PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK SLOW LEARNER

Authors

  • Nurul Hidayati Rofiah Universitas Ahmad Dahlan
  • Ina Rofiana Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i1.108

Keywords:

metode pembelajaran; slow learner; inklusi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendskripsikan penerapan metode pembelajaran untuk peserta didik slow learner. SD Negeri Wirosaban merupakan sekolah inklusi di Yogyakarta. Berdasarkan hasil asesmen, 10 dari 14 anak berkebutuhan khusus yang ada termasuk anak slow learner.jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini disebut penelitian deskiptif karena menghasilkan data studi kasus berupa gambaran mengenai metode pembelajaran anak lambat belajar kelas III di SD Negeri Wirosaban Yogyakata.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi berperan serta, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode pembelajaran untuk anak slow learner di SD Negeri Wirosaban adalah  dengan tanya jawab, ceramah dan diskusi dengan demonstrasi. Metode pembelajaran yang dipakai anak slow leaner dan peserta didik normal tidak ada perbedaanya hanya anak slow leaner dimodifikasi dengan tambahan waktu dan tambahan tugas khusus sebagai tindak lanjut. Kegiatan evaluasi seperti tambahan waktu mengerjakan soal untuk anak slow leaner sekarang tidak ada karena full day school.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-10-26 — Updated on 2020-07-06

Versions

How to Cite

Rofiah, N. H., & Rofiana, I. (2020). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK SLOW LEARNER. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 94–107. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i1.108 (Original work published October 26, 2017)