Desain Didaktis Sifat-Sifat Jajargenjang Berbasis Model Pembelajaran Spade Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Siti Nurhalimah Halim Universitas Pendidikan Indonesia
  • Epon Nuraeni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rosarina Giyartini Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Learning Obstacle, Rectangle, Didactical Design Research (DDR), SPADE Learning Model

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh learning obstacle pada hasil studi pendahuluan yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 1 Sukamulya kelas III tentang materi sifat-sifat jajargenjang. Learning obstacle mengakibatkan pemahaman peserta didik terhadap sifat-sifat jajargenjang akan mengalami hambatan, diperoleh suatu konklusi bahwa intinya peserta didik masih kesulitan dalam memahami konsep materi jajargenjang sesuai sifat-sifatnya. hambatan belajar yang terjadi pada peserta didik harus diantisipasi menggunakan pembelajaran yang bisa mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan peneliti merancang sebuah desain pembelajaran untuk meminimalisir hambatan belajar tentang materi sifat-sifat jajargenjang yang disebut dengan Desain Didaktis (Didactical Design Research) yang terdiri tiga tahapan yaitu analisis situasi didaktis sebelum pembelajaran yang wujudnya berupa Desain Didaktis Hipotesis termasuk ADP, analisis Metapedadidaktik, serta analisis restrosfektif yang mengaitkan yang akan terjadi analisis situasi didaktis hipotesis dengan hasil analisis Metapedadidaktik. Desain didaktis ini berbasis model Pembelajaran SPADE (Singing,Playing,Analyzing,Discussing,Evaluating). Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 1 Sukamulya Kabupaten Ciamis di kelas III, penelitian ini memakai teknik pengumpulan data yaitu teknik triangulasi yang artinya perpaduan antara data dari observasi, wawancara serta studi dokumentasi yg diolah dan  disajikan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun alur kegiatan pembelajaran peserta didik berupa HLT (hypothetical learning trajectory) beserta Antisipasi Didaktis Pedagogis (ADP) sesuai learning obstacle. Penelitian ini menghasilkan pengembangan materi ajar berupa lembar kegiatan siswa (LAS) untuk meminimalisir hambatan belajar pada materi sifat-sifat jajargenjang pada kelas III.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrianti, D.A., & Karlimah, d. H. (2016). Desain Didaktis Pengelompokan Bangun Datar untuk Mengembangkan Komunikasi Matematis Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Journal: Pedadidaktika,150-158

Aisyah , N. D. (2014). Pengembangan Pembelajaran Matematika. Journal Pedadidaktika2. 1-4.18.

Ahmad, Susanto (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:Kencana Prenada Media Group

Depdiknas. 2013 Kurikulum 2013. Depdiknas Jakarta

Gazali. (2016). Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Match Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3).

Ibda, F. (2015) Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 27-28.

Jannah, U.R. (2013). Teori Dienes dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal : Jurnal Interaksi. 8 (2), 126-131

Mursalin. (2016). Pembelajaran Geometri Bidang Datar di Sekolah Dasar Berorientasi Teori Belajar Piaget. Jurnal : Jurnal Dikma. 4 (2)

Nur’aeni, E dkk. 2016 . Konsep Dasar Geometri. Tasikmalaya: Hibah Buku UPI

Nur’aeni, E . (2010) . Pengembangan Kemampuan Komunikasi Geometris Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Saung Guru, 1(2), 28-34

Nur’aeni, E dk. (2018) Pengembangan Model Pembelajaran Geometri Berbasis Permainan Tradisional Kampung Naga untuk Siswa Sekolah Dasar. Hasil Penelitian Dan Dikti Tahun Ke-1

Nursaidah, A. Nur’aeni, E. & Pranata O. H. (2018) Desain didaktis sifat-sifat persegi dan persegi panjang bebrbasis permainan tradisional oray-orayan di sekolah dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 5 (3), hlm. 10-20

Rahmat, P.S. (2009). Penelitian Kualitatif. Jurnal : EQUILIBRIUM. 5 (9), 1-8.

Rusman, (2011). Model-model pembelajaran. jakarta : Rajawali Pers.

Sundari, H. (2015) Model-Model Pembelajaran dan Pemerolehan Bahasa Kedua/Asing. Journal Punjangga, 1(2), 106-117.

Subagiyo. (2016) Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).Bandung: Alfabeta

Suryadi, D (2013) Didactial Design Research (DDR) dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika dan Pendidikan Matematika. Cimahi: STIKIP Siliwangi.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Yeni, E M. (2015). Kesulitan Belajar matematika di sekolah dasar. JUPENDAS : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), hlm. 1-10.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Halim, S. N., Nuraeni, E., & Giyartini, R. (2022). Desain Didaktis Sifat-Sifat Jajargenjang Berbasis Model Pembelajaran Spade Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1416–1422. Retrieved from https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/2281