Strategi Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Aktivitas Belajar Siswa SD Di Masa Covid- 19

Authors

  • Nanda Saputra STIT Al-Hilal Sigli, Jl. Lingkar Keunire - Aceh
  • Via Yustitia Universitas Nomensen Pematangsiantar
  • Minar Trisnawati Tobing Universitas Nomensen Pematangsiantar
  • La Ili Universitas Halu Oleo, Anduonohu - Sulawesi Tenggara

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2b.1221

Keywords:

pembelajaran daring, aktivitas belajar siswa

Abstract

Keaktifan belajar siswa merupakan aktivitas pendidikan yang mengaitkan siswa aktif secara langsung sepanjang proses pendidikan berlangsung. Pendidikan pada dasarnya ialah sesuatu proses interaksi pendidik dengan partisipan didik, baik interaksi langsung (tatap muka), ataupun tidak langsung (aktivitas pendidikan dengan memakai media pendidikan dalam aplikasi website). Di tengah pandemi covid-19 aktivitas belajar mengajar dianjurkan memakai model peembelajaran daring. Tidak semua metode pembelajaran daring dapat digunakan pada proses pembelajaran di sekolah dasar. Riset ini bertujuan untuk menganalisis keaktifan belajar siswa selama pendidikan daring di masa pandemi covid-19. Tipe riset yang dilakukan merupakan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan wawancara. Riset ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Sigli, serta yang menjadi subjek dalam riset ini merupakan guru dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Sigli. Data kualitatif tersebut dianalisis memakai reduksi, setelah itu disajikan, kemudian penarikan kesimpulan. Hasil riset diperoleh bahwa sepanjang pendidikan daring, keaktifan belajar siswa tidak seluruhnya bisa dicapai sesuai dengan indikator keaktifan belajar. Perihal ini diakibatnya sebab terdapatnya aspek hambatan sepanjang pendidikan daring dilaksanakan semacam minimnya perlengkapan peraga serta terbatasnya akses internet.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Saputra, N., Yustitia, V. ., Tobing, M. T. ., & Ili, L. . (2021). Strategi Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Aktivitas Belajar Siswa SD Di Masa Covid- 19. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2b), 911–920. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2b.1221