Efektivitas Penggunaan Model Dan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa SD

Authors

  • Fany Isti Fauzia
  • Ilma Siti Salamah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rifqi Taufiqul Hakim
  • Muhamad Fikri Zulfikar

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i1.2170

Keywords:

Keterampilan menulis, Model Pembelajaran, Media Pembelajaran

Abstract

Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang sulit untuk dikuasai oleh siswa terutama siswa SD. Dalam pelaksanaanya pun masih terdapat beberapa hambatan, salah satunya terdapat beberapa siswa yang merasa jenuh dan bosan pada saat pembelajaran. Tujuan p enelitian ini adalah untuk mengetahuiefektifatautidaknyapenggunaanmodeldanmediapembelajarandalamupayapeningkatan keterampilan menulis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka yang menghasilkan data secara deskriptif mengenai efektifitas penggunaan metode dan model pembelajaran keterampilan menulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa berbagai model dan media yang diterapkan dalam pembelajaran keterampilan menulis terdapat respon positif dan perubahan yang signifikan yang membuat siswa tertarik dan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran, hal tersebut menunjukan bahwa penggunaan model dan media pembelajaran ini berjalan dengan efektif dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2018). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, Dan Menulis (Y. N. I. Sari (Ed.); 2nd Ed.). Jakarta: Bumi Aksara

Abidin. A. (2018). Pembelajaran Multi Literasi: Sebuah Jawaban Atas Tantangan Pendidikan Abad Ke-21 Dalam Konteks Ke-Indonesiaan. Bandung: Refika Aditama.

Adam, A. (2019). Penggunaan Media YouTube Berseri Dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa Di Sekolah Dasar. JURNAL KONFIKS, 6(2), 45-53.

Aminu, Y. (2020). Pengembangan Model Jerold Melalui Kartu Kalimat Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas V SD. Syntax Idea, 2(2), 98-103.

Andyani, N., Saddhono, K., & Mujyanto, Y. (2017). Peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media audiovisual pada siswa sekolah menengah pertama. Basastra, 4(2), 161-174.

Ani, Ni Kadek Kisri, I Wyn. Darsana, IGA. Agung Sri Asri. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbasis Tri Hita Karana terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2 Hal. 1-10.

Ati, A. P., Cleopatra, M., & Widiyarto, S. (2020). Strategi pembelajaran dan pengajaran menulis bahasa Indonesia: Tantangan di era revolusi industri 4.0. Prosiding Samasta.

Cahyaningrum, F., Andayani, A., & Saddhono, K. (2018). Peningkatan keterampilan menulis argumentasi melalui model think pair share dan media audiovisual pada siswa kelas X 10 SMA Negeri Kebakkramat. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(1), 261679.

Dafit, F. (2017). Keefektifan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa SD Dengan Model Pembelajaran Multiliterasi. GERAM, 5(1), 49-57.

Daryanto. (2018). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dayu, D. P. K., & Anggrasari, L. A. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Big Book Writing terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas 5 SD Negeri 1 Pilangbango Madiun. Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam, 9(1), 21-32.

Dayu, D. P. K., & Pratiwi, C. P. (2021). Media Big Book Writing Berbasis Culture Learning Pada Pembelajaran Menulis. Jurnal Ilmiah WUNY, 3(1).

Devi, P. C., Hudiyono, Y., & Mulawarman, W. G. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Audio Visual (Video) di Kelas XI SMA Negeri 1 Samarinda. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 101-114.

Dewi, N. N. K., Kristiantari, M. R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh model pembelajaran picture and picture berbantuan media visual terhadap keterampilan menulis bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278-285.

Efendi, N. M. (2018). Revolusi pembelajaran berbasis digital (Penggunaan animasi digital pada start up sebagai metode pembelajaran siswa belajar aktif). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(2), 173-182.

Eliyanti, E., Taufina, T., & Hakim, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Mind Mapping dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 838-849.

Farhrohman, Oman. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary Vol. 09 No. 01 Hal. 23-34. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/.

Fatimah, F., & Kartikasari, R. D. (2018). Strategi belajar dan pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan bahasa. Pena Literasi, 1(2), 108-113.

