MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SD DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN SUPERVISI TEKNIK MODELING
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i2.202Keywords:
Kompetensi Guru, model discovery learning, supervise teknik modelingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SD dalam menerapkan model pembelajaran discovery learning, merupakan penelitian tidakan sekolah (PTS). Subjek penelitian adalah guru SD Brajan yang berjumlah 5 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan supervise teknik modeling dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan model pembelajaran discovery learning. Hal itu terbukti dari tercapainya semua kriteria keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian. Di antaranya (1) pengamatan menunjukkan pelaksanaan supervise teknik modeling berjalan dengan lancar(2) ? 80 % peserta supervise teknik modeling meningkat pemahamannya terhadap model pembelajaran discovery learning, dan (3) ? 80 % peserta supervise teknik modeling dapat menerapkan model pembelajaran discovery learning. Pada siklus I nilai rata-rata pemahaman guru mencapai 66 dan pada siklus II nilai rata-rata 84 dan persentase guru yang mengalami peningkatan 100 % sedang hasil supervise penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap pada siklus 1 rata-rata 75,4 dan pada siklus II meningkat menjadi 80, dengan prosentase peningkatan 100 %.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2020-07-06 (2)
- 2018-04-23 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.