Pengaruh Kecerdasan Berpikir Positif dan Kecerdasan Adversity Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa SD Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i1.1297Keywords:
Kecerdasan Berpikir Positif, Kecerdasan Adversity, Kemampuan Berpikir Kritis IPA SiswaAbstract
Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis secara empiris pengaruh langsung kecerdasan berpikir positif terhadap kemampuan berpikir IPA siswa dan kecerdasan Adversity siswa terhadap kemampuan berpikir kritis Ilmu Pengetahuan Siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis jalur. Adapun sampel berjumlah 90 orang siswa Kelas IV SD Negeri di wilayah Kecamatan Cikulur Kabupaten Lebak, Banten. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : 1) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan kecerdasan berpikir positif terhadap kecerdasan Adversity siswa. Besarnya kontribusi kecerdasan berpikir positif terhadap kecerdasan Adversity adalah 64,8025% sisanya sebesar 35,1975% dipengaruhi oleh faktor lain diluar kecerdasan Adversity. 2) Terdapat pengaruh langsung yang tidak signifikan kecerdasan berpikir positif terhadap berpikir kritis IPA siswa. Besarnya kontribusi kecerdasan berpikir positif terhadap kemampuan berpikir kritis IPA 0,6889% sisanya sebesar 99,3111% dipengaruhi oleh faktor lain diluar kemampuan berpikir kritis IPA. 3) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan kecerdasan Adversity terhadap berpikir kritis IPA siswa. Besarnya kontribusi kecerdasan Adversity terhadap kemampuan berpikir kritis IPA 32,6041% sisnya sebesar 67,3959% dipengaruhi oleh faktor lain diluar kemampuan berpikir kritis IPA. 4) Terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan kecerdasan berpikir positif terhadap berpikir kritis IPA melalui kecerdasan Adversity siswa. Besarnya 45,9566% sisanya sebesar 54,0345% dipengaruhi oleh faktor lain.
Downloads
References
Abdullah, Suparman Ibrahim. 2013. Aplikasi Komputer Dalam Penyusunan Karya Ilmiah. Jakarta : Pustaka Mandiri
Aisyah, T.S 2008. Penerapan Strategi Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika FKIP UNPAS : tidak diterbitkan.
Alawiyah, Septia. 2012. Hubungan Antara Adversity Quotient (AQ) dengan Prestasi Belajar Biologi. Skripsi. Unindra.
Arisworo, dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung : Grapindo Media Pratama.
Aryana, I. B. P. 2007. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pembelajaran. Singaraja: UNDIKSHA
Bayani, Irma dan Hafizhoh Nur. 2011. Hubungan Antara Adversity Quotient dan Dukungan Sosial dengan Intensi Untuk Pulih dari Ktergantungan NAPZA Pada Penderita di Wilayah Bekasi Utara. Jurnal Soul. 4(2), 64-83.
Filsamime Dennis K. 2008. Menguak Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Fisher, Roger. 2008. Getting to Yes: Teknik Berunding Tanpa Memaksakan Kehendak. Jakarta: Yayasan obor Indonesia.
Hans, Jen 2 A. 2006. Strategi Pengembangan Diri. Jakarta : Personal Development Training.
Irena. 2014. Tips Trik Kilat Menciptakan Pikiran dan Kepribadian Positif. Yogyakarta: Pasarmu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.