Fikri: Lazuardi, D. R., & Murti, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Tipe VAK (Visual, Audiovisual, Kinestetik). Jurnal KiBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 2(1), 87-95.

Fitriana, F., Yarmi, G., & Ardiasih, L. S. (2021). Hubungan Regulasi Diri Dan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V Sd. Else (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 219-232.

Gunawan, P. (2017). Penerapan Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) Untuk Meningakatan Keterampilan Menulis Teks Pengumuman Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Rambah Rokan Hulu. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1(2), 223-233.

Hambali, S., Akib, E., & Azis, S. A. (2020). Pengaruh Media Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Murid Kelas V SD Se-Kota Makassar. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(6), 182-191.

Hastuti, P. (2020). Pembelajaran Menulis Puisi dengan Metode Quantum pada Siswa kelas V SD Negeri Laban 01 Kecamatan Mojolaban. Stilistika: Kajian Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 5(1).

Hayati. M. dkk.(2017).Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota NAJMI. Jurnal: Al-hikmah, 14 (2), hlm. 160- 180.

Hendrawan, D. N., & Indihadi, D. (2019). Implementasi proses menulis pada keterampilan menulis teks deskripsi tokoh cerita fiksi. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 47-57.

Husada, S. P., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Visual Storytelling di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 419-425.

Ibadullah Malawi & Ani Kadarwati (2017), Pembelajaran Tematik (Konsep Dan Aplikasi) (Magetan: CV. AE Grafika, 2017), hal. 96

Imaniar, R. D., & Hariani, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Ringkasan Melalui Strategi Everyone Is Teacher Here Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(7).

Indihadi, D. (2018). Teknik “Brain Strorming” dalam Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar. Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan, 4(1).

Johan, G. M. (2018). Interferensi Morfologis Bahasa Simeulue Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 10 Simeulue Tengah. Jurnal Metamorfosa, 6(1), 27-39.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1-27.

Kiuk, Y., Suputra, I. G. W., & Adnyani, L. D. S. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan menulis melalui strategi please. Indonesian Gender and Society Journal, 2(1), 10-17.

Kurniaman, O., Nasution, A. S., & Antosa, Z. (2021). Pengaruh Strategi Pow+ C-Space Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V Di Sdn 102 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1451-1462.

Lailiyah, N., & Sukartiningsih, W. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis flash untuk pembelajaran keterampilan menuliskan kembali cerita siswa kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(7).

Laksmi, A. M. P. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKN Siswa Kelas IV. Jurnal Adat Dan Budaya, 2(1), 20–31.

Lestari, A. (2017). Keefektifan Media Audio Visual Sebagai Kreativitas Guru Sekolah Dasar Dalam Menumbuhkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 214-225.

Mardiasmo ( 2017) Perpajakan, edisi Revisi, Andi, Yogyakarta

Mirnawati, L. B. (2017). The Improvement Writing Explanation Text through the Implementation of Text Structure Mapping Strategy, (Ices), 122–126.

Mirnawati, L. B. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Inovatif Dengan Menggunakan Mind Mapping Dalam Pembelajaran Menulis Narasi Siswa SD. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 82-92.

Mirnawati, L. B., & Hamidah, F. (2020). Proses Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Dengan Menggunakan Mind Mapping Dalam Pembelajaran Menulis Narasi Di Sd.

Proceeding Umsurabaya.

Muhanif, M., Suhartono, S., & Juhana, J. (2021). Pengaruh Kedisiplinan dan Kreativitas terhadap Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1962-1973.

Ninawati, M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Literasi Kritis Berbasis Pendekatan Konsep Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 68-78.

Ningrum, A. K., & Hariani, S. (2020). Pengembangan Media Big Book Writing Untuk Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2).

Nurfadhillah, S., Cahyani, A. P., Haya, A. F., Ananda, P. S., & Widyastuti, T. (2021). Penerapan Media Audio Visual Berbasis Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas Iv Di Sdn Cengklong 3. PANDAWA, 3(2), 396-418.

