Kecerdasan Spritual Anak Usia Dini di TK ABA II Kota Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i1.2270Keywords:
Kecerdasan Spiritual, Anak Usia Dini, TK ABAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan spirituaL anak Taman Kanak-Kanak (TK) Aisyiyah Bustanul Atfal II (TK ABA II ) di Kota Tasikmalaya, segala aspek perkembangan anak TK masih sangat pesat dan dikatakan golden age, dimana segala hal yang ia terima dapat berpengaruh pada perkembangan berikutnya atau masa yang akan datang. Semua yang ia terima dari lingkungannya dari apa yang ia lihat, ia dengar ia rasa dan semua pengalaman hidup yang dialaminya. Di antara pengalaman belajar yang harus diperoleh anak sejak dini adalah terkait dengan pengembangan kecerdasan spiritualnya. Kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan yang sangat urgen dan harus dimiliki oleh setiap orang dan diperolehnya sejak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan tipe studi kasus. Jenis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif. Data yang digunakan untuk penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah dokumen terkait pengalaman belajar dalam aspek kecerdasan spiritual di TK ABA II kota tasikmalaya. Sedangkan sumber data sekunder adalah guru-guru, orang tua dan pengambil kebijakan di TK ABA II Kota Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, interview, dokumentasi, dan kepustakaan. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik. Hasil pengalaman belajar dalam aspek kecerdasan spiritual anak TK ABA II Kota Tasikmalaya rata-rata berkembang baik dan cakap, terutama kelas B dengan nilai rata-rata cakap. Sedangkan kelas A rata-rata Baik dan Cakap.
Downloads
References
Albani Muhammad (2004) Anak cerdas Dunia Akhirat. Bandung. Mujahid.
Albani Muhammad (2007) selamat anak anda luar biasa. Solo. Iltizam
Hawari dadang (2007) Our Children Our Future Dimensi Psikoreligi Pada Tumbuh Kembang Anak dan Remaja. Jakaarta. FKUI.
Isna Nurla A. (2012) Mencetak karakter Anak Sejak Janin. Jogjakarta. Diva Press.
Mini Rose A. Prianto (2003) Perilaku Anak Usia Dini. Yogyakarta. Kanisiun
Rahman Hibana S (2005) Konsep Dasar Pendidikan anak Usia Dini. Yogyakarta. Grafindo Litera Media.
Suyadi (2009) Bimbingan Konseling Untuk PAUD. Jogjakaarta. Diva Press.
Suyadi dan Ulfah Maulidiya, (2013) Konsep dasar PAUD, Bandung, Remaja Rosdakarya.
Tamam M B (2008) Sukses Islami Mendidik Anak. Bintang Kecil Media
TakdirMuhammad Ilahi (2012) Revitalisasi Pendidikan Berbasis Moral. Jogjakarta. AR-Ruzz Media.
Yusiana Ajeng (2012) Kiat-Kiat menjadi Guru PAUD yang Disukai Anak- anak. Jogjakarta. Diva Press.
Zuraiq Ma’ruf (2008) Cara Mendidik Anak dan Mengatasi Problemanya. Bandung. Nuansa Aulia.
Prayitno Irwan(2002). Membangun potensi Anak. Jakarta. Mitra Grafika.
Pengalaman Belajar Anak Usia 5-6 Tahun dalam Aspek Kecerdasan Spiritual di TK Salman Al-Farisi Bandung | Pamungkas | FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (upi.edu)
Microsoft Word - BN 1679-2014 (kemenag.go.id)
OPTIMALISASI-KECERDASAN-SPIRITUAL-ANAK-Studi-Pemikiran-Nasih-Ulwan-Dalam-Kitab-Tarbiyatul-Aulad.pdf (researchgate.net)
View of PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (sunan-giri.ac.id)
Optimalisasi Kecerdasan Spiritual Bagi Anak Usia Dini Menurut Abdullah Nashih Ulwan | Wiyani | ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (iainkudus.ac.id)
Kecerdasan Spiritual Dan Pendidikan Islam - Ahmad Fahrisi S.Pd - Google Buku
View of Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Prososial Remaja (untag-sby.ac.id)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.