Analisis Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i1.1437Keywords:
Difficulty, Beginning Reading, SDAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan membaca siswa kelas II SD Negeri 01 Tualang Kabupaten Siak, serta mendeskripsikan peran guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas II SD Negeri 01 Tualang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah guru kelas II serta siswa kelas II SD Negeri 01 Tualang Kabupaten Siak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles and Huberman dengan tahapan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan membaca di kelas II SD Negeri 01 Tualang. Persentase siswa yang mengalami kesulitan membaca adalah 70%. Kesulitan membaca yang dialami siswa yaitu (1), mengenal huruf, (2) membaca kata bermakna, (3) membaca kata yang tidak mempunyai arti, (4) kelancaran membaca nyaring dan pemahaman membaca, (5) menyimak (pemahaman mendengar). Kemudian, peran guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas II SD Negeri 01 Tualang adalah (1) guru menggunakan media pembelajaran yang efektif dan menarik, (2) menggunakan metode SAS, (3) memberikan program khusus atau pemberian remedial kepada siswa yang mengalami kesulitan membaca.
Downloads
References
Kurniaman, Otang, and Eddy Noviana. “Metode Membaca Sas (Struktural Analitik Sintetik)Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaandi Kelas I Sdn 79 Pekanbaru.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5, no. 2 (2016): 149. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v5i2.3705.
Lidi, Maria Waldetrudis. “Pembelajaran Remedial Sebagai Suatu Upaya Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar.” Fondasia 9, no. 1 (2018): 15–26.
M. Miftah. “Peran Dan Fungsi Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa.” Jurnal KWANGSAN 1, no. 9 (2013): 1689–99.
Mabunga, Allan S, Maria Eljie M Mabunga, and Ahmad Yani. “Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini Dalam Perspektif Analisis Reading Readiness.” Mimbar Pendidikan 4, no. 2 (2019): 113–26. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i2.22202.
Maghfiroh, Fitriyani, Hani Atus Sholikhah, and Fuaddilah Ali Sofyan. “Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa.” JIP: Jurnal Ilmiah PGMI 5, no. 1 (2019): 95–105. https://doi.org/10.19109/jip.v5i1.3272.
Muhyidin, Asep. “Asep Muhyidin , Odin Rosidin , Erwin Salpariansi,” no. August (2018).
Muhyidin, Asep, Odin Rosidin, and Erwin Salpariansi. “Metode Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Kelas Awal.” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 4, no. 1 (2018): 30. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2464.
Pramesti, Fitria. “Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SD.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 2, no. 3 (2018): 283. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16144.
Pratiwi, Cerianing Putri. “Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus Pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Edutama 7, no. 1 (2020): 1. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.558.
Rizkiana. Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri Bangun Rejo, 2016.
Samniah, Naswiani. “Kemampuan Memahami Isi Bacaan Siswa Kelas VII MTS Swasta Labibah.” Jurnal Humanika 16, no. 1 (2016).
Siti Murni. Keefektifan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Metode Struktural Analitik Sintesik (SAS) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I Di MI Miftakhul AKHlaqiyah Tahun Ajaran 2014/2015, 2015.
Zulham, M. “Aplikasi Teori Ilmu Bahasa Terhadap Pandangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo.” Jurnal Pendidikan, Pengajaran Bahasa Dan Sastra Onoma PBSI FKIP, 2014, 1–128.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.