Desain Didaktis Sifat-Sifat Jajargenjang Berbasis Model Pembelajaran Spade Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar
Keywords:
Learning Obstacle, Rectangle, Didactical Design Research (DDR), SPADE Learning ModelAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh learning obstacle pada hasil studi pendahuluan yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 1 Sukamulya kelas III tentang materi sifat-sifat jajargenjang. Learning obstacle mengakibatkan pemahaman peserta didik terhadap sifat-sifat jajargenjang akan mengalami hambatan, diperoleh suatu konklusi bahwa intinya peserta didik masih kesulitan dalam memahami konsep materi jajargenjang sesuai sifat-sifatnya. hambatan belajar yang terjadi pada peserta didik harus diantisipasi menggunakan pembelajaran yang bisa mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan peneliti merancang sebuah desain pembelajaran untuk meminimalisir hambatan belajar tentang materi sifat-sifat jajargenjang yang disebut dengan Desain Didaktis (Didactical Design Research) yang terdiri tiga tahapan yaitu analisis situasi didaktis sebelum pembelajaran yang wujudnya berupa Desain Didaktis Hipotesis termasuk ADP, analisis Metapedadidaktik, serta analisis restrosfektif yang mengaitkan yang akan terjadi analisis situasi didaktis hipotesis dengan hasil analisis Metapedadidaktik. Desain didaktis ini berbasis model Pembelajaran SPADE (Singing,Playing,Analyzing,Discussing,Evaluating). Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 1 Sukamulya Kabupaten Ciamis di kelas III, penelitian ini memakai teknik pengumpulan data yaitu teknik triangulasi yang artinya perpaduan antara data dari observasi, wawancara serta studi dokumentasi yg diolah dan disajikan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun alur kegiatan pembelajaran peserta didik berupa HLT (hypothetical learning trajectory) beserta Antisipasi Didaktis Pedagogis (ADP) sesuai learning obstacle. Penelitian ini menghasilkan pengembangan materi ajar berupa lembar kegiatan siswa (LAS) untuk meminimalisir hambatan belajar pada materi sifat-sifat jajargenjang pada kelas III.
Downloads
References
Afrianti, D.A., & Karlimah, d. H. (2016). Desain Didaktis Pengelompokan Bangun Datar untuk Mengembangkan Komunikasi Matematis Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Journal: Pedadidaktika,150-158
Aisyah , N. D. (2014). Pengembangan Pembelajaran Matematika. Journal Pedadidaktika2. 1-4.18.
Ahmad, Susanto (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:Kencana Prenada Media Group
Depdiknas. 2013 Kurikulum 2013. Depdiknas Jakarta
Gazali. (2016). Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Match Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3).
Ibda, F. (2015) Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 27-28.
Jannah, U.R. (2013). Teori Dienes dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal : Jurnal Interaksi. 8 (2), 126-131
Mursalin. (2016). Pembelajaran Geometri Bidang Datar di Sekolah Dasar Berorientasi Teori Belajar Piaget. Jurnal : Jurnal Dikma. 4 (2)
Nur’aeni, E dkk. 2016 . Konsep Dasar Geometri. Tasikmalaya: Hibah Buku UPI
Nur’aeni, E . (2010) . Pengembangan Kemampuan Komunikasi Geometris Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Saung Guru, 1(2), 28-34
Nur’aeni, E dk. (2018) Pengembangan Model Pembelajaran Geometri Berbasis Permainan Tradisional Kampung Naga untuk Siswa Sekolah Dasar. Hasil Penelitian Dan Dikti Tahun Ke-1
Nursaidah, A. Nur’aeni, E. & Pranata O. H. (2018) Desain didaktis sifat-sifat persegi dan persegi panjang bebrbasis permainan tradisional oray-orayan di sekolah dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 5 (3), hlm. 10-20
Rahmat, P.S. (2009). Penelitian Kualitatif. Jurnal : EQUILIBRIUM. 5 (9), 1-8.
Rusman, (2011). Model-model pembelajaran. jakarta : Rajawali Pers.
Sundari, H. (2015) Model-Model Pembelajaran dan Pemerolehan Bahasa Kedua/Asing. Journal Punjangga, 1(2), 106-117.
Subagiyo. (2016) Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).Bandung: Alfabeta
Suryadi, D (2013) Didactial Design Research (DDR) dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika dan Pendidikan Matematika. Cimahi: STIKIP Siliwangi.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Yeni, E M. (2015). Kesulitan Belajar matematika di sekolah dasar. JUPENDAS : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), hlm. 1-10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.