang ini memerlukan teori belajar connectivisme untuk mendistribusikan ilmu pengetahuan yang di fasilitasi dalam jaringan internet agar tetap terhubung satu sama lain. Penggunaan teori belajar connectivisme dalam pembelajaran daring mengharuskan guru untuk mengubah paradigma pembelajaranya dengan cara memanfaatkan berbagai fasilitas yang tersedia seperti leptop, smartphone dan juga natebook untuk membantu aktifitas pembelajaran. Aplikasi-aplikasi yang harus di kuasai oleh pendidik dan peserta didik agar proses belajar mengajar tetap berlangsung seperti Zoommeeting, Googlemet dll. Adapun ciri-ciri dari teori belajar conectivisme yaitu; mengikuti blog seseorang yang bermanfaat untuk di jadikan sumber belajar, menggunakan web atau layanan lainya yang terkoneksi dalam jaringan internet dalam praktek pembelajaran, mendorong peserta didik untuk memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dengan cara mengakses berbagai platforms media sosial yang memperkaya pengetahuan dan refrensi belajar mereka, memproses informasi yang di dapatkan dari berbagai sumber dengan selektif dan kritis untuk di jadikan sebagai sumber belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmendri dan Sari. (2018). Analisis teori belajar pada pengembangan Model Blended Learning dengan facebook (MBL-FB). volume 4 nomor 2.

Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekata Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Bell, F. 2009. “Connectivism: a network theory for teaching and learning in aconnected world',Educational Developments, The Magazine of the Staff and Educational Development Association,” 10 (3).http://www.seda.ac.uk/ index.php?p=5_4_1

Downes, S. 2005. An Introduction to Connective Knowledge. http://www. Downes.ca/cgibin/page.cgi?post=33034

Khatibah. 2011. Penelitian kepustakaan. Jurnal Iqra’ Volume 05 No.01. pp 36-39.

Luluk Zulaika. 2015. 2015. “Interaksi Digital, Motivasi Belajar Dan Aplikatif Connectivisme Pada Peserta Didik”. Jurnal Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UM.

Miftahul Jannah Akmal & Rustan Santaria. 2020. Mutu Pendidikan Era Revolusi 4.0 di Tengah Covid-19. Journal of Teaching and Learning Research

Muta'in. (2016). Model pembelaj aran connectivism untuk meningkat kan pemecahan masalah keteram pilan belajar siswa di MTs. Nurul Jadid Kota Mojokerto.Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 123-132.

Moore Joi, D., G & Krista.2011 E-Learning, online learning, and dis tance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education 14 129–135. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001

firman,Muhammad, Karim. 2013. Pembelajaran Entreupreneurship Melalui Online Berdasarkan Connectivism. http://www.pustaka.ut.ac.id/dev25/fisip2013/ pdf. Diakses tanggal 13 Januari 2022 19:00 pm

Siemens, G. 2004. Connectivism: A Learning Theory for the Digital Age. http://www.elearnspace.org/Articles/ connectivism.htm

Santrock, John W. 2010. Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Alih bahasa Tri Wibowo. Jakarta: Kencana

Gredler, Margaret E. 2011. Learning and Instruction: Teori dan Aplikasi. Alih Bahasa Tri Wibowo. Jakarta: Kencana Wirawan. (2017). Penerapan Teori Conectivism Dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar. Volume 6 Nomor 4.

Zed, Mestika, 2008. Metode Penelitian kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Ardillani, S. P., Alfi Aristiyani, & Endang Fauziati. (2022). Implikasi Connectivisme Sebagai Alternatif Teori Belajar Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1432–1438. Retrieved from https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/2386