Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terintegrasi Pro Environmental Behavior Untuk Meningkatkan Pengetahua Lingkungan

-

Authors

  • Azmi Al Bahij Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Julia Anis Handayani Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta, Indonesia
  • Apri Utami Parta Santi Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i1.1723

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan lingkungan hidup pada siswa sekolah dasar dengan mengembangkan bahan ajar tematik terintegrasi pro environmental behavior. Metode yang digunakan adalah Research and Develpoment (RnD) dengan menggunakan model pengembangan Dick Carey and Carey kombinasi Rowntree. Subjek penelitian terdiri dari ahli bahasa, ahli materi dan ahli media sebagai validator, guru dan siswa kelas IV sebagai pengguna. Untuk data penelitian diperoleh dari uji coba produk. Uji coba produk dilakukan dengan tiga tahap, pertama uji coba perorangan validasi bahan ajar yang dilakukan oleh tiga orang ahli (bahasa, materi dan media). Kedua, uji coba kelompok kecil terdiri atas enam siswa dan satu orang guru kelas IV. Ketiga, uji coba kelompok lapangan terdiri atas 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan hasil validasi bahasa mencapai 82%, uji validasi materi materi mencapai 96% dan uji validasi media mencapai 98%. Uji kepraktisan guru mencapai 95%, uji kepraktisan small group mencapai 84%, dan uji kepraktisan field tryout mencapai 93%. Keefektifan bahan ajar dalam meningkatkan pengetahuan lingkungan hidup menunujkkan skor rata-rata pretest 10,71, posttest 20,43 dan N-Gain sebesar 0,74 dengan kategori tinggi. Berdasarkan data tersebut, maka bahan ajar tematik terintegrasi pro environmental behavior layak dan dapat meningkatkan pengetahuan lingkungan hidup siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Azmi Al Bahij, Handayani, J. A., & Santi, A. U. P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terintegrasi Pro Environmental Behavior Untuk Meningkatkan Pengetahua Lingkungan: -. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1461–1468. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i1.1723