Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Aksara Jawa (Ambarawa) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2.1127Keywords:
Media Pembelajaran, Android, Bahasa Jawa.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Android yang layak untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Jawa siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Teknik pengumpulan data dari penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dan validasi. Adapun teknik analisis data berupa analisis deskriptif statistik yang diperoleh dari hasil validasi ahli media dan ahli materi. Hasil validitas Aplikasi Pembelajaran Aksara Jawa (AMBARAWA) menunjukkan persentase validitas materi sebesar 88 % dengan kategori sangat tinggi dan persentase validitas media sebesar 90 % juga dengan kategori sangat tinggi. Kesimpulannya, Aplikasi Pembelajaran Aksara Jawa layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Jawa siswa sekolah dasar.
Downloads
References
Abdillah, I., & Sudrajat, D. (2014). Pengembangan permainan ular tangga pada pelajaran matematika untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SDN Majalengka Wetan VII. Jurnal Online ICT-STMIK IKMI, 11(1), 43-50.
Azis, S. (2012). Sekali Baca Langsung Inget: Mengupas Lengkap all about Android. Lembar Langit Indonesia.
Damayanti, R., & Mawardi, M. (2018). Developing MITRA Learning Model of Problem Solving-Based to Solve Mathematical Problems in Elementary School. Jurnal Prima Edukasia, 6(1), 1-10.
Febrianti, F. U. A. (2018). Pengembangan Game Mobile Media Aksara Jawa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa. Joyful Learning Journal, 7(3), 8087.
Hallet, Rachel. https://www.weforum.org/agenda/2016/11/worlds-most-multilingual countries/, diakses pada 24 September 2020 pukul 18:29 WIB
Kusuma, Y. (2011). Membedah kehebatan Android. Jakarta: PT. Grasindo.
Ma'arif, S., Setiawan, A., Kom, S., & Eng, M. (2020). Media Pembelajaran Nyuwun Pirsa untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa Siswa Setingkat Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Mawardi, M. (2014). Model Desain Pembelajaran Konsep Dasar PKn Berbasis Belajar Mandiri Menggunakan Moodle. Kab. Semarang. Widya Sari Press.
Pembinaan, B. Pengembangan Bahasa, Kemendikbud. 2016. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 Tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara Serta Lagu Kebangsaan.
Pemerintah Daerah. 2012. Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 9 Tahun 2012 tentang Bahasa, Sastra, dan Aksara Jawa. Sekretariat Daerah Jawa Tengah.
Gubernur Jawa Tengah. 2013. Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 57 Tahun 2013 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 9 Tahun 2012 tentang Bahasa, Sastra, dan Aksara Jawa. Sekretariat Gubernur Jawa Tengah.
Prasetyo, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Android Untuk Siswa SD/MI. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 1(1).
Putra, R. S., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi Android terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2).
Rahadi, D. R. (2014). Pengukuran usability sistem menggunakan use questionnaire pada aplikasi Android. JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), 6(1).
Rohani, R. (2019). Media pembelajaran.
Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 36
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.