Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Kedisiplinan di Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Berbasis E-Learning

Authors

  • Muhammad Ragil Kurniawan Universitas Ahmad Dahlan
  • Sugeng Rianto Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2b.1217

Keywords:

e-learning, karakter kedisiplinan, pendidikan karakter, sekolah dasar

Abstract

Era digital sudah merambah di berbagai lini kehidupan oleh karenanya pendidikan juga layak untuk melakukan akselerasi pengembangan inovasi pembelajaran berbasisi internet dengan mengutamakan pendidikan karakter. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis konten. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: a) Bagaimana ragam fasilitas e-learning yang dapat digunakan dalam pembelajaran jarak jauh di sekolah dasar, b) Bagaimana ragam aktifitas penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar yang dapat dimasukkan dalam berbagai fasilitas yang ada dalam e-learning. c) Apa saja ragam nilai-nilai karakter kedisiplinan yang dapat diimplementasikan dalam e-learning Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten. Objek penelitian ini adalah aplikasi pembelajaran berbasis learning managemen system (LMS) google classroom dan edmodo. Metode pengambilan data yang digunakan adalah dokumentasi dan instrument analisis kritis. Sumber data berupa hasil hasil analisis dan hasil FGD dengan para ahli. Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan data kualitatif. Terdapat banyak kesmaan menu pada LMS GC dan Edmodo. Beberapa menu yang terdapat di kedua LMS tersebut adalah menu pemberian materi, menu penugasan, kuis, serta fasilitas diskusi.  Berdasarkan ragam fasilitas e-learning untuk penguatan pendidikan karakter ini dapat disimpulkan bahwa terdapat dua karakter utama penguatan pendidikan karakter kedisiplinan melalui pembelajaran berbasis elearning. Pertama melalui menu atau fasilitas yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi tentang kedisiplinan. materi dalam hal ini dapat berupa penjelasan maupun cerita atau kisah. Jenis kedua berupa praktik pembiasaan kedisiplinan. pada jenis kedua ini siswa tidak lagi diminta untuk menguasai teori namun sudah pada aspek mempraktikkan dan melakukan pembiasaan. Berdasarkan hasil pemetaan bahwa minimal terdapat empat nilai karakter kedisiplinan yang di dapat dikuatkan saat mengguakan sistem e-learning atau pembelajaran jarak jauh. Keempat karakter kedisiplinan tersebu ialah disiplin wartu, disiplin menegakkan aturan, disiplin sikap serta disiplin belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustini, Ketut. Inovasi teknologi dalam pendidikan melalui big data analytic dan personal learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Bali, 09 September 2017. Hal: 10-14

Anwar, Ahsani Amalia. Online Vs Konvensional: Keunggulan dan konflik antar moda transportasi di Kota Makassar. ETNOSIA: Jurnal Etnografi Indonesia. Vol.2 No.2 (2017). Hal. 220-246

Apri Junaidi. Internet of things, sejarah, teknologi dan penerapannya. JITTER Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan. Vol. 1 No. 3 (2015). Hal: 62-66.

Asmani, J. M. (2015). Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif dan Inovatif Yogyakarta: Diva Press

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Penetrasi dan profil perilaku pengguna internet Indonesia. https://www.apjii.or.id/ (diakses pada 06 Juli 2019)

Ayatullah. 2020. Pendidikan Kedisiplinan Siswa Madrasah Aliyah. Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah. Volume 2, Nomor 2. hal. 218-239

Juliandi, Y. (2014). "Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMAS Taman Mulia". Artikel Penelitian. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Mustari, Muhammad. 2014. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nadziroh, Faridatun. Analisa efektifitas sistem pembelajaran berbasis e-learning. Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual. Vol. 2 No. 1 (2017). Hal: 1-14

Sakka, Abdul Rahman & Qulub, Latiful. Efektifitas penerapan zakat online terhadap peningkatan pembayaran zakat pada lembaga Dompet Dhuafa Sulsel. Al-Azhar Journal of Islamic Economics. Vol. 1 No. 2 (2019) hal: 66-83

Sari, Bella Puspita & Hadijah, Hady Siti. 2017. Meningkatkan kedisiplinan siswa melalui manajemen kelas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 2 No. 2, Hal. 233-241.

Stillman, D & Stillman, J. Generasi Z memahami karakter generasi baru yang akan mengubah dunia kerja. Cetakan ketiga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2018.

Yuliyantika, Siska. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, XI, dan XII di SMA Bhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. Volume 9 No.1 hal. 35-44

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Ragil Kurniawan, M., & Rianto, S. . (2021). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Kedisiplinan di Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Berbasis E-Learning. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2b), 872–882. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2b.1217