Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal dan Budaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2b.1218Keywords:
bahan ajar, kearifan lokal, budaya, keterampilan menulis deskripsiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh bahan ajar berbasis kearifan lokal dan budaya terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research) dengan menggunakan model yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Pengembangan bahan ajar dimulai dari tahap studi pendahuluan, perencanaan, desain produk, validasi desain produk, uji coba produk dan produk akhir. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar, angket analisis kebutuhan siswa, dan tes kognitif. Subjek uji coba penelitian yaitu siswa Kelas IV SDN 1 Cengal, SDN 2 Cengal dan SDN 3 Cengal Kecamatan Japara Kabupaten Kuningan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa yang menggunakan bahan ajar berbasis kearifan lokal dan budaya dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Perbedaan peningkatan ini dapat dilihat pada hasil uji gain keterampilan menulis deskripsi siswa pada kelas eksperimen menunjukkan N-gain sebesar 0,46. Maka N-gain pada kelas eksperimen termasuk ke dalam kriteria sedang. Sedangkan hasil uji gain keterampilan menulis deskripsi siswa pada kelas kontrol diperoleh N-gain sebesar 0,28. Maka N-gain pada kelas kontrol termasuk ke dalam kriteria rendah.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.