Peran Guru Sebagai Agent Of Change Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.2212Keywords:
guru, agent of change, pendidikan.Abstract
Di era revolusi 4.0 ini berbagai aspek kehidupan yang terjadi sudah tidak terhindarkan lagi pergerakannya. Di sisi lain era revolusi industri 4.0 ini memiliki dampak positif yaitu memberikan kemudahan terhadap penyebaran informasi mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang sangat cepat. Dalam hal ini peran guru sebagai agen pembaharu (agent of change), di era revolusi industri 4.0 ini dituntut untuk menguasai keterampilan abad 21 dan mampu mengarahkan pada perubahan agar dapat menghasilkan generasi potensial yang mampu bersaing dan berkontribusi secara global. Dengan mengkaji berbagai studi literatur serta penelitian terdahulu, dapat disimpulkan bahwa guru yang berkualitas dapat membawa perubahan pendidikan di Indonesia ke arah yang lebih baik.
Downloads
References
Alvira, S., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Muda sebagai Agent of Change. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9201-9207.
Andrian, A. (2018). Perspektif Guru Sebagai Agen Pembaharu (Agent Of Change) Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Kewarganegaraan. Untirta Civic Education Journal, 3(1).
Anwar, S., & Utama, W. (2013). Agen Perubahan (Agent Of Change). Pusdiklat Bea dan Cukai.
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
DARMADI, D. H., & Pd, M. (2019). Pengantar pendidikan era globalisasi: Konsep dasar, teori, strategi dan implementasi dalam pendidikan globalisasi. An1mage.
Dini, J. P. A. U. (2022). Guru sebagai Agen of Change dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 960-976.
Festiawan, R. (2020). Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 66-79.
Hasmori¹, A. A., Sarju, H., Norihan, I. S., Hamzah, R., & Saud, M. S. (2011). Pendidikan, kurikulum dan masyarakat: Satu integrasi. Journal of Edupres, 1, 350-356.
Marwah, S. S., Syafe’i, M., & Sumarna, E. (2018). Relevansi konsep pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara dengan pendidikan islam. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 5(1), 14-26.
Noor, T. (2018). rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(01).
Sihes, A. J. (2011). Konsep pembelajaran. Diunduh dari: http://eprints. utm. my/id/eprint/id/file/180566.
Suardipa, I. P. (2018). Guru Sebagai Agen Inovator Berbasis Higher Order Thinking Skills. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 2(2), 73-83.
Supartini, E. (2003). Peran Guru Dalam Pembaharuan Pendidikan. Dinamika Pendidikan, 10(1).
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN
Utomo, S. S. (2019). Guru di era revolusi industri 4.0. Format Pendidikan Untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa, 1(1), 70-83.
Yani, A. T. (2012). Pembaharuan Pendidikan. Humaniora.
Zed, Mestika (2003). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.