Peran Guru Sebagai Agent Of Change Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Indonesia

Authors

  • Hana Nurur Rohmah UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
  • Juliantika UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
  • Syahla Rizkia Putri N UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.2212

Keywords:

guru, agent of change, pendidikan.

Abstract

Di era revolusi 4.0 ini berbagai aspek kehidupan yang terjadi sudah tidak terhindarkan lagi pergerakannya. Di sisi lain era revolusi industri 4.0 ini memiliki dampak positif yaitu memberikan kemudahan terhadap penyebaran informasi mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang sangat cepat. Dalam hal ini peran guru sebagai agen pembaharu (agent of change), di era revolusi industri 4.0 ini dituntut untuk menguasai keterampilan abad 21 dan mampu mengarahkan pada perubahan agar dapat menghasilkan generasi potensial yang mampu bersaing dan berkontribusi secara global. Dengan mengkaji berbagai studi literatur serta penelitian terdahulu, dapat disimpulkan bahwa guru yang berkualitas dapat membawa perubahan pendidikan di Indonesia ke arah yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alvira, S., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Muda sebagai Agent of Change. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9201-9207.

Andrian, A. (2018). Perspektif Guru Sebagai Agen Pembaharu (Agent Of Change) Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Kewarganegaraan. Untirta Civic Education Journal, 3(1).

Anwar, S., & Utama, W. (2013). Agen Perubahan (Agent Of Change). Pusdiklat Bea dan Cukai.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

DARMADI, D. H., & Pd, M. (2019). Pengantar pendidikan era globalisasi: Konsep dasar, teori, strategi dan implementasi dalam pendidikan globalisasi. An1mage.

Dini, J. P. A. U. (2022). Guru sebagai Agen of Change dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 960-976.

Festiawan, R. (2020). Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 66-79.

Hasmori¹, A. A., Sarju, H., Norihan, I. S., Hamzah, R., & Saud, M. S. (2011). Pendidikan, kurikulum dan masyarakat: Satu integrasi. Journal of Edupres, 1, 350-356.

Marwah, S. S., Syafe’i, M., & Sumarna, E. (2018). Relevansi konsep pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara dengan pendidikan islam. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 5(1), 14-26.

Noor, T. (2018). rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(01).

Sihes, A. J. (2011). Konsep pembelajaran. Diunduh dari: http://eprints. utm. my/id/eprint/id/file/180566.

Suardipa, I. P. (2018). Guru Sebagai Agen Inovator Berbasis Higher Order Thinking Skills. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 2(2), 73-83.

Supartini, E. (2003). Peran Guru Dalam Pembaharuan Pendidikan. Dinamika Pendidikan, 10(1).

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN

Utomo, S. S. (2019). Guru di era revolusi industri 4.0. Format Pendidikan Untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa, 1(1), 70-83.

Yani, A. T. (2012). Pembaharuan Pendidikan. Humaniora.

Zed, Mestika (2003). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Rohmah, H. N., Juliantika, & N, S. R. P. (2023). Peran Guru Sebagai Agent Of Change Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 133–138. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.2212