Pengaruh Penggunaan Metode Team Assisted Individualization (TAI), Student Team Achievement Division (STAD) dan Percaya Diri Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Di SDN Gugus I Kecamatan Cilincing

Authors

  • Acik Nuraeni Pasca Sarjana Universitas Terbuka
  • Tita Rosita Pasca Sarjana Universitas Terbuka
  • Idha Novianti Pasca Sarjana Universitas Terbuka

Keywords:

Metode Pembelajaran TAI, Metode Pembelajaran STAD, Percaya Diri, Hasil Belajar

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mengganggu proses pembelajaran secara tatap muka. Pembelajaran yang awalnya tatap muka beralih ke pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring adalah sebuah proses pembelajaran berlangsung dengan tidak terjadinya kontak fisik seperti bentuk tatap muka langsung antara pendidik dan siswa Pembelajaran merupakan salah satu alternatif yang dapat mengatasi masalah tersebut. Daring dapat memberikan metode pembelajaran yang efektif seperti adanya umpan balik, menggabungkan kolaborasi kegiatan belajar mandiri untuk bekerja sama dalam kelompok serta menumbuhkan sikap sosial terhadap sesama peserta didik. Penelitian ini bertujuan  untuk membuktikan bahwa penggunaan metode pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat memberikan prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan metode Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi pokok Pengolahan Data kelas V SD yang dilakukan secara daring.  Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi dengan rancangan treatment by level 2x3. Metode kooperatif TAI dan Metode kooperatif STAD  Sedangkan Percaya diri tinggi, percaya diri sedang dan percaya diri tinggi. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 60 siswa. Penelitian dilaksanakan melalui zoom cloud meeting atau google meet. Pengambilan data penelitian menggunakan tes pengetahuan, dan angket percaya diri siswa melalui google form. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan ANAVA  dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Fhitung =  6,606  lebih besar dari Ftabel = 3,16 jadi terdapat pengaruh signifkan metode pembelajaran TAI  terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD, (2) Fhitung =  6,606  lebih besar dari Ftabel = 3,16 jadi terdapat pengaruh signifikan metode pembelajaran STAD  terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. (3) Fhitung =  4,816  lebih besar dari Ftabel = 3,16 jadi terdapat pengaruh signifikan percaya diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. (4) Fhitung  3,763 lebih besar Ftabel 3,16  jadi terdapat pengaruh signifikan metode TAI, STAD, dan percaya diri  bersama sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, N. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Aspek Menulis Dengan Penggunaan Modelkooperatif Learning Tipe Stad. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(1), 217-225.

Afifah, Y. N., Nizaruddin, N., & Endahwuri, D. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization Dan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions Berbantu Whiteboard Animation Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 15-21.

Amalia, R., Saputro, S., & Ashadi. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Tai Dan Stad Terhadap Prestasi Siswa Dengan Memperhatikan Kemampuan Awal Dan Kemampuan Matematik. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 3(2).

Cahyaningsih, U. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (team assisted individualization) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1).

Dewi, I. G. P., Selamat, I. N., & Suardana, I. N. (2019). Studi Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Dan Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Topik Pecahan . Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 50-58.

Ehsan Zaini, ( 2019 ). STAD Tingkatkan Hasil Belajar Matematika. CV. Beta Aksara. Kota Batu . Jawa Timur

Fathurahman, N. (2020, November). Inovasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 3, No. 1, pp. 615-627).

Hamid, N., & Jusmiana, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai). Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 66-80.

Hamna, H., & BK, M. K. U. (2021). Pengaruh Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Inpres Kassi-Kassi Kota Makassar. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1).

Isjoni, ( 2019 ). Cooperative learning . Alfabeta . Bandung

Isjoni ( 2019 ) . Pembelajaran kooperative meningkatkan kecerdasan komunikasi antara siswa. Pustaka Belajar. Yogyakarta

Jaya, P., Waridah, & Ason, Y. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbasis Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 70-80.

Junita, J., & Wardani, K. W. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran STAD dan CIRC terhadap Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas V SD Gugus Joko Tingkir pada Mata Pelajaran Tematik. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5(1), 11–17.

Kaharuddin, A., & Magfirah, I. (2018). Perbandingan Keefektifan Model Tps Stad pada Pembelajaran Matematika Kelas VI Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Soppeng. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 2(2), 223-230.

Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 74-79.

Kusumawardani, N., Siswanto, J., & Purnamasari, V. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media poster terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 170-174.

Maisun, M. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization (TAI) pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Kerinci. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 115-122.

Mohammad Asrori.2011. Psikologi Pembelajaran.Bandung: CV Wacana Prima.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap hasil belajar matematika kelas IV. Jurnal Inovasi

Penelitian, 1(3), 265-276.Nurahman, I. (2020). Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Accelerated Instruction (TAI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa SMP. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Nurahman, I. (2020). Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Accelerated Instruction (TAI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa SMP. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Pritasari, O. K., & Wilujeng, B. Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 2(1), 14–18.

Sari, M. (2018). Studi Komparasi Hasil Belajar antara Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan Student Teams Achievement Division (STAD) pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri Sumpiuh Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016.

Rahmatikasari, U., Suyanto I., & Warsiti. (2015). Penerapan Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Bilangan Pecahan Siswa Kelas V SD. Jurnal Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 3 (2).

Septian, A., Agustina, D., & Maghfirah, D. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 10-22.

Siti Partini Suardiman.1995. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta : FIP IKIP Yogyakarta.

Sudana, I. P. A., & Wesnawa, I. G. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1-8.

Sugiyadnya, I. K. J., Wiarta, I. W., & Putra, I. K. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe NHT terhadap Pengetahuan Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(4), 413-422.

Winarto, B. (2020). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Team Assisted Individualization) Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 3 Probolinggo. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 4(10), 674-688.

Yahya, A., & Bakri, N. W. (2020). Pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Jurnal Analisa, 6(1), 69-79.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Nuraeni, A., Rosita, T., & Novianti, I. . (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Team Assisted Individualization (TAI), Student Team Achievement Division (STAD) dan Percaya Diri Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Di SDN Gugus I Kecamatan Cilincing. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 1273–1289. Retrieved from https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/2176