Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visual, Inteletual) Berbantuan Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VI SD Inpres Tarailu Kecamatan, Sampaga Kabupaten Mamuju

Authors

  • Nur Akbar Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syarifuddin Kune Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Evi Ristiana Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i1.2273

Keywords:

Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual), Kemampuan Pemecahan Masalah, Hasil Belajar IPA.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) Berbantuan Video Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar IPA pada Materi Sifat-Sifat Magnet Kelas VI SD Inpres Tarailu Kecamatan Sampaga Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat. Penelitian ini menggunakan metode  experimental. Jenis desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VI sekolah dasar gugus 1 Kecamatan Sampaga Kabupaten Mamuju dengan jumlah 117 peserta didik. Dengan menggunakan tehnik random sampling maka sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik SD Inpres Tarailu kelas VI.A sebagai kelas eksperimen berjumlah 33 peserta didik dan kelas VI.B sebagai kelas kontrol berjumlah 32 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar tes, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada kelas eksperimen 87.21. Dan rata-rata hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran SAVI pada kelas eksperimen 86.82. Sedangkan hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa model pembelajaran SAVI berpengaruh secara signifikan terhadap pemecahan masalah dan hasil belajar kelas VI SD Inpres Tarailu Kecamatan Sampaga Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat. Hal ini berdasarkan tabel multivariate tests dalam uji manova diperoleh nilai sig. 0.007<0.05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grifando Persada.

Cheppy Riyana. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2016. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta. Gava Media.

DePorter. 2005. Quantum Teaching, Orchestrating Student Success. Bandung: CV. KAIFA.

Ekawati, D. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditoris, Visual Intelektual) Bermedia Video pada Pembelajaran Drama Kelas VIII A SMPN 1 Menganti, Gresik Tahun Ajaran 2018/2019. 5(2): halaman 1-18. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/2728/24 961 (Diakses tanggal 11 juli 208).

Fathurrohman, M. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Gamze Sezgin Selcuk, dkk. 2008. The Effects of Problem Solving Instruction on Physics Achievement, Problem Solving Performance and Strategy Use. [online] tersedia di http://www.journal.lapen.org.mx. Lat. Am. J. Phys. Educ. Vol. 2, No. 3, Sept. 2008 [15 Agustus 2010]

Husna, dkk. 2013. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS).” Jurnal Peluang 1(2): 81-92.

Kusumawat, N. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Dengan Model Pembelajaran SAVI Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(hasil belajar siswa), 217–224.

A. M. Sadirman (2011). Interkasi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Meier, D. 2012. The Accelerated Learning Handbook (Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Guruan dan Pelatihan. Bandung: Kaifa.

Miarso. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenoda Media.

Molenda et al. 1982. Instructional Media and the Technologies of Instruction. Canada: John Willey & Sons.

Muanifah, M.T., & Sa'diyah H. (2018). Pendekatan SAVI sebagai metode alternatif untuk memaksimalkan gaya belajar siswa sekolah dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. 4(3): halaman 393-399.

Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa. E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nana Sudjana dan Ibrahim. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Nasution. 2011. Metode Research Penelitian Ilmiah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Oemar Hamalik. (2001). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Oktari, dkk. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Berkarakter. 1 (1). Halaman: 316-323.

Patta Bundu. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains-SD. Jakarta: Depdiknas.

Pertiwi, H. C. 2017. Pengaruh Model SAVI Terhadap Kemampuan Komonikasi Matematika Siswa kelas VIII SMP Negeri Karang Dapo. Education, 91, 399-404.

Polya, George. 1985. How To Solve It 2nd ed. New Jersey: Princeton University Press.

Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Prenadamdedia Group.

Priansa, Donni Juni. (2017). Pengembangan Strategi & ModelPembelajaran. Bandung: Cv Pustaka Setia.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Akbar, N., Kune, S., & Ristiana, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visual, Inteletual) Berbantuan Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VI SD Inpres Tarailu Kecamatan, Sampaga Kabupaten Mamuju. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1406–1415. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i1.2273