Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Aksara Jawa (Ambarawa) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Hendri Leo Pradana S1 PGSD Universitas Kristen Satya Wacana
  • Henny Dewi Koeswanti Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2.1127

Keywords:

Media Pembelajaran, Android, Bahasa Jawa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Android yang layak untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Jawa siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Teknik pengumpulan data dari penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dan validasi. Adapun teknik analisis data berupa analisis deskriptif statistik yang diperoleh dari hasil validasi ahli media dan ahli materi. Hasil validitas Aplikasi Pembelajaran Aksara Jawa (AMBARAWA) menunjukkan persentase validitas materi sebesar 88 % dengan kategori sangat tinggi dan persentase validitas media sebesar 90 % juga dengan kategori sangat tinggi. Kesimpulannya, Aplikasi Pembelajaran Aksara Jawa layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Jawa siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, I., & Sudrajat, D. (2014). Pengembangan permainan ular tangga pada pelajaran matematika untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SDN Majalengka Wetan VII. Jurnal Online ICT-STMIK IKMI, 11(1), 43-50.

Azis, S. (2012). Sekali Baca Langsung Inget: Mengupas Lengkap all about Android. Lembar Langit Indonesia.

Damayanti, R., & Mawardi, M. (2018). Developing MITRA Learning Model of Problem Solving-Based to Solve Mathematical Problems in Elementary School. Jurnal Prima Edukasia, 6(1), 1-10.

Febrianti, F. U. A. (2018). Pengembangan Game Mobile Media Aksara Jawa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa. Joyful Learning Journal, 7(3), 8087.

Hallet, Rachel. https://www.weforum.org/agenda/2016/11/worlds-most-multilingual countries/, diakses pada 24 September 2020 pukul 18:29 WIB

Kusuma, Y. (2011). Membedah kehebatan Android. Jakarta: PT. Grasindo.

Ma'arif, S., Setiawan, A., Kom, S., & Eng, M. (2020). Media Pembelajaran Nyuwun Pirsa untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa Siswa Setingkat Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Mawardi, M. (2014). Model Desain Pembelajaran Konsep Dasar PKn Berbasis Belajar Mandiri Menggunakan Moodle. Kab. Semarang. Widya Sari Press.

Pembinaan, B. Pengembangan Bahasa, Kemendikbud. 2016. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 Tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara Serta Lagu Kebangsaan.

Pemerintah Daerah. 2012. Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 9 Tahun 2012 tentang Bahasa, Sastra, dan Aksara Jawa. Sekretariat Daerah Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah. 2013. Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 57 Tahun 2013 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 9 Tahun 2012 tentang Bahasa, Sastra, dan Aksara Jawa. Sekretariat Gubernur Jawa Tengah.

Prasetyo, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Android Untuk Siswa SD/MI. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 1(1).

Putra, R. S., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi Android terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2).

Rahadi, D. R. (2014). Pengukuran usability sistem menggunakan use questionnaire pada aplikasi Android. JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), 6(1).

Rohani, R. (2019). Media pembelajaran.

Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 36

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Leo Pradana, H., & Dewi Koeswanti, H. (2021). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Aksara Jawa (Ambarawa) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 797–807. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2.1127