Nurlatifah, H., Uswatun, D. A., & Amalia, A. R. (2020). Penerapan Metode Guided Writing Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Sekolah Dasar Kelas Tinggi.Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 26-35.

Nurmawati, F. (2020). Peningkatan keterampilan menulis teks narasi melalui model pembelajaran circuit learning pada peserta didik kelas v sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 8(3).

Pradnyawathi, N. N. C., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Pakem Berbasis Tri Hita Karana terhadap Keterampilan Menulis. International Journal of Elementary Education, 3(1), 89-98.

Prayoga, R. W., Suwignyo, H., & Harsiati, T. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Narasi Melalui Penerapan Progam Literasi Berbantuan Media Buku Cerita Anak Pada Siswa Sd. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(11), 1498- 1503.

Prihatini, A., & Sugiarti, S. (2020, October). Pembelajaran multiliterasi pada matapelajaran bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA) (Vol. 4, No. 1).

Putra, C. A., Setiawan, M. A., Jailani, M., & Permadi, A. S. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Explicit Instruction Berbasis Teknologi Multimedia. In Seminar Internasional Riksa Bahasa.

Qamariah, S. dkk. (2017). Pengaruh Menulis Terbimbing Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa di Kelas IV SD. Jurnal: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6, (7). 1-9.

Rahmat, A. S. (2017). Games book sebagai media peningkatan minat baca pada pembelajaran bahasa Indonesia SD kelas tinggi. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 27- 33.

Ramadhani, S. R. (2020). Model Pembelajaran Sinektik Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswakelas V Sd Pangeran Antasari Medan Tahun Pembelajaran 2020. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1).

Rizkiana, S., & Widiyati, M. (2018, November). Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Argumentasi Melalui Strategi Think Talk Write Berbasis Media Audio Visual Di Sma. In Seminar Internasional Riksa Bahasa (pp. 1295-1304).

Rohani, R. (2019). Media pembelajaran.

Salsabila, U. H., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284-304.

Santoso, D. (2018). Penerapan Strategi 3M (Meniru, Mengolah, Mengembangkan) untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis Poster. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 2(2), 164-174.

Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. W. (2021). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar. 3(5), 1910– 1917.

Sinabariba, R. B. (2017). Peranan guru memilih model-model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian. Bandung: Alfabet.

Sulton, M., Idris, N. S., & Mulyati, Y. (2020). Strategi 3-M (Mengumpulkan Bahan, Menulis, Menyunting) Dalam Pembelajaran Menulis Di Sma. In Seminar Internasional Riksa Bahasa (pp. 384-389).

Suprianto, E. (2020). Implementasi Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 22-32.

Susilo, S. V., & Ramdiati, T. (2019). Penerapan model multiliterasi untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan persuasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 280137.

terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas 5 SD Negeri 1 Pilangbango Madiun. Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam, 9(1), 21-32.

Ulfa, D. M., & Soenarto, S. (2017). Pengaruh penggunaan media video dan gambar terhadap keterampilan menulis kembali isi cerita kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 22-34.

Untari, E. (2017). Pentingnya Pembelajaran Multiliterasi untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam Mempersiapkan Diri Menghadapi Kurikulum 2013. Wahana Sekolah Dasar, 25(1), 16-22.

Widyastuti, L., & Iswara, P. D. (2017). Penerapan Metode Pantau, Pangkas, Padukan, Panggil (4P) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa dalam Meringkas Cerita. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 91-100.

Wulandari, N. M. R., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman dalam Pembelajaran Multiliterasi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2287-2298.

Wulandary, K. L. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Multiliterasi (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Yafi, M. A., Santoso, A., & Mudiono, A. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Penerapan Model Stad Berbantu Media Gambar Seri Pada Siswa SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(11), 1504-1508.

Zulela, M. S., Siregar, Y. E. Y., Rachmadtullah, R., & Warhdani, P. A. (2017). Keterampilan menulis narasi melalui pendekatan konstruktivisme di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 112-123

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Fany Isti Fauzia, Ilma Siti Salamah, Rifqi Taufiqul Hakim, & Muhamad Fikri Zulfikar. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Dan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa SD. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1370–1384. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i1.2170