Manajemen Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Pada Masa Pandemi di SD dalam Meningkatkan Minat Belajar

Authors

  • Wayan Satria Jaya STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Nurdin Hidayat STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Nur Fitria STKIP PGRI Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i1.1601

Keywords:

Manajemen Pembelajaran Daring, Google Classroom, Minat Belajar

Abstract

Perkembangan pendidikan saat ini dipengaruhi oleh pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu teknologi informasi yang ikut berperan dalam dunia pendidikan adalah pembelajaran Daring. Pembelajaran daring saat ini efektif digunakan di tengah pandemi covid 19 di Indonesia bahkan dunia sebagai penghubung antar pendidik dengan siswa. Media daring yang digunakan subjek penelitian adalah Google Classroom. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektifitas dalam pemebelajaran daring dalam meningkatkan minat belajar siswa. Metode yang dikumpulkan dalam pengumpulan data adalah tanya jawab kepada narasumber yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru, dan dokumentasi aktivitass pembelajaran siswa SD melalui telepon dan WhatsApp. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa managemen pembelajaran daring berbasis Google Classroom pada masa pandemi di SD dapat meningkatkan minat belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, M. S., Choirudin, C., Ningsih, E. F., Dewi, T., & Maseleno, A. (2019). Developing an Interactive Mathematics Multimedia Learning Based on Ispring Presenter in Increasing Students’ Interest in Learning Mathematics. Al-Jabar?: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 135–150. https://doi.org/10.24042/ajpm.v10i1.4445

Aryani, N. (2020). The Learning Management Model Of Early Childhood Education Program Based On Children Development. International Journal Of Scientific & Technology Research, 9(01), 6.

Darling-Hammond, L., Flook, L., Cook-Harvey, C., Barron, B., & Osher, D. (2020). Implications for educational practice of the science of learning and development. Applied Developmental Science, 24(2), 97–140. https://doi.org/10.1080/10888691.2018.1537791

Dewi, N., & Zahrowi, E. (2020). The Implementation of Google Classroom In Improving Students’ Reading Comprehension At MAN 4 Jakarta. Lingual, 9(1), 7.

Leal Filho, W., Raath, S., Lazzarini, B., Vargas, V. R., de Souza, L., Anholon, R., Quelhas, O. L. G., Haddad, R., Klavins, M., & Orlovic, V. L. (2018). The Role of Transformation in Learning and Education for Sustainability. Journal of Cleaner Production, 199, 286–295. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2018.07.017

Nafiah, N. (2020). Penerapan Penerapan Manajemen Pembelajaran berbasis Daring dengan Menggunakan Aplikasi google Classroom untuk meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. Education and Human Development Journal, 5(1), 9–23. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1486

Priyanto, Sofyan.H, Surjono. H. (2017). The Derteminants of E-Learning Usage by Teacher of Vocational High Schools in The Yogyakarta Special Region. Jurnal Pendidikan Vokasi.

Shirani Bidabadi, N., Nasr Isfahani, A., Rouhollahi, A., & Khalili, R. (2016). Effective Teaching Methods in Higher Education: Requirements and Barriers. Journal of Advances in Medical Education & Professionalism, 4(4), 170–178.

Subandi Subandi, Choirudin Choirudin, Mahmudi Mahmudi, Nizaruddin Nizaruddin, & Hermanita Hermanita. (2018). Building Interactive Communication with Google Classroom. International Journal of Engineering & Technology, 7(2.13), 460–463.

Sudarsana, I. K., Putra, I. B. M. A., Astawa, I. N. T., & Yogantara, I. W. L. (2019). The use of Google classroom in the learning process. Journal of Physics: Conference Series, 1175, 012165. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012165

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Wang, A. I., & Tahir, R. (2020). The effect of using Kahoot! For learning – A literature review. Computers & Education, 149, 103818. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103818

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Satria Jaya, W. ., Hidayat, N. ., & Fitria, N. . (2021). Manajemen Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Pada Masa Pandemi di SD dalam Meningkatkan Minat Belajar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 1103–1109. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i1.1601