PROFIL KARAKTER GURU PEMBELAJAR: SEBUAH KERANGKA KONSEPTUAL

Authors

  • Teguh Ibrahim Universitas Pendidikan indonesia
  • Dharma Kesuma Universitas Pendidikan Indonesia
  • Babang Robandi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Arie Rakhmat Riyadi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i1.11

Keywords:

Pendidikan Karakter, Guru Pembelajar, Pengembangan Kompetensi Guru, Integrative Review

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan konsep “karakter guru pembelajar†secara eksplisit yang ditunjang oleh beberapa penelitian mutakhir. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis konsep dengan desain analisis generic (McMillan & Schumacher, 2001) atau integrative review (Whittemore and Knafl 2005). Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa profil karakter guru pembelajar memiliki beberapa indikator, pertama memiliki kuriositas epistemic; Kedua, memiliki hasrat memperbaiki kehidupan atau kesadaran utopis; ketiga, memiliki  keterampilan belajar yang didalamnya terdapat kemampuan metakognitif dan kesadaran kritis ; keempat memiliki kemandirian atau otonomi belajar yang ditunjukkan dengan kontribusi terhadap diri dan orang lain. Penelitian ini memiliki signifikansi bagi pengembangan program pendidikan karakter pembelajar yang menjadi program unggulan PPGSD UPI. Juga, penelitian ini akan memberikan sumbangsih teoritis tentang profil guru pembelajar secara eksplisit sehingga bisa berimplikasi bagi peningkatan kualitas program peningkatan kompetensi pembelajar bagi guru-guru di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-10-26 — Updated on 2020-07-06

Versions

How to Cite

Ibrahim, T., Kesuma, D., Robandi, B., & Riyadi, A. R. (2020). PROFIL KARAKTER GURU PEMBELAJAR: SEBUAH KERANGKA KONSEPTUAL. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 8–22. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i1.11 (Original work published October 26, 2017)