KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH

Authors

  • Hendro Widodo Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i1.105

Keywords:

Keterampilan Manajerial, Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Keterampilan konseptual kepala sekolah SD Muhammadiyah Ambar Ketawang 3 Gamping Sleman; 2) Keterampilan kemanusiaan kepala sekolah SD Muhammadiyah Ambar Ketawang 3 Gamping Sleman; dan 3) Keterampilan teknik kepala sekolah SD Muhammadiyah Ambar Ketawang 3 Gamping Sleman.

Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, serta angket yang disebarkan pada 20 orang guru-karyawan. Keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu data reduction, data display, dan data conclusion drawing/verification. Selain itu analisis data angket dalam penelitian ini dilakukan juga dengan analisis statistik deskriptif.

Hasil penelitian ini adalah: 1) keterampilan konseptual kepala sekolah termasuk kategori sedang (85%) dan 15 % menilai tinggi keterampilan konseptual kepala sekolah. Tidak ada responden yang menilai rendah keterampilan konseptual kepala sekolah; 2) keterampilan kemanusiaan kepala sekolah dinilai oleh responden termasuk kategori sedang (80%) dan 20 % menilai tinggi keterampilan kemanusiaan kepala sekolah. Tidak ada responden yang menilai rendah keterampilan kemanusiaan kepala sekolah; 3) keterampilan teknik kepala sekolah dinilai oleh responden termasuk kategori sedang (75%) dan 15% menilai tinggi keterampilan teknik kepala sekolah, serta 10% yang menilai rendah keterampilan teknik kepala sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-10-26 — Updated on 2020-07-06

Versions

How to Cite

Widodo, H. (2020). KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 85–93. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i1.105 (Original work published October 26, 2017)