Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terintegrasi Pro Environmental Behavior Untuk Meningkatkan Pengetahua Lingkungan
-
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i1.1723Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan lingkungan hidup pada siswa sekolah dasar dengan mengembangkan bahan ajar tematik terintegrasi pro environmental behavior. Metode yang digunakan adalah Research and Develpoment (RnD) dengan menggunakan model pengembangan Dick Carey and Carey kombinasi Rowntree. Subjek penelitian terdiri dari ahli bahasa, ahli materi dan ahli media sebagai validator, guru dan siswa kelas IV sebagai pengguna. Untuk data penelitian diperoleh dari uji coba produk. Uji coba produk dilakukan dengan tiga tahap, pertama uji coba perorangan validasi bahan ajar yang dilakukan oleh tiga orang ahli (bahasa, materi dan media). Kedua, uji coba kelompok kecil terdiri atas enam siswa dan satu orang guru kelas IV. Ketiga, uji coba kelompok lapangan terdiri atas 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan hasil validasi bahasa mencapai 82%, uji validasi materi materi mencapai 96% dan uji validasi media mencapai 98%. Uji kepraktisan guru mencapai 95%, uji kepraktisan small group mencapai 84%, dan uji kepraktisan field tryout mencapai 93%. Keefektifan bahan ajar dalam meningkatkan pengetahuan lingkungan hidup menunujkkan skor rata-rata pretest 10,71, posttest 20,43 dan N-Gain sebesar 0,74 dengan kategori tinggi. Berdasarkan data tersebut, maka bahan ajar tematik terintegrasi pro environmental behavior layak dan dapat meningkatkan pengetahuan lingkungan hidup siswa sekolah dasar.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.